Sukses

Kata Istana soal Pengganti Menpan RB dan Wakil Ketua KPK

Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko meminta semua pihak menunggu keputusan Presiden Jokowi soal pengganti Menpan RB Tjahjo Kumolo dan Wakil Ketua KPK yang ditinggalkan Lili Pintauli.

Liputan6.com, Jakarta Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko meminta semua pihak menunggu keputusan Presiden Joko Widodo atau Jokowi soal pengganti Menteri Pendayagunaan Aparatur Reformasi dan Birokrasi (Menpan RB) Tjahjo Kumolo dan Wakil Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) yang ditinggalkan Lili Pintauli.

Dia belum bisa menjawab kapan dan siapa sosok yang akan diumumkan Jokowi sebagai pengganti Tjahjo Kumolo dan Lili Pintauli itu. Pasalnya, hal tersebut merupakan hak prerogatif Presiden Jokowi.

"Ada dua hal yang sulit dijawab, siapa dan kapan. Tinggal tunggu aja karena pasti jawabannya klasik itu. Kalau sudah siapa dan kapan, ya udah jawabnnya enggak jauh-jauh," jelas Moeldoko kepada wartawan di Kantor Staf Presiden Jakarta, Senin (25/7/2022).

Seperti diketahui, Jokowi belum menunjuk Menpan RB definitif usai Tjahjo Kumolo meninggal dunia pada awal Juli 2022. Saat ini, Jokowi menunjuk Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menko Polhukam) Mahfud Md menjadi Pelaksana Tugas (Plt) Menpan RB.

Dia menjadi Plt terhitung sejak 16 Juli 2022 sampai ditunjuknya Menpan RB definitif. Mahfud akan mengisi posisi Menpan RB sembari menunggu Jokowi menunjuk sosok yang akan mengisi posisi yang ditinggalkan almarhum Tjahjo Kumolo.

Sekretaris Jenderal PDIP Hasto Kristiyanto mengungkapkan, nama baru sebagai pengganti Menpan RB akan diumumkan selambat-lambatnya 40 hari setelah wafatnya Tjahjo Kumolo.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Masih Tanda Tanya

"Sejak awal PDI Perjuangan menyampaikan ke publik bahwa kami sungguh berduka cita atas wafatnya Pak Tjahjo, beliau sosok berdedikasi, dan kami mohon waktu ke Bapak Presiden yang disampaikan dari Bu Megawati bahwa 40 hari itu adalah masa duka cita sesuai tradisi kita," kata Hasto, saat diwawancarai, di Tebet, Jakarta Selatan, Jumat (22/7/2022).

Namun, Hasto enggan menyebutkan siapa nama-nama yang sudah disiapakan untuk mengisi kursi Menpan RB. Sebab, semua keputusan menjadi kewenangan Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri.

Selain itu, jabatan Wakil Ketua KPK juga masih kosong pasca Lili Pintauli mengundurkan diri dari jabatannya. Jokowi memastikan akan segera mengajukan nama pengganti Lili ke DPR RI.

"Untuk pengganti dari Bu Lili Pintauli masih dalam proses, karena kan baru saja surat pemberhentiannya minggu yang lalu sudah saya tandatangani dan ini masih dalam proses penggantian," kata Jokowi kepada wartawan di Kabupaten Subang Jawa Barat, Selasa (12/7/2022).

"Kami akan segera ajukan ke DPR, secepatnya," sambungnya

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.