Sukses

Deretan Pesan Ma'ruf Amin di Tahun Baru Islam, Momen Berhijrah hingga Tingkatkan Iman

Wapres Ma'ruf Amin mengajak masyarakat untuk memaknai Tahun Baru Islam kali ini sebagai momentum untuk berhijrah.

Liputan6.com, Jakarta - Tahun Baru Islam 1 Muharam 1444 Hijriah jatuh pada hari ini, Sabtu (30/7/2022). Hal ini sesuai dengan Surat Keputusan Bersama (SKB) 3 Menteri.

Memperingati momen tersebut, tak sedikit jumlah tokoh negeri yang menyampaikan sederet pesan kepada masyarakat. Salah satunya datang dari Wakil Presiden Ma'ruf Amin. 

"Saya mengucapkan Selamat Tahun Baru Islam, 1 Muharram 1444 H kepada seluruh umat Islam di tanah air," kata dia, Sabtu. 

Bertempat di kediamannya, Wapres Ma'ruf turut mengajak masyarakat untuk memaknai Tahun Baru Islam kali ini sebagai momentum untuk berhijrah.

Perkuat jalinan persaudaraan antar muslimin melalui ukhuwah Islamiah, ukhuwah wathaniah, dan ukhuwah insaniyah juga dia tekankan. 

"Kita harus mampu untuk lebih memperkuat keutuhan dan kesatuan bangsa sebagai modal utama kelanjutan pembangunan nasional melalui penguatan ukhuwah Islamiah, ukhuwah wathaniah, dan ukhuwah insaniyah," tegas Ma'ruf Amin.

Tak ketinggalan, Wapres Ma'ruf meminta umat muslim meningkatkan keimanan serta memohon keselamatan agar Indonesia mampu mengatasi pandemi.

Berikut deretan pesan Ma'ruf Amin diperingatan Tahun Baru Islam 1 Muharam 1444 Hijriah: 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

1. Umat Muslim dapat Berhijrah

Menyambut Tahun Baru Islam, Wakil Presiden (Wapres) Ma’ruf Amin mengharapkan umat Muslim di Indonesia dapat berhijrah ke arah yang lebih baik lagi, baik sebagai pribadi, kelompok, maupun bangsa.

"Karena hijrah tidak hanya diartikan sebagai pindah dari satu tempat ke tempat yang lain, melainkan hijrah adalah melakukan perubahan secara menyeluruh dari keadaan yang kurang baik menjadi baik dan bahkan menjadi lebih baik lagi," kata dia dalam keterangannya, Sabtu (30/7/2022).

Lebih jauh Ma’ruf menegaskan, agar di Tahun Baru Islam ini keutuhan bangsa Indonesa semakin diperkuat, baik melalui persaudaraan sesama muslim, sebangsa setanah air, maupun antarmanusia.

"Kita harus mampu untuk lebih memperkuat keutuhan dan kesatuan bangsa sebagai modal utama kelanjutan pembangunan nasional melalui penguatan ukhuwah Islamiah, ukhuwah wathaniah, dan ukhuwah insaniyah," tutur dia.

 

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

3 dari 4 halaman

2. Imbau Umat Muslim Memohon Keslamatan Bangsa

Ma’ruf juga mengimbau, agar seluruh Muslim di Tanah Air terus memanjatkan doa kepada Allah Subhanahu Wa Ta’ala (SWT), seraya memohon keselamatan bangsa mengatasi pandemi.

"Agar kita bangsa Indonesia dapat mengatasi berbagai tantangan, baik menyangkut pandemi Covid-19 beserta seluruh dampaknya, krisis energi dan pangan, serta tantangan lainnya, sehingga kita bisa menjadi bangsa yang lebih kuat dan maju," jelas dia.

4 dari 4 halaman

3. Tingkatkan Keimanan

Terakhir, seraya memberikan ucapan Tahun Baru Islam, Ma'ruf berharap seluruh umat muslim di Indonesia terus meningkatkan keimanan dan ketakwaan, serta mendekatkan diri kepada Allah SWT. Sehingga, dapat berperan aktif bagi kemajuan bangsa.

"Mudah-mudahan kita bisa menghayati makna Tahun Baru Islam ini dengan senantiasa meningkatkan keimanan dan ketakwaan kepada Allah SWT dan memperbanyak kontribusi positif umat Islam bagi kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara," tutupnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.