Sukses

Istana Gelar Upacara 17 Agustus Secara Terbuka, Undang Menteri hingga Mantan Presiden-Wapres

Sebanyak 2.000 masyarakat juga akan diundang menghadiri langsung upacara pengibaran bendera pada 17 Agustus pagi hari. Sedangkan, ada 3.000 masyarakat yang diundang pada upacara penurunan bendera.

Liputan6.com, Jakarta Kepala Sekretariat Presiden Heru Budi Hartono mengatakan Upacara HUT ke-77 Kemerdekaan RI pada 17 Agustus 2022 akan dilakukan secara terbuka. Heru mengatakan Istana akan mengundang para menteri kabinet dan kepala lembaga negara.

"Seperti tahun-tahun lalu, kita sudah mempersiapkan segala sesuatunya dan tahun ini kami di lingkungan Istana menyelenggarakan 17 Agustus sudah mulai terbuka dan kami akan mengundang para menteri, para ketua lembaga, dan juga beberapa petinggi perwira tinggi TNI-Poltri," kata Heru dalam konferensi pers di Youtube Sekretariat Presiden, Senin (1/8/2022).

Menurut dia, sebanyak 2.000 masyarakat juga akan diundang menghadiri langsung upacara pengibaran bendera pada 17 Agustus pagi hari. Sedangkan, ada 3.000 masyarakat yang diundang pada upacara penurunan bendera.

"Kita tambahkan pada tahun ini juga kita mengundang masyarakat terbatas masih terbatas kurang lebih 1.000 sampai 2.000, kurang lebih 2.000 di pada pagi hari, dan di 2.000 sampai 3.000 di sore hari," ujarnya.

Selain itu, pihak Istana juga mengundang mantan presiden dan wakil presiden (wapres) RI sebelumnya. Namun, belum dapat dipastikan apakah para mantan presiden dan wapres akan datang dalam Upacara HUT ke-77 RI.

"Jadi, pada prinsipnya kami mengundang presiden dan wakil presiden periode sebelumnya, tentunya untuk kehadiran sangat bergantung pada keputusan Bapak-bapak dan ibu semua," jelas Deputi Bidang Protokol, Pers, dan Media Sekretariat Presiden Bey Machmudin.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Sediakan Live Streaming

Adapun pihak Istana akan menyedikan live streaming Upacara HUT ke-77 RI. Sehingga masyarakat Indonesia dapat menonton rangkaian Upacara Detik-Detik Proklamasi secara virtual.

Seperti diketahui, peringaran HUT Kemerdekaan RI digelar secara terbatas dalam dua tahun terakhir karena situasi pandemi Covid-19. Upacara Peringatan Detik-Detik Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia hanya dihadiri oleh undangan terbatas yang terlibat dalam rangkaian upacara peringatan.

Bahkan, Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) Upacara HUT Kemerdekaan RI hanya beranggotakan 8 orang pada tahun 2020. Namun, Paskibraka sudah dilakukan dengan formasi lengkap pada tahun berikutnya.

Tak hanya itu, pihak Istana juta tidak mengundang pihak lain dalam dua tahun terakhir. Hanya pasukan dan para menteri yang bertugas yakni, Ketua DPR RI, Ketua MPR RI, Menteri Agama, Panglima TNI, dan Kapolri.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.