Sukses

Pimpinan MPR: Perlu Tingkatkan Perlindungan Anak dari Paparan COVID-19

Wakil Ketua MPR RI Lestari Moerdijat menilai peningkatan jumlah kasus COVID-19 saat ini harus dijawab dengan kewaspadaan tinggi melalui sejumlah langkah antisipasi dengan meningkatkan perlindungan terhadap kelompok rentan, termasuk anak-anak, dari paparan COVID-19.

Liputan6.com, Jakarta - Wakil Ketua MPR RI Lestari Moerdijat menilai peningkatan jumlah kasus COVID-19 saat ini harus dijawab dengan kewaspadaan tinggi melalui sejumlah langkah antisipasi dengan meningkatkan perlindungan terhadap kelompok rentan, termasuk anak-anak, dari paparan COVID-19.

"Sejumlah upaya pencegahan penyebaran COVID-19 harus benar-benar kembali kita tingkatkan dengan berbagai cara," kata Lestari seperti dilansir Antara.

Hal itu dikatakannya terkait data Satgas COVID-19 yang mengungkapkan kasus positif COVID-19 pada pekan ini lebih dari 38 ribu, catatan itu meningkat 15 kali jika dibandingkan dengan catatan awal Juni 2022 yang hanya sekitar 2.000 kasus.

Lestari menilai, peningkatan ancaman COVID-19 harus menjadi perhatian serius para pemangku kepentingan karena kelompok masyarakat rentan seperti lansia dan anak-anak belum sepenuhnya mendapatkan vaksin booster.

"Apalagi saat ini juga mulai merebak penyakit cacar monyet di dunia, yang menyebar ke sejumlah negara," ujarnya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Antisipasi

Dia berharap, para pemangku kepentingan di pusat dan daerah segera memetakan langkah antisipasi dengan segera dan mengevaluasi sejumlah kebijakan yang berpotensi meningkatkan kembali penularan COVID-19 di tanah air.

Menurut dia, perlu ada percepatan perluasan vaksin booster bagi kelompok rentan seperti anak-anak, lewat menyegerakan kebijakan vaksin booster untuk anak.

"Kesiapan penyelenggaraan pembelajaran tatap muka (PTM) juga harus benar-benar dipastikan dengan pemenuhan protokol kesehatan sesuai yang dipersyaratkan di setiap daerah," katanya.

3 dari 3 halaman

Patuhi Kebijakan

Lestari menilai, peningkatan jumlah kasus COVID-19 yang terjadi saat ini harus dihadapi dengan semangat persatuan seluruh anak bangsa dalam mematuhi setiap kebijakan pencegahan penyebaran COVID-19.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.