Sukses

Wagub DKI Minta Remaja Citayam Pulang Sebelum Jam 10 Malam

Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria, meminta para remaja Citayam dan sekitarnya tersebut sudah harus wajib pulang sebelum jam 22.00 WIB agar tidak ketinggalan kereta.

Liputan6.com, Jakarta Wakil Gubernur atau Wagub DKI Jakarta Ahmad Riza Patria mengapresiasi munculnya fenomena "Citayam Fashion Week" yang disebutnya kreativitas yang keren. Namun, dia meminta para remaja Citayam dan sekitarnya tersebut sudah harus wajib pulang sebelum jam 22.00 WIB agar tidak ketinggalan kereta.

Adapun belakangan muncul istilah remaja SCBD, yakni Sudirman, Citayam, Bojonggede dan Depok. Mereka kerap nongkrong di kawasan Dukuh Atas. Fenomena ini bahkan sampai disorot oleh media massa luar negeri.

"Kami mengapresiasi kreativitas keren ini. Apalagi kalau menggunakan produk lokal kami berikan dua jempol. Tapi kami minta pukul 22.00 WIB sudah harus wajib pulang ke rumah. Sebelum jam 22.00 WIB lebih baik lagi,"kata Riza melalui akun resmi Instagram @arizapatria, Jumat (22/7/2022).

Politikus Partai Gerindra ini menjelaskan hal tersebut guna menghindari hal-hal yang tidak diinginkan terutama kekerasan dan pelecahan. Pasalnya pada Senin, 18 Juli 2022 lalu beredar video yang memperlihatkan sejumlah remaja tertidur pulas di jalur pedestrian seberang Stasiun Sudirman dan Stasiun MRT BNI City.

"Kami sayang anak-anakku. Anak-anak ini adalah anak-anak kita juga. Kami tidak ingin mereka sakit, mengalami kekerasan, pelecehan, dan perlakuan tidak pantas lainnya karena tidur sembarangan tempat," jelas Riza.

Riza juga meminta agar remaja 'SCBD' bisa menjaga keselamatan diri dan tidak membuat khawatir orang tua karena kedapatan tidak pulang ke rumah. Riza juga mengucapkan terima kasih kepada seluruh pihak yang membantu mengawasi dan menertibkan remaja 'SCBD' di Dukuh Atas.

"Kalian adalah masa depan keluarga dan masa depan bangsa kita. Terima kasih kami haturkan atas perhatian yang penuh dari Satpol PP DKI, Polda Metro, dan seluruh petugas lintas dinas," ujar Riza.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Satpol PP Tertibkan Remaja 'SCBD' yang Tertidur di Dukuh Atas

Fenomena tongkrongan remaja di Sudirman, Dukuh Atas, menuai polemik tersendiri. Kali ini viral para remaja yang diduga yang ikut Citayam Fashion Week terpaksa bermalam dan tertidur di ruang terbuka Dukuh Atas. Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) bergerak menertibkan.

Akun instagram @jktnewss, mengunggah video berdurasi 11 detik yang menampilkan para remaja sedang asik tertidur di fasilitas umum. Mereka tertidur di fasilitas umum diduga menunggu KRL perjalanan pagi.

Dalam akun instagram @satpolpp.dki, petugas Satpol PP terlihat membangunkan para remaja yang tertidur. Dalam unggahan itu juga terlihat sampah gelas-gelas plastik di sekitar para remaja.

Satpol PP mengingatkan bahwa kenyamanan dan ketertiban ruang publik sebaiknya dijaga bersama.

"Tidur ada tempatnya, bangun ada waktunya. Ruang publik Jakarta terbuka untuk semua, ketertiban Jakarta juga tanggung jawab semua," demikian pesan Satpol PP.

Menanggapi hal tersebut, Kepala Satpol PP DKI Jakarta, Arifin meminta agar semua warga untuk tetap menjaga ketertiban dan juga memperhatikan kebersihan fasilitas umum. Seba itu adalah fasilitas untuk semua orang. 

"Kami selalu ingatkan, jaga ketertiban umum, karena itu ruang publik semua orang membutuhkan, semua orang boleh memanfaatkan tapi tetap jaga ketertiban," ujarnya.

 

3 dari 3 halaman

Bagaikan Orang Telantar

Dalam foto yang diunggah laman Instagram @satpolpp.dki, remaja-remaja itu pun terlihat rela menghabiskan malam hingga pagi hari. Sampai-sampai mereka tertidur di jalur pedestrian kawasan Stasiun BNI City dan Stasiun Sudirman. Padalah sebelumya mereka disorot karena masalah sampah yang menumpuk akibat minimnya kesadaran kebersihan kawasan sekitar.

Dilihat, Selasa 19 Juli 2022, video itu memperlihatkan sejumlah anak muda tengah tertidur pulas di sebuah jembatan. Mereka tidur ngemper tanpa alas.

Narasi video viral itu menyebutkan 'sisi gelap Citayam Fashion Week'. Diduga para ABG itu menunggu jadwal kereta pagi untuk pulang.

Terekam video para remaja yang kerap disebut sebagai Citayam Fashion Week itu tertidur pulas di atas jembatan penyeberangan orang. Pejalan kaki yang melintas pun hanya terbengong melihat lebih dari lima remaja tersebut tertidur pulas.

Meski terlihat seperti orang terlantar, namun mereka terlihat nyaman tidur di jalanan. Tak sedikit para pengguna jembatan layang itu mengabadikan momen unik yang kini tengah jadi sorotan. Mengejar kereta jadi agenda mereka usai bangun tidur.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.