Sukses

Citayam Fashion Week, Paula Verhoeven Istri Baim Wong Pernah Sodorkan Rp500 Juta ke Bonge

Sebelum ajukan Citayam Fashion Week ke HAKI, istri Baim Wong sudah sodorkan uang Rp500 juta ke Bonge.

Liputan6.com, Jakarta Langkah selebritas Baim Wong yang mengajukan hak kekayaan intelektual (HAKI) melalui PT Tiger Wong Entertainment terhadap Citayam Fashion Week menuai kritik masif dari beragam pihak. Belakangan diketahui Paula Verhoven, istri dari Baim Wong, pernah meyodorkan uang Rp500 juta ke Bonge, yang disebut sebagai pelopor Citayam Fashion Week.

Upaya Baim Wong yang mengajukan HAKI ke Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham) juga mendapat respons dari Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil. Gubernur Jawa Barat itu mengimbau agar tren tongkrongan Citayam di Dukuh Atas, Sudirman, tetap menjadi karya orisinil tanpa dijadikan sebagai ajang monetasi.

Langkah Baim Wong mengajukan Citayam Fashion Week sebagai merek yang memiliki hak intelektual terungkap, upaya memonetasi tren kegiatan para remaja pinggiran Jakarta sudah dilakukan Paula Verhoven, istri dari Baim Wong.

Melalui akun YouTube Baim Paula, istri dari Baim Wong tersebut pernah menyambangi rumah Bonge sambil membawa dua koper berisi uang pecahan Rp50.000. Uang tersebut sebagai hadiah bagi para remaja pinggiran Jakarta yang turut berpartisipasi acara Citayam Fashion Week di Dukuh Atas.

Paula menjelaskan, alasannya menjadikan Bonge sebagai ikon tongkrongan remaja Sudirman Citayam Bojonggede Depok (SCBD) karena saat ini Bonge masih cukup viral. Bonge juga dianggap memiliki pengaruh di tongkrongan Dukuh Atas agar Citayam Fashion Week berjalan lancar.

"Kamu bisa jadi role model di situ. Aku punya ide kita bakal bikin event gede, setuju enggak?" ujar Paula yang disambut meriah para warga yang berkumpul di depan kediaman Bonge melalui YouTube Baim Paula yang dikutip Senin (25/7/2022).

"Ya, kita mau bikin event Citayam Fashion Week. Jadi kita bisa, mungkin menjembatani, bisa membekali anak-anak zaman sekarang yah jadi benar-benar kreativitasnya tidak terbatas," kata dia.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Istri Baim Wong Ingin Citayam Fashion Week Jadi Ajang Profesional

Paula Verhoeven yang memiliki latar belakang sebagai model internasional itu juga menuturkan, Bonge dipilih sebagai panutan untuk para remaja pinggiran Jakarta, agar segala potensi yang dimiliki para remaja dapat diasah untuk ke depannya menjadi sesuatu bermanfaat.

"Nah event ini, jadi Baim Paula akan mengajak Bonge bikin event Citayam Fashion Week, kita sudah sediain uang sebesar Rp500 juta," kata dia.

Paula menambahkan, Citayam Fashion Week akan diproyeksikan menjadi ajang profesional dan bahkan diharapkan menjadi agenda fashion tahunan.

"Insya Allah bisa jadi event tahunan. Nah aku sama mas Baim mau bikin event Citayam fashion week itu lebih gede. Setuju gak?" tanya Paula.

"Setuju banget, Ka," jawab Bonge.

"Nah hadiahnya ratusan juta rupiah. Jadi semoga kamu bisa ngajak teman-teman kamu jadi banyak yang terinspirasi oleh Bonge bisa ikutan ajang ini karena hadiahnya luar biasa kaena kita punya ratusan juta buat kalian semua," ujar Paula.

3 dari 4 halaman

Ridwan Kamil Kritik Baim Wong soal Citayam Fashion Week: Biarkan Tetap Slebew

Pendaftaran HAKI untuk merek Citayam Fashion Week di Pangkalan Data Kekayaan Intelektual (PDKI) Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham) menuai reaksi. Salah satunya dari Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil.

 

Brand yang memiliki nomor permohonan Jid2022052181 itu mulai diterima PDKI Kemenkumham pada 20 Juli 2022 lalu. Selain Baim Wong, Indigo Aditya Nugroho juga mendaftarkan permohonan serupa.

Gubernur Jabar Ridwan Kamil lantas menasehati Baim Wong. Emil, sapaannya, menyampaikan bahwa semua urusan tidak lantas dilihat dari sisi komersialnya.

"Dear Baim Wong dkk. Nasehat saya, tidak semua urusan di dunia ini harus selalu dilihat dari sisi komersial. Fenomena #CitayamFashionWeek itu adalah gerakan organik akar rumput yang tumbuhkembangnya harus natural dan organik pula," tulis Emil di akun Instagram pribadinya @ridwankamil, Senin (25/7/2022).

Menurut Emil, ajang adu outfit anak muda Citayam di kawasan Sudirman itu sebaiknya tetap pada awal tujuan.

"Sekalinya diformalkan dan dimewahkan, apalagi oleh orang luar, malah akan hilang tujuan dan maksudnya. Dan biasanya gerakannya malah akan mati muda. Biarkan ini jadi cerita, bahwa fashion jalanan tetap adanya di jalanan. Bukan di sarinah, bukan di podcast, bukan pula harus menginternasional," tuturnya.

"Biarkan tetap Slebew bukan Haute Couture," ujarnya menambahkan.

4 dari 4 halaman

Baim Wong Ungkap Alasan Daftarkan Merek Citayam Fashion Week

Nama aktor Baim Wong kini ramai menjadi perbincangan warganet usai mendaftarkan Citayam Fashion Week ke PDKI Kemenkumham. Tidak sedikit dari warganet yang mencibir dan menghujat tindakannya ini.

Baim Wong memberikan penjelaan lewat unggahan pada akun Instagram miliknya @baimwong, Senin (25/7/22). Suami Paula Verhoeven ini lantas menjelaskan, meskipun telah didaftarkan olehnya tidak serta merta Citayam Fashion Week ini menjadi miliknya.

"Citayam Fashion Week ini bukan milik saya..Ini milik mereka semua, ini milik Indonesia," tulis Baim Wong," dikutip Senin (25/7/22).

Menurutnya hal ini dilakukan agar Citayam Fashion Week tidak lagi menjadi ajang yang sifatnya musiman tetapi menjadi tren sekaligus menjadikan ajang ini memiliki legal standing. 

Saya hanyalah orang yang punya visi menjadikan Citayam Fashiin Week sebagai ajang untuk membuat trend ini menjadi wadah yang legal, dan ga musiman," sambungnya.

Lebih lanjut Baim menjelaskan bahwa dirinya tergerak karena dilatarbelakangi keinginan untuk memajukan fashion Indonesia di mata dunia Internasional.

"Dan yang paling penting bisa memajukan fashion Indonesia di mata dunia. Kenapa saya tergerak?", imbuhnya.

 

Reporter: Yunita Amalia

Sumber: Merdeka.com

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.