Jakpro Jawab Tudingan Inspektorat DKI Soal Tak Ada Mitigasi Risiko dalam Pembangunan JIS

Oleh Winda Nelfira pada 03 Agu 2022, 04:17 WIB
Diperbarui 03 Agu 2022, 04:17 WIB
Pagar Tribun Penonton JIS Roboh
Perbesar
Sejumlah suporter berada di sekitar pagar besi tribun Jakarta International Stadium (JIS) yang rusak di Jakarta, Minggu (24/7/2022). Pagar di sisi utara stadion tingkat dunia tersebut roboh akibat diduduki oleh para penonton. (Liputan6.com/Herman Zakharia)

Liputan6.com, Jakarta - Direktur Proyek Jakarta International Stadium (JIS) Iwan Takwin angkat bicara soal temuan Inspektorat DKI Jakarta yang menyebut tidak ada mitigasi risiko dalam pembangunan JIS. Iwan menyatakan dalam pembangunan stadion berstandar internasional tersebut telah melalui sejumlah kajian.

"Sebenarnya kita dalam berencana itu kan ada kajiannya. Mulai dari konsep desain udah kita kaji, safety, kekuatannya, semua sudah ada kajiannya," kata Iwan di Gedung DPRD DKI Jakarta, Selasa (2/8/2022).

Iwan menjelaskan berbagi kajian itu di antaranya juga membahas konsep desain hingga konsep development. Termasuk kajian mengenai karakteristik suporter yang menurut dia juga sudah diantisipasi.

"Iya itu seperti apa dia polanya sudah diantisipasi. Makanya sudut yang bentuk sudut tribun, kemudian blok-bloknya pihak perencana juga sampai ke sana," jelas Iwan.

Kendati demikian, Iwan mengakui bahwa pihaknya kurang mengantisipasi faktor risiko lain sehingga kejadian pagar tribun roboh menjadi pembelajaran yang berharga bagi PT Jakarta Propertindo (Jakpro). Pihaknya memutuskan untuk melakukan penguatan pada pagar pembatas tribun JIS.

"Ya jadi itu salah satunya ya. Tetapi itu yang kami maksud pembelajaran bahwa kita harus mengantisipasi itu. Besok-besok bisa jadi lebih dari itu, pertandingan yang big match atau apa bisa jadi lebih dari itu," kata dia.

Sebelumnya, Inspektorat Provinsi DKI Jakarta menyampaikan bahwa pembangunan Jakarta International Stadium (JIS) tidak ada mitigasi risiko. Pernyataan ini disampaikan dalam rapat dengar pendapat antara PT Jakarta Propertindo (Jakpro), Dinas Cipta Karya Tata Ruang dan Pertanahan (Citata), dengan Komisi B DPRD DKI Jakarta.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.


Insiden Pagar Pembatas Roboh

Perwakilan inspektorat DKI Astri Gupita menyampaikan penilaian tersebut usai pihaknya menerima pemaparan dari pihak Jakpro. Hal ini menyusul insiden robohnya pagar pembatas tribun penonton JIS saat grand launching stadion baru itu pada Minggu, 24 Juni 2022.

"Kemungkinan belum diperkirakan atas mitigasi risiko, ini menjadi masukan juga terkait pembangunan JIS ini, dari tahap perencanaan perlu ada mitigasi risiko yang komprehensif sehingga tidak ada lagi kejadian terulang," kata Astri,

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Lanjutkan Membaca ↓

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya