Jokowi: ASEAN Para Games Bukti Difabel Bukan Keterbatasan

Oleh Muhammad Radityo Priyasmoro pada 07 Agu 2022, 09:58 WIB
Diperbarui 07 Agu 2022, 09:58 WIB
Upacara penutupan ASEAN Para Games 2022
Perbesar
Presiden Joko Widodo atau Jokowi memberikan sambutan pada penutupan ASEAN Para Games 2022 di Stadion Manahan, Solo, Jawa Tengah, Sabtu (6/8/2022). Tuan rumah Indonesia menjadi juara umum pada ASEAN Para Games 2022 tersebut. (FOTO: Dok. ASEAN Para Sports Federation)

Liputan6.com, Jakarta - Presiden Joko Widodo atau Jokowi resmi menutup gelaran ASEAN Para Games XI. Diketahui, pesta olahraga difabel yang berlangsung sejak 30 Juli 2022 itu ditutup secara resmi di Stadion Manahan, Kota Surakarta, pada Sabtu malam, 6 Agustus 2022. 

Menurut Jokowi, Indonesia yang berhasil menjadi juara umum pada kesempatan ini menjadi bukti bahwa keterbatasan bukan penghalang prestasi.

“Melalui pesta olahraga tersebut, para atlet difabel meninggalkan pesan bahwa keterbatasan dan kesulitan bukanlah halangan untuk berprestasi,” tulis Jokowi lewat Twitter pribadinya, seperti dikutip, Minggu (7/8/2022).

Dia menilai solidaritas antar bangsa-bangsa Asia Tenggara yang ditunjukkan para atlet, akan menjadi kekuatan besar bagi ASEAN dan para penyandang disabilitas. Jokowi mengajak semua pihak untuk mensukseskan penyelenggaraan ASEAN Para Games ke-12 di Kamboja tahun 2023. 

"Kita mendukung terus setiap inisiatif dari penyandang disabilitas kita sukseskan ASEAN para Games ke-12 tahun depan di Kamboja," ujarnya. 

Jokowi pun berterima kasih kepada seluruh delegasi dari semua negara. Terutama, para atlet yang telah menunjukkan sportivitas dan persaudaraannya selama perhelatan ini berlangsung. 

“Sampai jumpa dan kita sukseskan ASEAN Para Games XII tahun depan di Kamboja,” tutup Jokowi.

Diketahui, ASEAN Para Games 2022 mempertandingkan 14 cabang olaharaga. Indonesia berhasil menjadi juara umum dengan mendapatkan 425 medali baik emas, perak, maupun perunggu. 

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.


Jokowi Sampaikan Terima Kasih ke Ganjar dan Gibran

Upacara penutupan ASEAN Para Games 2022
Perbesar
Pertunjukan kembang api saat Upacara Penuntupan ASEAN Para Games 2022 di Stadion Manahan, Solo, Jawa Tengah, Sabtu (6/8/2022). Tuan rumah Indonesia menjadi juara umum pada ASEAN Para Games 2022 tersebut. (FOTO: Dok. ASEAN Para Sports Federation)

Jokowi menyampaikan terima kasih kepada Wakil Ketua Komite Paralympic Nasional Kamboja yang hadir di acara penutupan serta berkenan menjadi tuan rumah ASEAN Para Games tahun 2023. Jokowi juga berterima kasih kepada seluruh delegasi dan semua negara, terutama para atlet.

"Terrima kasih kepada seluruh delegasi dari semua negara terutama para atlet yang telah menunjukkan sportivitas persaudaraannya," ujarnya.

Selain itu, Jokowi berterima kasih kepada semua pihak yang terlibat dalam penyelenggaraan ASEAN Para Games. Termasuk, Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo hingga Wali kota Solo sekaligus Ketua Inasgoc Gibran Rakabuming Raka yang menjadi tuan rumah ASEAN Para Games 2022.

"Saya juga berterima kasih kepada Gubernur Jawa Tengah, Walikota Surakarta, masyarakat kota Solo dan Solo Raya yang telah menjadi tuan rumah yang sangat ramah," tutur dia.

"Sampai jumpa di ASEAN para Games ke-12 tahun 2023 di Kamboja," sambung Jokowi.

Lanjutkan Membaca ↓

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya