Pagar JIS Roboh, Anies: Jadi Bahan untuk Evaluasi

Oleh Liputan6.com pada 25 Jul 2022, 14:44 WIB
Diperbarui 25 Jul 2022, 14:44 WIB
Anies Baswedan Kick Off Pembangunan Jakarta International Stadium
Perbesar
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan bersama Dirut Jakpro Dwi Wahyu Daryoto melihat gambar Jakarta International Stadium di Jakarta, Kamis (14/3). Stadion ini nantinya bakal digunakan sebagai markas Persija Jakarta. (Liputan6.com/Herman Zakharia)

Liputan6.com, Jakarta Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan merespons insiden pagar pembatas tribun Jakarta International Stadium (JIS) yang roboh saat grand launching pada Minggu 24 Juli 2022. Kata dia, adanya pagar yang roboh tersebut karena semangat dari suporter Persija yakni The Jakmania yang ingin meyaksikan tim kesayangannya berlaga.

Anies pun berpesan kepada para suporter sepak bola agar menjadi teladan pada setiap pertandingan. Sehingga jangan sampai berbuat hal-hal yang tidak diinginkan.

"Semalam memang ada pagar yang rubuh, namun tidak mengganggu acara. Mungkin karena semangat dan kerinduan The Jakmania yang tak terbendung lagi setelah bertahun-tahun, akhirnya bisa kembali mendukung Persija di kandangnya sendiri," ujar Anies melalui akun instagram @aniesbaswedan, Senin (25/7/2022).

Mantan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) itu juga berpesan, JIS bukan hanya sebatas bangunan megah tanpa memperhatikan ketertiban dan kenyamanan fasilitas yang disediakan. JIS, kata Anies dibangun oleh Pemprov DKI Jakarta sebagai wujud tempat yang dapat menyatukan segala golongan warga Jakarta.

Anies pun menegaskan bahwa insiden ambruknya pagar pembatas tribun merupakan pelajaran berharga bagi Pemprov DKI, Jakmania, Persija, dan PT Jakarta Propertindo (Jakpro).

"Pertandingan kemarin jadi bahan berharga untuk evaluasi kita semua, Jakpro, Jakmania, Pemprov DKI, dan Persija. Mari jaga stadion kita, jaga kebanggaan tempat ini, dan tunjukkan kepada semua bahwa stadion ini bukan sekadar bangunan mahakarya, tapi suporternya teladan juga bagi semua," ungkapnya.

Sebagaimana diketahui, pagar pembatasan penonton tribun utara ambruk. Kejadian ini terjadi sekitar pukul 17.40 WIB.

Pantauan Merdeka.com kondisi pagar pembatas mulai mengalami tanda-tanda akan ambruk lantaran bentuk pagar sudah terlihat menjorok ke arah selatan.

Sebelum pagar ambruk, sejumlah penonton terlihat duduk di pagar tersebut untuk memasang spanduk curva nord Persija. Dari kejadian tersebut satu orang ditandu oleh petugas medis.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.


Anies: Saya Serahkan JIS kepada The Jak Mania, Warga Jakarta dan Bangsa Indonesia

Grand Launching Jakarta International Stadium
Perbesar
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan saat meresmikan Stadion Jakarta International Stadium (JIS), Minggu ( 24/7/2022). Sederet artis papan atas Ibu Kota turut meramaikan acara tersebut antara lain Dewa 19 dan Virzha, Kotak Band serta Setia Band. Selain itu, panitia juga akan menggelar pertandingan persahabatan sepakbola. (Liputan6.com/Herman Zakharia)

Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan menghelat Grand Launching Jakarta International Stadium (JIS) pada Minggu 24 Juli 2022 malam. Acara tersebut dihadiri oleh para The Jakmania yang memenuhi tribun untuk menyaksikan pertandingan persahabatan antara Persija Jakarta melawan Chonburi FC dari Thailand.

Dalam sambutannya, Anies menyebut bahwa malam hari ini adalah malam yang ditunggu sejak lama dan sesuai apa yang dijanjikan Anies, yakni Persija memiliki stadion sebagai homebase mereka.

“Akhirnya hari yang ditunggu itu, yang dinanti bertahun-tahun malam ini mencapai ujungnya. Alhamdulillah malam ini kita sama-sama hadir menuntaskan fase perjuangan. Di tempat ini telah lama dicanangkan, dijanjikan, dan hari ini janji itu dibayar tunai,” terangnya.

Anies menyerahkan JIS pada The Jakmania untuk benar-benar dijaga, sebab JIS bukan hanya stadion melainkan juga rumah bagi warga Jakarta.

“Hari ini saya menyerahkan JIS kepada the Jakmania, kepada warga Jakarta, dan kepada bangsa Indonesia. Jagalah tempat ini dengan sebaik-baiknya, ini adalah rumah kita dan mempersatukan kita semua,” kata Anies.

Anies juga mendedikasikan JIS bukan hanya untuk para The Jakmania, tapi Jakarta, serta Indonesia. Maka dari itu Anies mengapresiasi dukungan dari The Jak Mania, Jakpro, dan jajaran Pemprov DKI serta Pemerintah Pusat dalam terwujudnya JIS sebagai stadion berkelas internasional.

 


Anies Singgung Masa Jabatan yang Segera Berakhir di Grand Launching JIS

Grand Launching JIS Stadium: Persija Jakarta vs Chonburi FC
Perbesar
Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan menggiring bola dalam rangkaian acara Grand Launching Jakarta International Stadium (JIS), Minggu (24/7/2022). (Bola.com/M Iqbal Ichsan)

Jakarta International Stadium pada Minggu 24 Juli 2022 dipenuhi lautan pendukung klub Persija. Para Jakmania hadir untuk menghadiri grand launching JIS sekaligus mendukung tim Macan Kemayoran dalam laga persahabatan melawan Chonburi FC dari Thailand.

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan dalam sambutannya menyerahkan JIS pada The Jakmania dan juga Indonesia.

“Hari ini saya menyerahkan JIS kepada The jakmania, kepada warga Jakarta dan kepada Indonesia,” kata Anies dalam sambutannya.

Mantan Mendikbud itu lantas menyinggung masa jabatannya yang akan berakhir dalam tiga bulan atau Oktober 2022, ia menyebut nanti akan mampir ke JIS bukan lagi sebagai gubernur, melainkan sebagai The Jakmania.

“Ini adalah bulan bulan terakhir penuntasan 5 tahun tugas saya di Jakarta. 3 bulan lagi saya akan tuntas di Jakarta, sesudah itu saya akan datang kembali ke tempat ini tidak lagi sebagai Gubernur tapi sebagai The Jak mania,” ungkap Anies, disambut riuh tepuk tangan Jakmania.

Anies berpesan agar fasilitas di JIS dijaga sebab merupakan rumah bagi Persija dan The Jakmania.

“Jagalah tempat ini dengan sebaik-baiknya, ini adalah rumah kita,” kata dia.

“Jaga stadion kebanggaan kita. Stadion ini bukan hanya bangunan yang megah tapi supporternya supporter teladan,” sambung Anies.

Sebelumnya, Anies menyebut dengan berdirinya JIS, maka salah satu janji kampanyenya sudah ditunaikan.

 

Reporter: Yunita Amalia

Sumber: Merdeka.com

Infografis Jurus Gubernur Anies Baswedan Hadapi Banjir Jakarta. (Liputan6.com/Trieyasni)
Perbesar
Infografis Jurus Gubernur Anies Baswedan Hadapi Banjir Jakarta. (Liputan6.com/Trieyasni)
Lanjutkan Membaca ↓

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya