Sukses

Ijab Kabul Gunakan Bahasa Arab, Menantu Anies Baswedan Deg-degan

Putri Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan, Mutiara Annisa Baswedan resmi dipersunting Ali Saleh Alhuraiby. Proses ijab kabul Gubernur DKI Anies Baswedan menggunakan bahasa Arab.

Liputan6.com, Jakarta Putri Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan, yakni Mutiara Annisa Baswedan, resmi dipersunting Ali Saleh Alhuraiby pada Jumat, 29 Juli 2022 pagi. Saat proses ijab kabul Gubernur DKI Anies Baswedan menggunakan bahasa Arab.

Ali Saleh Alhuraiby pun menceritakan pengalaman ijab kabulnya. Saat menggunakan bahasa Arab, Ali mengaku pada saat itu dia merasa "deg-degan".

"Pas ijab kabul, jujur, deg-degan, semua laki-laki pasti deg-degan. Tapi Alhamdulillah dilewati dengan baik, semua berkah," kata Ali di Candi Bentar Hall, Putri Duyung, Ancol, Jakarta Utara, Jumat, 29 Juli 2022 malam.

Anies turut menjelaskan pengalaman ijab kabul, di mana Anies diketahui menikahkan anak sulung perempuan satu-satunya. Syukurnya Ijab dan kabul itu dapat berjalan dengan lancar.

"Ini putri satu-satunya, pertama, dan bagi saya pengalaman pertama menikahkan. Biasanya saksi. Kalau saksi, udah enggak terhitung. Ini pertama kali, dan tadi alhamdulillah Ali jawabnya lancar, cepat. Insyaallah gambaran dia siap jadi suami," kata Anies Baswedan.

Ali pun menceritakan pertemuan pertamanya dengan Mutiara di kampus Universitas Indonesia (UI). Mutiara dari Fakultas Hukum dan Ali dari Fakultas Kedokteran. Pertemuan sejoli tersebut terjadi di Kantin Rumpun Ilmu Kesehatan (RIK).

"Ketemu di kantin RIK lagi ngantri di belakang saya di depan dia (Mutiara-red) waktu itu pas ngadep belakang eh, kok cantik ya Masyaallah," kata Ali di Candi Bentar Hall, Putri Duyung, Ancol, Jakarta Utara, Jumat 29 Juli 2022 malam.

Menariknya Ali saat itu belum mengetahui jika Mutiara merupakan putri dari Anies. Ali pun mengaku kaget saat mengetahui fakta bahwa Anies Baswedan yang notabenenya seorang Gubernur DKI Jakarta adalah ayah Mutiara.

"Belum, pas tahu waduh telanjur ini, ha-ha-ha. Ya sudah dilanjut ajalah. Kebetulan sama Mbak Tia-nya enak, ngobrolnya cocok komunikasi dan pemikiran sama," jelas Ali.

Pada saat masih kuliah pun Ali menyatakan tidak ada kesamaan antara dirinya dan Mutiara. Ali menyebut keduanya tak pernah berada dalam satu organisasi. Bahkan, dia dan Mutiara beda fakultas.

"Beda fakultas, kehidupannya juga beda," ujar dia.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Anies Baswedan soal Putri Sulung Menikah: Bersyukur Berjalan Baik

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menikahkan putrinya, Mutiara Annisa dengan Ali Saleh Alhuraiby yang mengusung adat Jawa di Candi Bentar Putri Duyung Resort, Ancol, Jakarta Utara pada Jumat (29/7/2022) pukul 08.30 WIB.

Acara resepsi dilanjutkan pada malam harinya dengan suasana adat Jawa yang kental dengan alunan musik Jawa yang mengiringi kedua mempelai. Acara resepsi dimulai pada pukul 18.30 WIB.

"Tadi pagi kegiatan ijab kabul dilaksanakan Alhamdulilah berjalan lancar. Dan malam hari ini kita resepsi. Bersyukur bahwa kegiatan berjalan baik," kata Anies.

Dia pun mengucapakan terima kasih kepada semua tamu undangan yang hadir dan mendoakan putrinya. Dia juga meminta doa pada semua tamu undangan agar Mutiara dan Ali dapat menjalankan kehidupan rumah tangga yang baik.

"Terima kasih untuk semuanya, atas restunya dan semuanya. Mohon didoakan agar mereka nantinya bisa menjadi keluarga yang sakinah, mawadah, dan warahmah," kata Anies.

Mantan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan ini juga berharap agar pernikahan Mutiara dan Ali menjadi awal yang baik. Mengingat saat ini Anies mempunyai anggota keluarga baru yaitu Ali.

"Dan kita berharap, pernikahan ini menjadi awal yang baik, karena sekarang saya tambah anak satu. Kemaren empat, sekarang lima," kata dia.

Anies menyampaikan bahwa putrinya Mutiara Annisa Baswedan sebelumnya menyelesaikan kuliah di fakultas hukum Universitas Indonesia (UI). Adapun Ali juga berkuliah di universitas yang sama dengan putrinya, Tia.

"Itu aja barangkali dari kami, sekaligus mengenalkan ini pasangan baru," ujar dia.

3 dari 3 halaman

Presiden Jokowi dan Ma’ruf Amin Hadiri Resepsi Pernikahan Putri Anies Baswedan

Presiden Joko Widodo atau Jokowi menghadiri resepsi pernikahan putri Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan di Candi Bentar, Putri Duyung, Ancol, Jakarta Utara, hari ini Jumat 29 Juli 2022. Jokowi tiba sekira pukul 19.52 WIB. 

Jokowi datang mengenakan setelan jas berwarna gelap. Dia datang bersama istrinya Iriana Jokowi. Iriana tampak mengenakan baju berwarna krem dengan kerudung senada dan rok batik warna cokelat.

Kedatangan Jokowi disambut Kapolda Metro Jaya Irjen Fadil Imran serta Panglima Kodam (Pangdam) Jaya Mayjen TNI Untung Budiharto.

Sementara itu, Wakil Presiden Ma’ruf Amin beserta istrinya Wury Estu Handayani tiba belakangan pada pukul 20.11 WIB.

Ma'ruf Amin terpantau memakai setelan jas warna hitam dengan bawahan kain sarung warna senada. Sedangkan istrinya Wury memakai baju berwarna kuning dan kerudung warna senada serta rok warna biru.

Diketahui putri sulung Anies, Mutiara Annisa Baswedan dan Ali Saleh Alhuraebi menggelar acara resepsi dengan pakaian adat Jawa (Yogyakarta) pada Jumat malam pukul 19.00 WIB 29 Juli 2022.

Acara resepsi pernikahan Mutiara dan Ali juga dihadiri sejumkah tokoh lainnya seperti Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono, Ketua Umum Partai Nasional Demokrat (NasDem) Surya Paloh.

Hadir Pula Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan, Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria, Menteri Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah Teten Masduki, Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi Firli Bahuri dan Kepala Staf Kepresidenan, Jenderal TNI (Purn) Moeldoko dan Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.