Sukses

Polisi Usul Citayam Fashion Week Hanya Boleh Saat CFD

Dirlantas Polda Metro Kombes Latif Usman angkat bicara. Dia menyarankan, aksi-aksi serupa catwalk di kawasan tersebut hendaknya dibolehkan hanya pada saat Car Free Day (CFD) saja.

Liputan6.com, Jakarta - Citayam Fashion Week di kawasan Dukuh Atas Jakarta, mulai meresahkan banyak pihak. Kawasan yang semula hanya diramaikan kumpulan bocah dari kawasan suburban, kini berubah menjadi episentrum megah yang dipadati kelompok manusia dari pelbagai kelas.

Imbasnya, kawasan yang notabene jalan umum tersebut kini berubah jadi panggung aksi yang berimbas pada lalu lintas kendaraan bermotor yang terhambat, hingga sulitnya pejalan kaki untuk lewat.

Menanggapi hal itu, Dirlantas Polda Metro Kombes Latif Usman angkat bicara. Dia menyarankan, aksi-aksi serupa catwalk di kawasan tersebut hendaknya dibolehkan hanya pada saat Car Free Day (CFD).

“Misalnya itu dilakukan pada hari CFD berarti kan nggak ada kendaraan yang melintas. Kalau tidak menganggu lalu pada saat CFD silakan,” kata Latif kepada awak media saat dihubungi, Senin (25/7/2022).

Latif memastikan, polisi pada prinsipnya mendukung segala bentuk kreatifitas bersifat positif. Namun, saat kegiatan tersebut sudah mengganggu ketertiban umum dan pengguna jalan lain, maka penertiban harus dilakukan.

“Aktivitas masyarakat boleh menggunakan jalan selama tidak mengganggu pengguna jalan lain. Kita tidak akan mematikan kreativitas dari masyarakat selama tidak mengganggu,” jelas Latif

Dikonfirmasi terpisah, Wakil Gubernur DKI Jakarta juga mengamini jika Citayam Fashion Week mengganggu sejumlah dan melanggar undang-undang lalu lintas. Riza pun berencana mencarikan alternatif ruang publik lain untuk menyalurkan kreatifitas para pentikmat kawasan tersebut.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Usulkan Plaza Senayan dan Monas

"Seperti yang sudah disampaikan oleh Pak Kapolsek, Pak Kapolres, teman-teman dari Kepolisian bahwa zebra cross itu digunakan untuk menyebrang. Tidak boleh untuk kegiatan lain termasuk fashion show," kata Riza di Balai Kota DKI Jakarta, Sabtu 23 Juli 2022.

"Hal ini tentu kita akan coba mencarikan tempat yang terbaik bagi anak-anak kita kalau ingin terus melaksanakan fashion week tersebut," lanjut Riza.

Menurut Riza lokasi lain semisal Plaza Selatan Monumen Nasional (Monas) juga bisa dijadikan pilihan. Mengingat Plaza Selatan memiliki ruang terbuka yang lebih besar dan jauh dari keramaian.

"Umpamanya bisa saja di Plaza Selatan depan sini, disitu kan enak tempatnya lebar ya kan. Ada tribunnya kan, bisa duduk di situ. Tidak menggangu ketertiban umum, tidak menggangu yang jalan, yang nyebrang, mobil juga tidak terganggu, mudah-mudahan," Riza menutup.

Diketahui, animo Citayam Fashion Week mulai meningkat dalam sebulan terakhir. Saat ini banyak artis dan public figure ikut mejeng di kawasan tersebut dan mengunggahnya ke sosial media.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.