Sukses

Pagar Pembatas Tribun Roboh, Anies: Semangat The Jak Mania Tinggi

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan turut mengomentari robohnya pagar pembatas tribun utara, Jakarta International Stadium (JIS) pada acara Grand Launching JIS.

Liputan6.com, Jakarta - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan turut mengomentari robohnya pagar pembatas tribun utara, Jakarta International Stadium (JIS) pada acara Grand Launching JIS, Minggu (24/7/2022).

Menurut Anies, kejadian tersebut adalah hal wajar sebab penonton yakni para The Jak mania sangat bersemangat mendukung timnya yang bertanding di laga persahabatan dengan klub sepak bola asal Thailand, Chonburi FC.

"Saya rasa tadi semangatnya sangat tinggi," kata Anies di JIS, Minggu (24/7/2022).

Anies menyebut insiden tersebut menjadi pelajaran bagi Pemprov DKI, dan PT Jakarta Propertindo (Jakpro) selaku BUMD yang bertanggung jawab atas pembangunan JIS.

"Ini menjadi proses belajar karena ketemu dengan segala macam tantangan, ada istilah growing pain," ujar Anies.

Sebelumnya, pembatas tribun Jakarta International Stadium (JIS) jebol di tengah acara grand launching pada hari ini, Minggu (24/7/2022). Seorang penonton The Jak Mania terjatuh dan dibopong oleh petugas.

Kejadian pembatas robos terjadi di curva nord JIS. Sejak awal sisi utara memang lebih ramai dengan Jakmania yang membentangkan berbagai spanduk.

Awalnya, para penonton antusias menonton penampilan Dewa 19 Ft. Virzha. Namun, usai membawakan lagu 'Kangen' saat Suporter Persija menyanyikan yel-yel dan tiba-tiba pembatas tribun yang sebelumnya sudah digantungi spanduk “Curva Nord Persija” itu jebol dan membuat beberapa penonton terjatuh.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Supporter Jatuh

Para petugas dari Satpol PP dan Dinkes langsung membawanya ke arah dalam stadion. Hingga saat ini belum diketahui bagaimana kondisi suporter tersebut.

Berdasarkan pantuan Liputan6.com, kejadian pembatas robos terjadi di curva nord JIS. Sejak awal sisi utara memang lebih ramai dengan Jakmania yang membentangkan berbagai spanduk.

Sebelumnya, Pemprov DKI menggelar Grand Launching JIS. Sejumlah band kenamaan seperti Dewa19 feat. Virzha, Kotak Band, Setia Band, dan berbagai pertunjukan lainnya. Acara akan dipandu oleh Choky Sitohang dan Astrid Tiar.

Tak hanya musik, launching juga diisi pertandingan persahabatan antara Persija melawan Chonburi FC yang merupakan tim sepak bola asal Thailand pada 18.30 WIB sampai selesai.

3 dari 4 halaman

Jokowi Tak Hadir

Pemprov DKI Jakarta akan melakukan acara Grand Launching Jakarta International Stadium (JIS) di Jakarta.

Meski disebut terbuka dan mengundang semua tokoh, kemungkinan Presiden Joko Widodo atau Jokowi.

Kepala Sekretariat Presiden (Kasetpres) Heru Budi Hartono mengatakan jika Presiden Jokowi telah memiliki agenda lain hari ini. Hal mengartikan, Jokowi tidak akan hadir pada acara yang dijelat pada malam nanti.

“Sudah ada kegiatan lain yang terjadwal sebelumnya,” jelas Heru saat dikonfirmasi awak media, Minggu (24/7/2022).

Meski demikian, Heru membenarkan jika Istana sudah mendapat pemberitahuan acara terkait.

“Surat permohonan saja,” singkat dia.

4 dari 4 halaman

Bayar Utang Janji Kampanye

Tribun Jakarta International Stadium (JIS) pada Minggu (24/7/2022) dipenuhi lautan pendukung klub Persija. Para The Jak mania hadir untuk mendukung tim macan Kemayoran dalam laga persahabatan melawan Chonburi FC dari Thailand.

Dalam sambutannya di acara Grand Launching JIS, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menyatakan JIS tidak hanya untuk Jakmania melainkan untuk Indonesia. Ia juga menyebut bahwa janji kampanyenya sudah ditunaikan.

“Alhamdulillah pada malam hari ini kita sama-sama hadir memuntaskan sebuah fase perjuangan, di tempat ini telah lama dijanjikan dan hari ini janji itu dibayar tunai,” kata Anies disambut sorak penonton.

Anies menyebut berdirinya JIS menandakan mimpi bisa dicapai dengan kerja keras, meski berbagai pihak mulanya mengolok dan pesimis JIS bisa berdiri.

“Mimpi yang oleh sebagian ditanggapi dengan pesimis, mohon maaf harus kami sampaikan kami mengecewakan mereka yang pesimis. Hari ini mahakarya berdiri di Jakarta dipersembahkan untuk the jak mania, untuk warga Jakarta dan untuk Indonesia,” kata Anies.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.