Sukses

Bamsoet: Golkar Capresnya Airlangga Hartarto, Sudah Final

Wakil Ketua Umum Partai Golkar Bambang Soesatyo memastikan pihaknya sudah final akan mengusung ketua umum Airlangga Hartarto, sebagai capres di Pilpres 2024.

Liputan6.com, Jakarta Wakil Ketua Umum Partai Golkar Bambang Soesatyo memastikan pihaknya sudah final akan mengusung ketua umum Airlangga Hartarto, sebagai capres di Pilpres 2024.

"Airlangga Hartarto, kita sudah putuskan Partai Golkar capresnya adalah Airlangga Hartarto," kata pria yang akrab disapa Bamsoet kepada wartawan, Selasa (2/8/2022).

Wakil Ketua MPR itu menegaskan, keputusan itu sudah final tak bisa diganggu gugat dan sudah sesuai hasil Rapimnas Partai Golkar.

"Sesuai keputusan rapimnas, itu sudah final,"jelas Bamsoet.

Terkait capres di Koalisi Indonesia Bersatu (KIB), Bamsoet mengatakan Airlangga nantinya yang akan mengkomunikasikan hal tersebut ke PAN dan PPP.

"Nah, itu tugas Ketua Umum yang komunikasikan dengan KIB," kaa Bamsoet.

Selain itu, Bamsoet menyebut tidak ada masalah apabila kembali hanya ada dua poros saja. Namun, untuk mencegah polarisasi kembali terjadi, ia meminta semua pihak dewasa dalam berdemokrasi.

"Makanya sama-sama jangan pecah dong, kita utamakan kedewasaan dalam berpolitik dan berdemokrasi, kalau kita semua sadar bagaimana kita dewasa dalam berpolitik dan berdemokrasi, mau dua poros dan tiga poros, tidak ada persoalan," ujarnya.

Menurut Bamsoet, pertarungan pasangan calon presiden hanya saat pencoblosan, setelah itu semua kembali menjadi saudara.

"Pertandingan itu kan di ring. Kalau udah selesai kan ya selesai semua kembali kepada jati diri bangsa yang bersatu dan berdaulat dan bekerja sama untuk membangun bangsa," ujarnya.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Wacanakan Airlangga-Khofifah

Ketua Dewan Perwakilan Daerah (DPD) Partai Golkar Jawa Timur Muhammad Sarmuji menyatakan bahwa Koalisi Indonesia Bersatu (KIB) akan memperkuat posisinya di daerah. Salah satunya penguatan di wilayah Jatim.

"Kami memang akan memperkuat posisi KIB salah satunya di Jatim. Dan hampir di semua kabupaten/kota KIB sudah bertemu. Untuk acara besarnya menunggu jadwal yang tepat," kata Sarmuji di Jakarta Senin, (1/8/2022).

Terkait capres, anggota DPR tersebut menegaskan tetap mengusung sang ketua umum, Airlangga Hartarto. Sementara, nama calon wakil presiden juga sudah mengerucut.

"Untuk capres memang kami akan mengusung Pak Airlangga. Untuk cawapresnya, dari DPD Golkar Jatim kami mengusulkan nama Ibu Khofifah," katanya.

 

 

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

3 dari 3 halaman

Basis yang Jelas

Sarmuji lantas menjelaskan kenapa Golkar Jawa Timur mengusulkan nama Gubernur Jatim tersebut. "Beliau punya basis massa yang jelas. Dan pengalaman beliau di pemerintahan juga luas baik sebagai anggota DPR, menteri maupun gubernur," ujarnya.

Sebelumnya dalam Rapat Kerja Wilayah (Rakerwil) II Partai Amanat Nasional (PAN) Jawa Timur di Surabaya Sabtu, 30 Juli 2022, menghasilkan 3 nama calon presiden untuk diusulkan kepada DPP PAN.

Ketiga nama tersebut adalah Zulkifli Hasan (Ketua Umum PAN yang juga Menteri Perdagangan) Erick Thohir (Menteri BUMN), Khofifah Indar Parawansa (Gubernur Jawa Timur).

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.