Sukses

Lawatan ke Asia Timur, Jokowi Akan Bertemu Pemimpin China, Jepang, dan Korsel

Presiden Jokowi bertolak ke Beijing, RRT untuk memulai rangkaian kunjungan kerja ke tiga negara di kawasan Asia Timur, Senin (25/7/2022).

Liputan6.com, Jakarta - Presiden Joko Widodo atau Jokowi bertolak ke Beijing, Republik Rakyat Tiongkok (RRT) untuk memulai rangkaian kunjungan kerja ke tiga negara di kawasan Asia Timur, Senin (25/7/2022). Selain China, Jokowi akan berkunjung ke Jepang dan Korea Selatan (Korsel).

Dia menyampaikan, ketiga negara tersebut merupakan mitra strategis Indonesia di bidang ekonomi, mitra penting ASEAN, dan mitra penting dalam konteks G20. Jokowi juga akan menemui pemimpin RRT, Jepang, dan Korsel.

"Saya akan menemui pemimpin RRT, Jepang, dan Korea Selatan membahas sejumlah isu," ujar Jokowi dikutip dari akun instagramnya @jokowi, Senin (25/7/2022).

Adapun isu yang nantinya bakal dibahas Jokowi dengan tiga pemimpin negara China, Jepang, Korsel yakni, soal kawasan dunia. Kemudian, kerja sama di bidang-bidang perdagangan, investasi, kesehatan, infrastruktur, dan perikanan.

"Mohon doa dari seluruh rakyat untuk kelancaran perjalanan dan suksesnya misi kunjungan ini," tutup Jokowi.

Sebelumnya, Menlu RI Retno Marsudi menyampaikan Jokowi akan mengunjungi RRT, Jepang, dan Korea Selatan pada 26 sampai 28 Juli 2022. Jokowi diagendanakan bertemu dengan Premier Le Kiqiang dan Presiden Xi Jinping di China pada 26 Juli 2022.

"Presiden RI merupakan salah satu pemimpin pertama yang diterima oleh Presiden Xi Jinping selama pandemi ini, di luar tentunya acara Olimpiade Musim Dingin di Beijing awal tahun ini," ucap Retno dikutip dari laman Sekretariat Kabinet, Jumat 22 Juli 2022.

Usai dari Beijing, Jokowi akan melanjutkan kunjungan ke Tokyo Jepang untuk bertemu dengan Perdana Menteri (PM) Fumio Kishida dan kalangan bisnis pada 27 Juli 2022. Retno mengatakan Jepang merupakan mitra ekonomi penting dan tradisional Indonesia.

Terakhir, Jokowi akan berkunjung ke Korea Selatan untuk melakukan pertemuan dengan Presiden Korea Selatan Yoon Suk-yeol dan kalangan bisnis pada 28 Juli 2022. Korea Selatan sendiri merupakan mitra penting Indonesia di bidang ekonomi.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Berangkat Senin Siang

Jokowi dan Iriana beserta rombongan lepas landas dari Bandara Internasional Soekarno-Hatta, Tangerang, Provinsi Banten pada Senin siang sekitar pukul 14.00 WIB, dengan menggunakan Pesawat Garuda Indonesia (GIA-1).

Jokowi akan menempuh penerbangan menuju Beijing Capital International Airport, RRT selama kurang lebih tujuh jam. Dia diperkirakan tiba pada malam hari nanti.

Dalam kunjungan ini, Jokowi didampingi Menteri Sekretaris Negara Pratikno, Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir, Menteri Investasi/Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) Bahlil Lahadalia, Kepala Sekretariat Presiden Heru Budi Hartono, Sekretaris Militer Presiden Marsda TNI M. Tonny Harjono, dan Kepala Protokol negara Andy Rachmianto.

Sementara itu, Menteri Koordinator Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan dan Menteri Luar Negeri Retno Marsudi telah berada di Beijing untuk mempersiapkan kunjungan Presiden.

Menlu Retno menyampaikan Jokowi diagendanakan bertemu dengan Premier Le Kiqiang dan Presiden Xi Jinping di China. Adapun Jokowi menjadi salah satu pemimpin negara pertama yang diterima Xi Jinping selama pandemi Covid-19.

"Presiden RI merupakan salah satu pemimpin pertama yang diterima oleh Presiden Xi Jinping selama pandemi ini, di luar tentunya acara Olimpiade Musim Dingin di Beijing awal tahun ini," ucap Retno.

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

3 dari 3 halaman

Kegiatan Jokowi di China, Jepang dan Korsel

Retno menuturkan bahwa China merupakan mitra dagang Indonesia terbesar dengan total nilai perdagangan sebesar 110 miliar dolar AS di tahun 2021. China juga investor ketiga terbesar dengan total nilai investasi sekitar 3,2 miliar dolar AS di tahun 2021.

Usai dari Beijing, Jokowi akan melanjutkan kunjungan ke Tokyo, Jepang untuk bertemu dengan Perdana Menteri (PM) Fumio Kishida dan kalangan bisnis pada 27 Juli 2022. Retno Marsudi mengatakan Jepang merupakan mitra ekonomi penting dan tradisional Indonesia.

"Nilai perdagangan bilateral Indonesia-Jepang mencapai lebih dari 32 miliar dolar AS dan nilai investasi Jepang di Indonesia mencapai 2,26 miliar dolar AS tahun 2021," tuturnya.

Terakhir, Jokowi akan berkunjung ke Korea Selatan atau Korsel untuk melakukan pertemuan dengan Presiden Korea Selatan Yoon Suk-yeol dan kalangan bisnis pada 28 Juli 2022. Korea Selatan sendiri merupakan mitra penting Indonesia di bidang ekonomi.

Nilai perdagangan kedua negara tahun lalu mencapai 18,41 miliar Dolar AS. Sementara investasi Korea Selatan di Indonesia terus bertumbuh dengan pesat, dan pada tahun 2021 mencapai 1,64 miliar Dolar AS.

"Selain membahas penguatan kerja sama bilateral, Presiden dan para pemimpin ketiga negara tersebut tentunya di dalam pertemuan bilateral masing-masing akan membahas perkembangan terakhir beberapa isu kawasan dan isu internasional," pungkas Retno.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Presiden Jokowi hibur anak-anak dengan atraksi sulap di peringatan Hari Anak Nasional, di Pekanbaru, Riau.
    Joko Widodo merupakan Presiden ke-7 Indonesia yang memenangi Pemilihan Presiden bersama wakilnya Jusuf Kalla pada 2014

    Jokowi

  • Jepang adalah negara yang disebut sebagai negara kepulauan karena memiliki lebih dari 6000 pulau disekitarnya.
    Jepang adalah negara yang disebut sebagai negara kepulauan karena memiliki lebih dari 6000 pulau disekitarnya.

    Jepang

  • Asia Timur adalah salah sebuah sub-wilayah Asia. Luasnya sekitar 11.840.000 km², atau 15 persen dari benua tersebut.

    Asia Timur

  • Negara dengan penduduk terbanyak di seluruh dunia. Negara ini telah berganti nama menjadi Republik Rakyat Tiongkok.
    Negara dengan penduduk terbanyak di seluruh dunia. Negara ini telah berganti nama menjadi Republik Rakyat Tiongkok.

    China

  • Presiden Jokowi

  • RRT

  • korsel