Sukses

Temui Para Kiai, Cak Imin Klaim Bukan Kampanye tapi Minta Doa

Cak Imin menyebut manfaat dan peran politik ahlussunnah waljamaah sudah nyata sejak era pra kemerdekaan.

Liputan6.com, Jakarta - Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Abdul Muhaimin Iskandar alias Cak Imin menghadiri haul akbar para sesepuh Pondok Pesantren (Ponpes) Al Falah, Ploso, Kediri, Jawa Timur.

Haul tersebut dihadiri ribuan jamaah dan para kiai serta ulama khos. Pada sambutannya, Cak Imin mengaku kehadirannya bukan untuk kampanye Pilpres 2024, melainkan memohon doa agar langkahnya maju sebagai calon presiden (capres) lancar.

“Saya bukan kampanye, tetapi saya meminta doa. Pertama agar perjuangan politik ahlussunnah waljamaah ini mulus lancar sukses. Tak perlu saya jelaskan politik ahlussunnah waljamaah itu seperti apa karena sudah terbukti nyata dan konkret. Politik yang bisa menyelamatkan yang menjaga pilar keumatan Indonesia,” ujar Cak Imin dalam keterangannya, Minggu (7/8/2022).

Menurut Cak Imin, Presiden Joko Widodo (Jokowi) juga mengakui kalau tidak ada peran para santri, pesantren NU dan PKB sebagai pilar kesatuan dan persatuan maka langkahnya memimpin bangsa ini akan sangat berat. Oleh karena itu, Cak Imin meminta doa restu kepada kiai yang ia sebut para penentu Pilpres.

“Dalam kesempatan ini, saya minta doa, minta diistighosahkan, nyuwun (minta) ditirakati, semoga politik ahlussunnah waljamaah tidak hanya jadi pendorong, tidak hanya jadi penopang, tapi penentu khususnya di Pilpres 2024. Politik ahlussunnahwal jamaah di bawah komando saya, insyallah bisa menjadi penentu,” tuturnya.

Cak Imin menyebut manfaat dan peran politik ahlussunnah waljamaah sudah nyata sejak era pra kemerdekaan. Bahkan, lahirnya ide demokratisasi dan reformasi muncul dari politik ahlussunnah waljamaah yang dipelopori oleh KH Abdurrahman Wahid (Gus Dur). Saat itu sebelum era Reformasi, gagasan Gus Dur sempat ditentang para ulama NU.

”Pertama kali yang menyuarakan demokratisasi dan reformasi adalah Gus Dur yang didukung seluruh bangsa. Insyallah kekuatan politik ahlussunnah waljamaah nggak bisa dibendung. Begitu kata Gus Dur,” ujarnya.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Peran PKB untuk Warga NU

Berkat politik ahlussunnah waljamaah melalui PKB, menurut Cak Imin saat ini kader-kader NU di berbagai level sukses menempati jabatan-jabatan politik mulai DPRD kabupaten/kota hingga wakil presiden.

”Terjadi kenaikan mobilitas kenaikan kelas warga ahlussunnahwal jamaah sejak 10 hingga 20 tahun dan ikut menentukan pemerintahan dari pusat hingga daerah. Pesantren yang santrinya banyak, perhatiannya pun akan semakin banyak,” katanya.

”Mohon doa seluruh masyayih yang hadir. Mari kita rapatkan barisan dan kuatkan tekad bulat kita agar kiata semua bisa menjadi kekuatan penopang dalam menghadapi berbagai tantangan yang ada,” pungkas Cak Imin.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.