Demokrat Tak Daftar Bareng PKS dan Nasdem, AHY: Kami Ingin Hadirkan 34 Ketua DPD

Oleh Winda Nelfira pada 05 Agu 2022, 17:31 WIB
Diperbarui 05 Agu 2022, 17:31 WIB
Partai Demokrat Daftar Pemilu 2024 ke KPU
Perbesar
Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Hasyim Asy'ari (tengah kanan) menerima berkas pendaftaran yang diajukan Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono atau AHY (tengah kiri) saat pendaftaran Partai Politik Calon Peserta Pemilu Tahun 2024 hari kelima di Kantor KPU, Jakarta, Jumat (5/8/2022). Demokrat menjadi partai politik ke-12 yang mendaftarkan diri untuk calon peserta Pemilu tahun 2024. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Liputan6.com, Jakarta - Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) menanggapi soal Partai Demokrat yang tak daftar jadi peserta Pemilihan Umum (Pemilu) ke Komisi Pemilihan Umum (KPU) bersamaan dengan Partai Nasdem dan PKS pada Senin, 1 Agustus 2022 lalu.

Hal tersebut kata AHY, karena dia ingin mengumpulkan 34 Ketua Dewan Perwakilan Daerah (DPD) di Kantor DPP Partai Demokrat, Jakarta Pusat untuk ikut dalam proses pendaftaran ke KPU.

"Ya sejak awal kami memang sudah merencanakan tanggal 5 Agustus ini karena memang kami ingin menghadirkan para ketua DPD," kata AHY di Gedung KPU, Menteng, Jakarta Pusat.

Selain Ketua 34 Ketua DPD, AHY juga memboyong para kepala daerah, mulai dari wakil gubernur hingga bupati. Sehingga, kata AHY, hari ini adalah momentum yang pas untuk mendaftarkan Demokrat jadi peserta Pemilu 2024 ke KPU.

"Ini banyak juga yang kepala daerah disini, ada wagub, ada bupati, ada wakil wali kota dan juga anggota DPD dan DPRI seluruh indonesia. Sehingga waktu yang tepat hari Jumat ini, tidak terlalu banyak menyita waktu kerja," jelas AHY.

Sebelumnya, Partai Keadilan Sejahtera (PKS) dan Nasdem sudah lebih dahulu mendaftar sebagai peserta Pemilu 2024 ke KPU pada Senin, 1 Agustus 2022.

Meski daftar jadi peserta Pemilu secara berbarengan dengan Partai Nasdem, PKS menolak disebut janjian. Pasalnya, PKS dan Nasdem diketahui beberapa kali melakukan pertemuan untuk melakukan kerja sama.

"Enggak ada janjian karena hari ini bukan cuma Nasdem, PKS tapi juga ada PDIP. Memang kami berantusias untuk masuk pendaftaran di hari pertama ini," kata Syaikhu.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.


Pimpin Langsung AHY

Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY)
Perbesar
Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) memimpin secara langsung pendaftaran Partai Demokrat ke Komisi Pemilihan Umum (KPU) Republik Indonesia pada Jumat, 5 Agustus 2022 di Gedung KPU RI, Menteng Jakarta Pusat. (Dok. Liputan6.com/Winda Nelfira)

Diketahui, Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) mendatangi Kantor Pemilihan Umum (KPU) untuk melakukan pendaftaran sebagai peserta pemilu 2024

Berdasarkan pantauan Liputan6.com, AHY beserta rombongan tiba di KPU pukul 13.40 WIB. AHY beserta rombongan menyerahkan dokumen pendaftaran kepada KPU pada pukul 14.10 WIB. Serta dilakukan penyerahan cindera mata dari Demokrat kepada KPU begitupun sebaliknya.

"Izinkan kami menyerahkan surat pendaftaran Partai Demokrat sebagai peserta Pemilu 2024 beserta dokumen lainnya," kata AHY di Gedung KPU RI, Menteng, Jakarta Pusat, Jumat (5/8/2022).

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Infografis KPU Buka Pendaftaran Parpol Peserta Pemilu 2024. (Liputan6.com/Abdillah)
Perbesar
Infografis KPU Buka Pendaftaran Parpol Peserta Pemilu 2024. (Liputan6.com/Abdillah)
Lanjutkan Membaca ↓

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya