Sukses

Pagar Pembatas Tribun JIS Ambruk, Pemprov DKI Jakarta Akan Atur Titik Masa Suporter

Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria menyampaikan Pemprov DKI dan pihak terkait akan mengatur titik kumpul supporter sepak bola saat berlaga di Jakarta International Stadium (JIS).

Liputan6.com, Jakarta Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria menyampaikan Pemprov DKI dan pihak terkait akan mengatur titik kumpul supporter sepak bola saat berlaga di Jakarta International Stadium (JIS).

Rencana ini seiring kejadian ambruknya pagar pembatas tribun, saat pertandingan persahabatan Persija dengan klub sepak bola asal Thailand Chonburi, dalam grand launching JIS.

"Kapasitasnya nanti kami atur agar tidak menumpuk di satu titik, agar bobotnya bisa kurang," ujar Riza di Balai Kota Jakarta, Senin (25/7/2022).

Meski tidak membenarkan tindakan para penonton dengan menduduki pagar pembatas, Politikus Gerindra ini memahami euforia para suporter mendukung klub kesayangan bertanding. Terlebih lagi, pertandingan digelar di stadion yang dibanggakan Persija dan Tha Jakmania.

Dari kejadian robohnya pagar pembatas tribun, Riza meminta para suporter agar menunjukan sikap tertib dan bertanggung jawab atas fasilitas stadion yang menjadi venue pertandingan.

"Kalau bangunannya berkelas international ya suporternya harus berkelas international, kalau JIS bangunnannya hebat, suporternya harus lebih hebat," kata dia.

Sebelumnya, Anggota DPRD DKI Jakarta, Gilbert Simanjuntak mendorong adanya audit terhadap konstruksi pembangunan Jakarta International Stadium (JIS).

Hal ini sehubungan ambruknya pagar pembatas tribun yang terjadi pada Minggu (24/7/2022) saat grand launching JIS.

"Penyebabnya perlu diteliti, apakah menyangkut kualitas bangunan," ujar Gilbert, Senin (25/7/2022).

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Minta Audit

Gilbert menyayangkan kejadian tersebut. Beruntung, imbuhnya, pertandingan pada grand launching saat itu bukan pertandingan internasional melainkan laga persahabatan antara Persija dengan klub sepak bola asal Thailand Chonburi.

Politikus PDIP ini mengkritik, sikap Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan yang kerap mengagungkan JIS sebagai stadion internasional. Sebab pada realitanya pagar beberapa meter roboh, karena diduga tak kuat menahan beban.

Hal sorotan lainnya menurut Gilbert adalah kualitas konstruksi tidak sebanding dengan anggaran yang dikeluarkan yaitu sekitar Rp4,5 triliun.

"Tentunya siapa pun tidak ingin kualitas JIS abal-abal, baru sedikit gangguan sudah rusak. Diperlukan audit atau pemeriksaan menyeluruh sebelum serah terima dari pemborong proyek," kata dia.

 

 

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

3 dari 3 halaman

Pernyataan Anies

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan turut mengomentari robohnya pagar pembatas tribun utara, Jakarta International Stadium (JIS) pada acara Grand Launching JIS, Minggu (24/7/2022).

Menurut Anies, kejadian tersebut adalah hal wajar sebab penonton yakni para The Jak mania sangat bersemangat mendukung timnya yang bertanding di laga persahabatan dengan klub sepak bola asal Thailand, Chonburi FC.

"Saya rasa tadi semangatnya sangat tinggi," kata Anies di JIS, Minggu (24/7/2022).

Anies menyebut insiden tersebut menjadi pelajaran bagi Pemprov DKI, dan PT Jakarta Propertindo (Jakpro) selaku BUMD yang bertanggung jawab atas pembangunan JIS.

"Ini menjadi proses belajar karena ketemu dengan segala macam tantangan, ada istilah growing pain," ujar Anies.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.