Ricuh Dishub Vs Jukir Liar di Dukuh Atas, Ini Penjelasan Wagub DKI

Oleh Liputan6.com pada 28 Jul 2022, 14:27 WIB
Diperbarui 28 Jul 2022, 14:27 WIB
Razia Parkir Liar di Citayam Fashion Week
Perbesar
Petugas gabungan yang terdiri dari Satpol PP dan Dinas Perhubungan (Dishub) DKI Jakarta menata motor yang terjaring razia parkir liar di lokasi Citayam Fashion Week, kawasan Stasiun Dukuh Atas, Sudirman, Selasa (26/7/2022). Dishub DKI Jakarta mengamankan sebanyak 16 sepeda motor yang terpakir secara liar. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Liputan6.com, Jakarta - Video viral sejumlah orang yang mengaku sebagai juru parkir protes kepada petugas Dinas Perhubungan (Dishub), karena buntut penertiban parkir liar yang dilakukan petugas di area sekitar Citayam Fashion Week, di Dukuh Atas, Sudirman, Jakarta Pusat.

Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria menjelaskan, penertiban yang dilakukan pihak Dishub agar masyarakat yang datang ke kawasan Dukuh Atas tidak parkir sembarangan.

"Jadi kami minta perhatian, karena di Citayam (CFW) itu terjadi peningkatan jumlah pengunjung sehingga ada parkir-parkir liar di trotoar, bahu jalan, juga di jalur sepeda. Nah kemarin terjadi kericuhan tersebut antara juru parkir dengan Satpol PP. Kami minta karena tidak boleh parkir sembarangan, mohon dipahami," kata Riza, saat diwawancarai, di Kantor Balai Kota DKI Jakarta, Kamis (28/7/2022).

Lebih lanjut, Riza mengatakan, setiap petugas yang diterjunkan di kawasan Dukuh Atas memiliki tugas dan tanggung jawabnya masing-masing untuk menjaga keamanan dan kenyamanan di kawasan tersebut.

Termasuk apa yang dilakukan oleh Dishub pada saat menertibkan parkir liar di kawasan Dukuh Atas. Sehingga, ia meminta agar masyarakat memahami hal tersebut.

"Mohon dimengerti, marilah kita parkir di tempat yang telah disediakan. Jangan lagi parkir di trotoar yang dapat mengganggu pejalan kaki," imbuhnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.


Protes Juru Parkir Terhadap Dishub

Razia Parkir Liar di Citayam Fashion Week
Perbesar
Petugas gabungan yang terdiri dari Satpol PP dan Dinas Perhubungan (Dishub) DKI Jakarta mengangkut motor yang terjaring razia ke atas truk di lokasi Citayam Fashion Week, kawasan Stasiun Dukuh Atas, Sudirman, Selasa (26/7/2022). Dishub DKI Jakarta mengamankan sebanyak 16 sepeda motor yang terpakir secara liar. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Diberitakan sebelumnya, akun instagram @merekamjakarta mengunggah video yang memperlihatkan pria mengaku sebagai juru parkir sedang protes kepada anggota Dinas Perhubungan DKI Jakarta dan para pengunjung kawasan Dukuh Atas pada Selasa 26 Juli 2022 sore.

Para juru parkir liar itu menganggap lokasi parkir yang ditertibkan bukan jalan protokol namun berada di dalam gang. Tetapi, kendaraan itu tetap diangkut ke truk milik petugas.

"Kalau mau ditertibkan, tetapi tertibkan orangnya juga jangan hanya parkirannya," ujar salah satu juru parkir liar.

Reporter: Alma Fikhasari

Sumber: Merdeka.com

infografis journal
Perbesar
Infografis Journal Fakta Fenomena Remaja Citayam Fashion Week di Sudirman. (Liputan6.com/Trie Yasni)
Lanjutkan Membaca ↓

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya