Konsentrasi Jemaah Haji Kini Berada di Madinah

Oleh Mevi Linawati pada 05 Agu 2022, 08:46 WIB
Diperbarui 05 Agu 2022, 19:48 WIB
Seluruh jemaah haji telah meninggalkan Makkah menuju Madinah pada Kamis sore (4/8/2022). Dengan demikian, seluruh rangkaian kegiatan pelaksanaan ibadah haji di Kota Makkah ini sudah selesai dan terfokus di Madinah.
Perbesar
Seluruh jemaah haji telah meninggalkan Makkah menuju Madinah pada Kamis sore (4/8/2022). Dengan demikian, seluruh rangkaian kegiatan pelaksanaan ibadah haji di Kota Makkah ini sudah selesai dan terfokus di Madinah.

Liputan6.com, Jakarta - Seluruh jemaah haji telah meninggalkan Makkah menuju Madinah pada Kamis sore (4/8/2022). Dengan demikian, seluruh rangkaian kegiatan pelaksanaan ibadah haji di Kota Makkah ini sudah selesai dan terfokus di Madinah.

Direktur Pelayanan Haji Dalam Negeri Kementerian Agama Saiful Mujab mengatakan, selanjutnya PPIH di Arab Saudi akan mengevaluasi pelaksanaan di Makkah untuk mengecek bahwa tidak ada satupun jamaah yang tertinggal.

"Tinggal nanti proses penumpang kedua yang ada di Madinah yang sudah terus berjalan ya terus sampai hari ini. Jadi semua konsentrasi ada di Madinah untuk menuntaskan kloter-kloter yang ada di Madinah sampai tanggal 13 seluruh jamaah yang ada di sana," kata Saiful Mujab usai melepas keberangkatan jemaah haji kloter terakhir dari Makkah, Kamis

Dia pun mengapresiasi petugas haji di Makkah sehingga pelayanan terhadap jemaah haji berjalan lancar, sesuai SOP, dan tidak ada kendala yang signifikan.

"Kendala-kendala kecil bisa diatasi dengan cepat dan saya memberikan apresiasi seluruh petugas PPIH Mekkah khususnya yang baik dari tingkat Daker maupun sektor dan seluruhnya bahkan sampai sektor khusus untuk bisa melaksanakan dengan baik," kata Saiful.

Dia berharap semoga yang telah dikerjakan petugas haji dengan penuh keikhlasan mendapat pahala setimpal.

Sementara itu, Kepala Daker Makkah Mukhammad Khanif bersyukur bisa melaksanakan tugas yang diamanahkan oleh pemerintah untuk memberikan layanan kepada para jamaah haji.

Dia menerangkan, sampai saat ini sudah seluruhnya jemaah baik gelombang pertama maupun gelombang kedua sudah memberangkatkan ke Jeddah dan ke Madinah.

"Dan ini merupakan akhir dari tugas kita namun kita juga akan mengevaluasi hal-hal yang terkait dengan pelayanan kita selama ini. Apabila masih ada hal-hal yang perlu kita tingkatkan, kita tingkatkan kembali," kata Khanif.

Khanif mengatakan, dengan selesainya operasional di Makkah para petugas akan diberangkatkan ke Indonesia pada 6 Agustus dengan pesawat Garuda Indonesia dan Saudia Airlines.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.


Kloter Terakhir Jemaah Haji Embarkasi Solo 43 Diberangkatkan ke Madinah

Pelepasan jemaah haji terakhir dari makkah ke madinah. Liputan6.com / Mevi Linawati
Perbesar
Pelepasan jemaah haji terakhir dari makkah ke madinah. Liputan6.com / Mevi Linawati

Jemaah haji dari Embarkasi Solo 43 atau SOC-43 adalah kloter terakhir yang diberangkatkan dari Makkah menuju Madinah, Kamis (4/8/2022). Dengan pemberangkatan kloter terakhir sebanyak 360 jemaah haji tersebut, maka berakhir operasional jemaah haji di Makkah.

Ketua Sektor 4 Daker Makkah Ahmad Ridani mengatakan, tidak ada kendala dalam pemberangkatan jemaah haji sektor terakhir ke Madinah ini. Semua koper pun masuk dalam bus 8 bus yang ditumpangi jemaah haji.

Dia mengatakan, berdasarkan pengakuan jemaah, mereka merasa bahagia akan beribadah di Madinah tapi juga sedih karena harus berpisah dengan Makkah.

Selama di Makkah usai puncak ibadah haji di Arafah, Musdalifah, dan Mina atau Armuzna, jemaah melakukan umrah dan salat di Masjidil Haram. Ada pula yang city tour ke tempat bersejarah seperti Gua Hiro di Jabal Nur dan ke Jabal Tsur.

Upacara pelepasan jemaah haji kloter terakhir ini digelar di Hotel Kiswah, tempat jemaah menginap. Upacara dipimpin oleh Direktur Pelayanan Haji Dalam Negeri Kementerian Agama Saiful Mujab.

Saiful Mujab bersyukur proses operasional jemaah haji di Makkah dengan pemberangkatan jemaah dari Solo kloter 43 ini.

"Kita bersyukur diberi kesehatan kelancaran dalam melayani tamu Allah. Semoga apa yang sudah dikerjakan diterima Allah," kata dia.

Dia berharap jemaah di Madinah bisa melaksanakan ibadah dengan lancar dan diberi kesehatan sehingga pulang selamat menjadi haji mabrur.

"Saya pesan mari sama-sama menjaga kemabruran. Kemabruran haji sebagai gambaran baik masyarakat Indonesia. Sekali lagi selama menuju kota Madinah semoga Allah meridhoi. Terima kasih juga ke petugas yang mengawal, semoga menjadi kebaikan," tandas Saiful.

Acara pelepasan ditutup dengan doa bersama dan potong kue untuk jemaah.

Sementara itu, dua kloter lainnya yang turut diberangkatkan dari Makkah ke Madinah adalah jemaah dari embarkasi Balikpapan 8 atau BPN 8 dan embarkasi Solo 42 atau SOC 42.

Pemberangkatan jemaah haji gelombang kedua dari Makkah menuju Madinah berlangsung sejak 21 Juli 2022. Total ada 47.460 jemaah haji Indonesia yang telah diberangkatkan dari Makkah menuju Madinah hingga 4 Agustus 2022. Mereka tergabung dalam 126 kloter.

Infografis Biaya Penyelenggaraan Ibadah Haji 2022 per Jemaah
Perbesar
Infografis Biaya Penyelenggaraan Ibadah Haji 2022 per Jemaah (Liputan6.com/Trie Yas)
Lanjutkan Membaca ↓

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya