Kembangkan Deradikalisasi, BNPT Jadikan Eks Napi Teroris Petani Kopi di Temanggung

Oleh Devira Prastiwi pada 27 Jul 2022, 18:45 WIB
Diperbarui 27 Jul 2022, 18:45 WIB
Terus Kembangkan Program Eks Napi Teroris, BNPT Jadikan Mereka Petani Kopi di Temanggung.
Perbesar
Terus Kembangkan Program Eks Napi Teroris, BNPT Jadikan Mereka Petani Kopi di Temanggung. (Liputan6.com/Istimewa)

Liputan6.com, Jakarta - Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT) masih terus mengembangkan program deradikalisasi berbasis kesejahteraan bagi para eks narapidana terorisme atau eks napi teroris (mitra deradikalisasi) usai meresmikan Kawasan Terpadu Nusantara (KTN) di Jawa Timur, Nusa Tenggara Barat, dan Jawa Barat.

Kali ini, BNPT bersama dengan Pemerintah Kabupaaten (Pemkab) Temanggung, Perhutani Divisi Regional Jawa Tengah, Kementerian Pertanian Republik Indonesia (Kementan RI), dan PT Adhi Karya (Persero) Tbk., serta Koperasi Rejo Mulyo meresmikan KTN di Sidempul dan Wadah Akur Rukun Usaha Nurani Gelorakan NKRI (Warung NKRI) di Embung Bansari, Desa Bansari, Kabupaten Temanggung, Jawa Tengah pada Rabu (27/7/2022).

KTN seluas 10 hektare di kaki Gunung Sindoro tersebut akan dimanfaatkan untuk program reintegrasi sosial bagi Mitra Deradikalisasi BNPT.

Mereka bersama masyarakat sekitar melakukan budidaya tanaman kopi. Sehingga diharapkan dapat meningkatkan kesejahteraan warga sekitar pada umumnya dan memberikan kemandirian ekonomi bagi mitra deradikalisasi pada khususnya.

"Mitra deradikalisasi akan menjadi petani kopi yang hebat tangguh sebagaimana yang kita lihat di lingkungan desa Bansari, kopi itu komoditas yang terkenal, kami yakin di bawah bimbingan Kementan akan menghasilkan keterampilan sebagai petani kopi," ujar Kepala BNPT Komjen Pol Boy Rafli Amar, melalui keterangan tertulis, Rabu (27/7/2022).

Jenderal bintang tiga ini juga menyampaikan, sebagai pusat reintegrasi sosial, mitra deradikalisasi nantinya akan dititipkan kepada koperasi untuk bersama sama masyarakat meningkatkan produksi serta mempromosikan kopi Temanggung yang sudah terkenal.

"Kami titipkan kepada koperasi seluruh teman-teman mitra deradikalisasi, pasti ini akan terus berkembang menjadi unit usaha yang menguntungkan, apalagi ini kopi temanggung yang memang sudah hebat dan top di Indonesia," ucap Boy Rafli.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.


Bantuan dari Berbagai Pihak

Terus Kembangkan Program Eks Napi Teroris, BNPT Jadikamn Mereka Petani Kopi di Temanggung.
Perbesar
Terus Kembangkan Program Eks Napi Teroris, BNPT Jadikan Mereka Petani Kopi di Temanggung. (Liputan6.com/Istimewa)

Sebagai bentuk dukungan pada program KTN Temanggung, Kementan RI memberikan bantuan 1.000 bibit kopi, 2 unit sprayer, 2 unit cultivator, 1 unit traktor, dan 1 ton pupuk organik.

Selain bantuan fisik, Kementan RI juga akan memberikan pelatihan kepada mitra BNPT sehingga program pencegahan ini dapat dilakukan dari hulu hingga hilirnya.

"Kami memberikan support penuh kepada BNPT, agar terus kita memotivasi memberikan edukasi yang tepat, semua kegiatan pangan kita berbasis hilirisasi, hulunya pencegahan (terorisme), hilirnya pembinaan hingga produk jadi," papar Wakil Menteri Pertanian RI Harvick Hasnul Qolbi.

Sementara itu, Sekretaris Daerah Temanggung Hary Agung Prabowo, yang hadir mewakili Pemkab Temanggung menyampaikan pihaknya dan masyarakat akan senantiasa mendukung kemitraan dengan BNPT, berharap KTN akan segera memberikan hasil yang bermanfaat bagi masyarakat.

"Semoga manfaatnya dapat segera dirasakan oleh masyarakat," tutur Hary.

