Kepala BNPT: Pancasila Ideologi Terbaik di Dunia yang Persatukan Kita

Oleh Liputan6.com pada 24 Jul 2022, 13:41 WIB
Diperbarui 24 Jul 2022, 13:41 WIB
BNPT
Perbesar
Kepala Badan Nasional BNPT Komjen Pol Boy Rafli Amar (Ist)

Liputan6.com, Jakarta - Kepala Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT) Komjen Boy Rafli menyatakan kalau ideologi Pancasila adalah ideologi terbaik di dunia yang tepat untuk mempersatukan Indonesia.

"Ideologi pancasila, adalah ideologi terbaik di dunia. Ideologi yang mempersatukan kita semuanya," kata Boy saat acara HUT ke-12 BNPT, di Area PIK 2, Jakarta Utara, Minggu (24/7/2022).

Menurutnya, saat ini banyak bermunculan pihak yang mencoba mengangkat isu intoleransi demi memecah belah bangsa yang bertentangan dengan ideologi Pancasila.

"Hari ini banyak sekali orang-orang yang mengangkat isu intoleransi yang tentunya bertentangan dengan Ideologi Pancasila," sebutnya.

Padahal, kata Boy, hadirnya Ideologi Pancasila semata-mata diusung guna mengangkat semangat persatuan kesatuan Indonesia. Dalam menyikapi perbedaan dari Sabang sampai Merauke dari Miangas sampai Pulau Rote.

"Yang tentunya hanya dengan semangat persatuan dan kesatuan lah Indonesia tetap utuh, dan orang-orang yang mengangkat isu intoleransi radikalisme akan terpinggirkan dengan sendirinya," sebutnya.

Adapun dari kegiatan HUT ke-12 BNPT yang jatuh pada 16 Juli lalu, turut menggelar acara Gowes Kebangsaan dengan semangat mengajak masyarakat memerangi ideologi terorisme melalui kegiatan olahraga bersepeda.

"Makna dari gowes kebangsaan hari ini adalah bagaimana kita terus mengangkat narasi, gelorakan semangat nasionalisme, bela negara bela bangsa bela Rakyat Indonesia dari berbagai pengaruh-pengaruh negatif terutama adalah yang bertentangan ideologi negara kita Pancasila," ucapnya.

"Semoga kegiatan hari ini adalah bagian ikhtiar kebangsaan kita dalam rangka merajut persatuan dan kesatuan republik Indonesia yang kita cintai," tambah dia.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.


Kompetisi Desain Maskot BNPT

Kepala Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT) Komjen Pol Boy Rafli Amar
Perbesar
Kepala Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT) Komjen Pol Boy Rafli Amar saat memberikan kuliah umum di hadapan 6.576 Praja dan seluruh civitas IPDN. (Foto: Istimewa).

Sebelumnya, dalam acara penyambutan HUT ke-12 BNPT, Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT) kepada masyarakat luas untuk berpartisipasi dalam 'Kompetisi Desain Maskot BNPT'.

Para pegiat media sosial (medsos) menyambut antusias ajakan terbuka tersebut, Mereka umumnya mengatakan, cara BNPT untuk melibatkan seluas-luas peran serta publik dalam acara yang digelar untuk menyambut HUT ke-12 BNPT, 16 Juli 2022 lalu, merupakan cara cerdas dan kreatif. Salah satu pegiat medsos, Nirmala Firdaus, mengaku sangat antusias dengan kegiatan tersebut.

Dia mengatakan, BNPT dengan cara sederhana, namun tepat telah melakukan ajakan kepada masyarakat seluas-luasnya untuk berpartisipasi pada acara ulang tahun lembaga tersebut.

"Apalagi, caranya pun tidak rumit, sangat sederhana. Tetapi dengan cara sederhana pula masyarakat bisa mengenal BNPT melalui situs, media sosial yang dimiliki BNPT, bahkan BNPT TV," ujar Ketua Garuda Siber NKRI, Nirmala, dalam keterangannya.

Reporter: Bachtiarudin Alam

Sumber: Merdeka.com

 

 

 

 

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Infografis RUU Terorisme
Perbesar
Infografis RUU Terorisme (Liputan6.com/Triyasni)
Lanjutkan Membaca ↓

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya