Sukses

PDIP Daftarkan 477.777 Anggota Partai ke KPU Sebagai Syarat Peserta Pemilu 2024

Ketua DPP PDIP Bidang Pemenangan Pemilu Bambang Wuryanto mengungkapkan makna filosofis di balik angka jumlah anggota partai yang didaftarkan ke KPU. Menurut dia, angka itu adalah salah satu keunikan PDIP dari proses pendaftaran sebagai calon peserta Pemilu 2024.

Liputan6.com, Jakarta - Sebanyak 477.777 nama anggota Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) didaftarkan sebagai syarat peserta pemilu 2024 ke Komisi Pemilihan Umum (KPU).

Diketahui, partai politik harus memiliki minimal 1.000 anggota di seluruh provinsi sebagai syarat untuk lolos verifikasi administrasi peserta Pemilu 2024.

Menanggapi jumlah anggota yang didaftarkan ke KPU, Ketua DPP PDIP Bidang Pemenangan Pemilu Bambang Wuryanto mengatakan, ada makna filosofis di balik angka tersebut. Menurut dia, angka itu adalah salah satu keunikan PDIP dari proses pendaftaran sebagai calon peserta Pemilu 2024.

“Kami siapkan anggota yang daftarkan adalah 477.777. Angka Empat itu adalah gambaran kursi yang kita rebut kuasa elektoral, 77 itu adalah ultah republik kita. Tujuh terakhir adalah filosofi jawa,” ujar pria karib disapa Pacul di Kantor KPU RI Jakarta, Senin (1/8/2022).

“Tujuh itu Pitutur yang baik untuk membuat pemilu lebih baik dan kita berharap juga tentu memenangkan hattrick sebagaimana yang diperintahkan dari ketua umum,” sambung Pacul.

Pacul menambahkan, PDIP memiliki peluang hattrick alias menjadi pemenang pemilu ketiga kali berturut-turut sejak 2014. Pacul mengatakan bahwa kerja keras menjadi komitmen pihaknya sesuai perintah Ketua Umum Megawati Soekarnoputri.

“Dan ini harus dipahami, di dalam pemilu tidak ada ruang hampa. Semua akan bergerak untuk merebut dalam satu tujuan yang angka empat tadi,” tegas Pacul.

Pacul memastikan, usai dokumen diserahkan, KPU akan melakukan verifikasi terhadap berkas pendaftaran PDIP. Dan kemudian kalau sudah lolos, KPU akan membuat pernyataan bahwa PDIP menjadi peserta pemilu 2024.

“Jadi berkas yang diserahkan PDIP hari ini sudah 100 persen lengkap, sesuai yang disyaratkan oleh KPU,” Pacul menutup.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Jadi Partai Pertama Daftar ke KPU

Sebelumnya, Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) bertolak menuju Kantor Komisi Pemilihan Umum atau KPU.

Diketahui, kedatangan mereka guna mengikuti pendaftaran partai politik peserta Pemilu 2024 yang dibuka mulai hari ini hingga 14 hari ke depan.

Jajaran DPP PDIP dipimpin oleh Sekretaris Jenderal Hasto Kristiyanto mengikuti long march kebudayaan itu dari Kantor Pusat partai di Jalan Diponegoro, Jakarta Pusat.

Sejak pukul 06.30 WIB, para peserta sudah bersiap-siap. Isinya terdiri dari 11 orang pembawa Pataka Burung Garuda-Bendera Merah Putih, didampingi 10 orang satgas pembawa Bendera Partai.

Hasto memimpin 26 orang jajaran petinggi DPP PDIP. Mereka berada di baris berikutnya. Di barisan berikutnya adalah 20 orang dari jajaran RedMe dan Artis Nusantara. Lalu diikuti dengan 50 orang pemain angklung.

"Hari ini akan daftar (peserta Pemilu) yang pertama,” kata Hasto di Kantor DPP PDIP, Jakarta, Senin (1/8/2022).

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.