KTN Temanggung banyak mendapatkan dukungan dari berbagai pihak termasuk Pemkab Temanggung yang memberikan pupuk sebanyak 7,5 kuintal, kemudian PT Adhi Karya juga turut memberikan bantuan pembangunan warung NKRI dan Ikatan Alumni Resimen Mahasiswa (IARMI) Jawa Tengah juga berpartisipasi dalam KTN Temanggung dengan memberikan 1.000 bibit tanaman hortikultura.

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS


Kepala BNPT Sebut Pancasila Ideologi Terbaik di Dunia yang Persatukan Kita

Kepala Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT) Komjen Pol Boy Rafli Amar
Perbesar
Kepala Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT) Komjen Pol Boy Rafli Amar saat memberikan kuliah umum di hadapan 6.576 Praja dan seluruh civitas IPDN. (Foto: Istimewa).

Sebelumnya, Kepala Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT) Komjen Boy Rafli menyatakan kalau ideologi Pancasila adalah ideologi terbaik di dunia yang tepat untuk mempersatukan Indonesia.

"Ideologi pancasila, adalah ideologi terbaik di dunia. Ideologi yang mempersatukan kita semuanya," kata Boy saat acara HUT ke-12 BNPT, di Area PIK 2, Jakarta Utara, Minggu 24 Juli 2022.

Menurutnya, saat ini banyak bermunculan pihak yang mencoba mengangkat isu intoleransi demi memecah belah bangsa yang bertentangan dengan ideologi Pancasila.

"Hari ini banyak sekali orang-orang yang mengangkat isu intoleransi yang tentunya bertentangan dengan Ideologi Pancasila," sebutnya.

Padahal, kata Boy, hadirnya Ideologi Pancasila semata-mata diusung guna mengangkat semangat persatuan kesatuan Indonesia. Dalam menyikapi perbedaan dari Sabang sampai Merauke dari Miangas sampai Pulau Rote.

"Yang tentunya hanya dengan semangat persatuan dan kesatuan lah Indonesia tetap utuh, dan orang-orang yang mengangkat isu intoleransi radikalisme akan terpinggirkan dengan sendirinya," sebutnya.

Adapun dari kegiatan HUT ke-12 BNPT yang jatuh pada 16 Juli lalu, turut menggelar acara Gowes Kebangsaan dengan semangat mengajak masyarakat memerangi ideologi terorisme melalui kegiatan olahraga bersepeda.

"Makna dari gowes kebangsaan hari ini adalah bagaimana kita terus mengangkat narasi, gelorakan semangat nasionalisme, bela negara bela bangsa bela Rakyat Indonesia dari berbagai pengaruh-pengaruh negatif terutama adalah yang bertentangan ideologi negara kita Pancasila," ucapnya.

"Semoga kegiatan hari ini adalah bagian ikhtiar kebangsaan kita dalam rangka merajut persatuan dan kesatuan republik Indonesia yang kita cintai," tambah dia.


Kompetisi Desain Maskot BNPT

BNPT
Perbesar
Kepala Badan Nasional BNPT Komjen Pol Boy Rafli Amar (Ist)

Sebelumnya, dalam acara penyambutan HUT ke-12 BNPT, Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT) kepada masyarakat luas untuk berpartisipasi dalam 'Kompetisi Desain Maskot BNPT'.

Para pegiat media sosial (medsos) menyambut antusias ajakan terbuka tersebut, Mereka umumnya mengatakan, cara BNPT untuk melibatkan seluas-luas peran serta publik dalam acara yang digelar untuk menyambut HUT ke-12 BNPT, 16 Juli 2022 lalu, merupakan cara cerdas dan kreatif. Salah satu pegiat medsos, Nirmala Firdaus, mengaku sangat antusias dengan kegiatan tersebut.

Dia mengatakan, BNPT dengan cara sederhana, namun tepat telah melakukan ajakan kepada masyarakat seluas-luasnya untuk berpartisipasi pada acara ulang tahun lembaga tersebut.

"Apalagi, caranya pun tidak rumit, sangat sederhana. Tetapi dengan cara sederhana pula masyarakat bisa mengenal BNPT melalui situs, media sosial yang dimiliki BNPT, bahkan BNPT TV," ujar Ketua Garuda Siber NKRI, Nirmala, dalam keterangannya.

Infografis Anggota MUI Jadi Terduga Teroris Bekasi
Perbesar
Infografis Anggota MUI Jadi Terduga Teroris Bekasi (Liputan6.com/Triyasni)
Lanjutkan Membaca ↓

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya