Sukses

Kepulangan 385 Kloter Banjarmasin 1 ke RI Tertunda, Ini Penyebabnya

Kepulangan sebanyak 358 jemaah kloter Banjarmasin (BDJ) 1 tertunda. Mereka diinapkan di 4 hotel di Jeddah, Arab Saudi, Minggu 24 Juli 2022.

Liputan6.com, Jakarta - Kepulangan sebanyak 358 jemaah kloter Banjarmasin (BDJ) 1 tertunda. Mereka diinapkan di 4 hotel di Jeddah, Arab Saudi, Minggu 24 Juli 2022.

Jemaah asal Kalimantan Selatan itu berangkat dari Mekah ke Jeddah pada Sabtu 23 Juli 2022 pukul 21.05 WAS.Mereka direncanakan pulang pulang dengan nomor penerbangan GIA 8201 pada Minggu 24 Juli 2022 pada pukul 05.05 WAS.

Jemaah langsung dibawa ke hotel setelah diumumkan penundaan penerbangan ke Tanah Air.

Ada 110 jemaah diinapkan di Prime Almina. Sebanyak 120 jemaah di Prime Alhamra, 100 jemaah di Dyar Alhamra. Kemudian 28 jemaah di Diamond Hotel.

Selain mendapatkan akomodasi berupa hotel, pihak Garuda Indonesia juga menyediakan konsumsi selama jemaah menginap hingga keberangkatan ke Tanah Air.

Sunarno, salah seorang jemaah mengaku kaget dengan penundaan. Namun, menurut dia, lebih baik penerbangan ditunda dan jemaah diberikan keselamatan di penerbangan.

"Awalnya kaget tapi bagi saya lebih baik tertunda asalkan kami diberi keselamatan dalam penerbangan," ujar Sunarno.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Kendala

Direktur Layanan & Niaga Garuda Indonesia Ade R Susardi mengatakan, penyesuaian jadwal penerbangan tersebut karena adanya kendala teknis pada kondisi pesawat A330-300 pada penerbangan GA 8201 yang melayani penerbangan dari Jeddah menuju Banjarmasin.

"Yang mengharuskan dilakukannya prosedur perbaikan secara komprehensif," kata Ade.

Ade menerangkan, penyesuaian tersebut dilakukan setelah petugas melakukan inspeksi menyeluruh dalam persiapan operasional penerbangan. Dalam inspeksi tersebut petugas menemukan komponen pesawat yang perlu dilakukan perbaikan sebelum dioperasikan, termasuk melalui _assessment_ kebutuhan penggantian suku cadang komponen penunjang pada mesin pesawat.

"Hal tersebut tentunya dilakukan dengan senantiasa mengedepankan fokus penerapan aspek keselamatan dan keamanan penerbangan pada seluruh lini, guna memastikan bahwa keseluruhan komponen kelayakan pesawat selalu dalam keadaan optimal ketika akan dioperasikan," kata Ade.

3 dari 3 halaman

Berangkat Senin

Dia menyatakan, jemaah haji kloter 1 embarkasi Banjarmasin akan diberangkatkan kembali pada Senin 25 Juli 2022 pukul 12.00 waktu setempat.

Ade menyatakan, Garuda Indonesia memberikan fasilitas akomodasi hingga penginapan bagi keseluruhan penumpang yang terdampak.

"Melalui kesempatan ini kami turut menyampaikan permohonan maaf sebesar sebarnya kepada seluruh penumpang atas ketidaknyamanan yang terjadi," kata Ade.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.