Rezim Jokowi Dinilai Beri Perhatian Serius Pengembangan Potensi Generasi Muda

Oleh Liputan6.com pada 09 Agu 2022, 09:00 WIB
Diperbarui 09 Agu 2022, 20:31 WIB
Putri Tanjung hingga Angkie Yudistia Diangkat Jadi Staf Khusus Jokowi
Perbesar
Presiden Joko Widodo (ketiga kiri) usai mengenalkan staf khusus di halaman Istana Merdeka, Jakarta, Kamis (21/11/2019). Staf khusus baru dari kalangan milenial yakni CEO Amartha Andi Taufan Garuda Putra, Perumus Gerakan Sabang Merauke Ayu Kartika Dewi. (Liputan6.com/Angga Yuniar)

Liputan6.com, Jakarta - Pengembangan potensi generasi muda dinilai menjadi salah satu fokus utama pemerintahan Presiden Joko Widodo atau Jokowi. Generasi muda ini diproyeksi sebagai pelaku sejarah yang membawa Indonesia menuju era keemasan pada 2045 mendatang.

Kepala Dinas Pertanian Provinsi Maluku, Ilham Tauda menyebut, komitmen Jokowi dalam mendorong perkembangan potensi generasi muda begitu tinggi. Termasuk juga para pemuda yang ada di daerah.

Menurut dia, langkah Jokowi yang selalu melibatkan kelompok milenial menjadi keputusan yang tepat. Sebab hal ini bisa menimbulkan dampak positif, termasuk membangkitkan perekonomian masyarakat.

Terlebih, lanjut dia, pemerintah daerah yang menjadi perpanjangan tangan dari pemerintah pusat memiliki koneksi langsung dengan para pemuda di lapangan. Dengan begitu setiap instruksi maupun informasi dapat tersalurkan dengan lancar.

"Tepat sekali, jadi kita pemerintah daerah menjadi bagian dari pemerintah pusat juga merespon dan mendukung sepenuhnya untuk mengembangkan generasi muda yang sangat potensial," ujar Ilham dalam keterangan tertulis, Selasa (9/8/2022).

Ilham menambahkan, setiap kebijakan mengenai pengembangan kompetensi generasi milenial selaras dengan visi pemerintah daerah. Karenanya, dia memastikan dukungan penuh akan selalu diberikan terhadap setiap program Jokowi yang diperuntukkan bagi generasi milenial.

"Tentunya difasilitasi dan disiapkan pemerintah daerah dan perangkat daerah," tambah Ilham.

Ilham menegaskan bahwa langkah yang telah diambil Jokowi patut mendapat apresiasi dari masyarakat. Sebab nantinya akan ikut berimbas pada kemajuan bangsa di masa depan.

"Ini terobosan yang sangat luar biasa dan patut diapresiasi. Karena disadari bahwa kaum milenial ini memiliki potensi yang sangat besar dan ini harus difasilitasi, disiapkan untuk kemajuan Indonesia," pungkas Ilham.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.


Jokowi Minta Anak Muda Melek Teknologi

[Fimela] Presiden Jokowi
Perbesar
Dalam pidato pembukaan Google for Indonesia, Presiden Jokowi mengutarakan pesan dan dukungannya untuk UMKM dan anak-anak muda yang berkiprah di bidang teknologi. | Google Indonesia

Sebelumnya diberitakan, Presiden Joko Widodo atau Jokowi menaruh perhatian tersendiri bagi perkembangan teknologi di Indonesia. Ia juga melirik pentingnya peran kaum muda dalam menyikapi perkembangan teknologi yang terjadi saat ini.

Hal ini merespons tingginya populasi anak muda kategori milenial dan generasi Z di Indonesia. Ia menyebut, hingga saat ini, telah lebih dari 50 persen penduduk Indonesia adalah milenial dan generasi Z.

"Anak muda juga tidak boleh tertinggal dalam pemanfaatan teknologi digital saat ini hampir seluruh kegiatan kita sangat bergantung pada perangkat digital, aktivitas, belajar, investasi, belanja, transportasi, liburan, kesehatan dan masih banyak aktivitas lain,” paparnya dalam pembukaan Pekan Milenial Naik Kelas, Selasa (5/4/2022).

“Kita untuk melek digital dan tidak gaptek agar tidak ketinggalan di berbagai peluang dan kesempatan,” imbuhnya.

Di samping itu, Jokowi meminta para kelompok muda ini untuk bisa mengembangkan kemampuannya. Guna merespons tantangan global yang terjadi saat ini. Harapannya mampu berkontribusi positif terhadap tanah air.

“Saya pesan untuk milenial Indonesia, terus mengembangkan keahlian keahlian masa depan, future skill, emerging skill, memiliki kebudayaan yang tinggi dan siap berkompetisi dengan talenta kalian, tak lupa memberi kebanggaan pada keluarga masyarakat bangsa dan negara,” katanya.

Selain itu, ia juga meminta dari kalangan muda milenial ini mampu untuk membuka usaha baru. Pemerintah juga diakuinya telah menunjukkan keberpihakannya melalui program Kartu Prakerja.

“Mahir berwirausaha juga semakin penting menyenangkan dan menantang. Kita membutuhkan lebih banyak wirausaha agar semakin maju,” katanya.

Infografis Ragam Tanggapan Kunjungan Jokowi ke Ukraina dan Rusia. (Liputan6.com/Trieyasni)
Perbesar
Infografis Ragam Tanggapan Kunjungan Jokowi ke Ukraina dan Rusia. (Liputan6.com/Trieyasni)
Lanjutkan Membaca ↓

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya