Sukses

Resah Karena Lelaki Bergaya Perempuan di Citayam Fashion Week

Pemprov DKI bakal menertibkan Citayam Fashion Week yang diisi oleh sejumlah pria bergaya sepert wanita.Tindakan itu mendapat kritik dari Komnas HAM.

Liputan6.com, Jakarta

Citayam Fashion Week di kawasan Dukuh Atas Jakarta, mulai meresahkan banyak pihak. Kawasan yang semula hanya diramaikan kumpulan bocah dari kawasan suburban, kini berubah menjadi episentrum megah yang dipadati kelompok manusia dari pelbagai kelas. 

Imbasnya, kawasan yang notabene jalan umum tersebut kini berubah jadi panggung aksi yang berdampak pada kemacetan kendaraan bermotor, hingga sulitnya pejalan kaki untuk lewat.

Selain itu, lenggok para peraga busa yang tentu menjadi sorotan kini semakin menuai kontroversi saat hadir sekelompok pria berpakaian wanita yang dinilai melanggar norma ketimuran yang masih dianggap menyimpang kodrat, khususnya di Indonesia.

Menanggapi hal itu, Kepala Suku Dinas Sosial Jakarta Pusat, Abdul Salam menegaskan, pihaknya siap melakukan penertiban. Menurut dia, para pria-pria tersebut merupakan warga kelompok penyandang masalah kesejahteraan sosial (PMKS).

"Mereka akan dimasukin ke panti kedoya nanti mereka di-assessment nanti akan dirujuk ke panti-panti yang memang sesuai dengan jenis PMKS-nya," kata Abdul pada Senin 25 Juli 2022.

Abdul merinci, penindakan dan penertiban para pria berpakaian wanita di kawasan Dukuh Atas akan dilakukan oleh petugas dinsos yang disiagakan di lokasi. "Kami juga sudah menurunkan petugas standby baik di terowongan Kendal maupun di SCBD (Sudirman Citayam Bojonggede Depok)," tegas Abdul.

Menanggapi pernyataan Abdul, Komisi Nasional Hak Asasi Manusia (Komnas HAM) menilai jika langkah Dinsos DKI terlalu berlebih dan tidak tepat apabila terkait dandan mereka berujung penindakan.

"Itu menurut kami tidak tepat," kata Komisioner Komnas HAM Choirul Anam kepada wartawan, dikutip Selasa 26 Juli 2022.

Menurut Anam, apabila langkah penindakan dilakukan dengan serampangan kedepannya dapat menimbulkan fenomena diskriminatif. Padahal acara tersebut turut mendapatkan apresiasi kepada Gubernur Anies Baswedan. "Acara itu bahkan diapresiasi oleh gubernurnya. Karenanya, harus bijak melihat fenomena ini, jangan prasangka. Melakukan tindakan-tindakan yang potensial terjadi diskriminasi," ucap Anam.

Anam menyarankan, kepada Dinsos harus lebih dahulu mengkaji dan melihat jangan sampai secara sepihak melabeli para pria yang berdandan kemayu tersebut memiliki masalah sosial.

"Makanya ketika ekspresi itu sama gubernurnya diapresiasi, jangan setelah itu diperiksa, dikasih status orang yang memiliki masalah sosial," sambung Anam.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Perilaku LGBT Jadi Sorotan

Wakil Gubernur DKI Riza Patria mewanti, banyaknya pria berpakaian wanita di Citayam Fashion Week (CFW) bisa menjadi cikal bagi gerakan pro Lesbian Gay Biseksual Transgender (LGBT). Dia berharap, ruang ekspresi CFW tidak dinodai hal-hal yang menyimpang norma.

"Para artis, selebgram bantu anak-anak kita jangan semua harus pemerintah, swasta juga bantu dibimbing, disalurkan juga. Yang harus hati-hati itu soal LGBT," wanti Riza di Gedung DPRD DKI, Selasa 26 Juli 2022.

Riza mengamini, jika para kelompok muda dan remaja butuh ruang untuk eksistensi. Karenanya dia mendorong semua pihak untuk kooperatif dengan menunjukkan cara terdidik.

"Bagaimanapun anak-anak kita butuh berekspresi butuh eksistensi diri kita jaga kita didik," Riza menutup.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.