Golkar Jatim Rekomendasi Capres-Cawapres KIB Airlangga-Khofifah

Oleh Liputan6.com pada 01 Agu 2022, 20:10 WIB
Diperbarui 01 Agu 2022, 22:08 WIB
Koalisi Indonesia Bersatu (KIB) menggelar pertemuan di Rumah Kaca Melati, Hutan Kota, Plataran, Senayan, Jakarta Pusat
Perbesar
Koalisi Indonesia Bersatu (KIB) menggelar pertemuan di Rumah Kaca Melati, Hutan Kota, Plataran, Senayan, Jakarta Pusat, Sabtu (4/6/2022). (Merdeka/Bachtiarudin Alam)

Liputan6.com, Jakarta - Ketua Dewan Perwakilan Daerah (DPD) Partai Golkar Jawa Timur Muhammad Sarmuji menyatakan bahwa Koalisi Indonesia Bersatu (KIB) akan memperkuat posisinya di daerah. Salah satunya penguatan di wilayah Jatim. 

"Kami memang akan memperkuat posisi KIB salah satunya di Jatim. Dan hampir di semua kabupaten/kota KIB sudah bertemu. Untuk acara besarnya menunggu jadwal yang tepat," kata Sarmuji di Jakarta Senin, (1/8/2022).

Terkait capres, anggota DPR tersebut menegaskan tetap mengusung sang ketua umum, Airlangga Hartarto. Sementara, nama calon wakil presiden juga sudah mengerucut.

"Untuk capres memang kami akan mengusung Pak Airlangga. Untuk cawapresnya, dari DPD Golkar Jatim kami mengusulkan nama Ibu Khofifah," katanya.

Sarmuji lantas menjelaskan kenapa Golkar Jawa Timur mengusulkan nama Gubernur Jatim tersebut. "Beliau punya basis massa yang jelas. Dan pengalaman beliau di pemerintahan juga luas baik sebagai anggota DPR, menteri maupun gubernur," ujarnya.

Sebelumnya dalam Rapat Kerja  Wilayah (Rakerwil) II Partai Amanat Nasional (PAN) Jawa Timur di Surabaya Sabtu, 30 Juli 2022, menghasilkan 3 nama calon presiden untuk diusulkan kepada DPP PAN. 

Ketiga nama tersebut adalah Zulkifli Hasan (Ketua Umum PAN yang juga Menteri Perdagangan) Erick Thohir (Menteri BUMN), Khofifah Indar Parawansa (Gubernur Jawa Timur).

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.


Airlangga dan Suharso Masuk Usulan

"Usulan nama capres tersebut merupakan akumulasi aspirasi kader PAN dari 38 kabupaten/kota yang sebelumnya telah menggelar rakerda," kata Ketua DPW PAN Jawa Timur Ahmad Rizki Sadig usai rakerwil. 

Selain tiga tokoh di atas, nama-nama lain yang juga muncul dari akar rumput PAN Jatim adalah Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan, Ketua Umum Golkar Airlangga Hartarto, hingga Ketua Umum PPP Suharso Manoarfa.  

Menurut dia, munculnya nama Airlangga Hartarto dan Suharso Manoarfa yang merupakan ketua umum parpol Koalisi Indonesia Bersatu (KIB) bisa jadi adalah dampak dari komunikasi intensif yang dilakukan partai KIB di Jawa Timur.

Infografis Manuver Koalisi Indonesia Bersatu, Konsolidasi Jelang Pemilu 2024. (Liputan6.com/Trieyasni)
Perbesar
Infografis Manuver Koalisi Indonesia Bersatu, Konsolidasi Jelang Pemilu 2024. (Liputan6.com/Trieyasni)
Lanjutkan Membaca ↓

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya