Sukses

PDIP Tak Mau Ganggu Hubungan PKS, NasDem dan Demokrat yang Mengarah ke Koalisi

Hasto mengaku tak mau menggangu hubungan antara NasDem, PKS dan Demokrat yang dinilai tengah melakukan penjajakan koalisi.

Liputan6.com, Jakarta

Sekretaris Jenderal PDI Perjuangan Hasto Kristiyanto menyatakan, partainya  tidak ingin menganggu  kerjasama politik yang tengah dibangun antara Partai NasDem, Partai Keadilan Sejahtera (PKS) dan Partai Demokrat.

Hasto melihat kerjasama yang dibangun NasDem untuk Pemilu 2024 sudah intens dan mengarah koalisi. Hal ini menanggapi peluang kerjasama PDIP dengan NasDem.

"PDI Perjuangan menghormati itu. Menghormati langkah-langkah organisatoris melalui langkah Rakernas termasuk pertemuan silaturahim antar-ketua umum partai politik yang di dalam berbagai rilis disampaikan itu kan sudah mengarah pada bentuk kerjasama partai politik," ujar Hasto dalam konferensi pers daring, Kamis (21/7/2022).

"Itu yang dihormati PDI Perjuangan, suatu hal yang sangat bagus. Kami tidak ingin mengganggu suatu kemapanan dalam kerjasama yang sudah dibangun," terangnya.

Hasto juga mengatakan, kerjasama politik PDIP dibangun atas kesamaan calon presiden yang akan diusung di pilpres 2024. Hasto menyinggung NasDem dan PKS yang bila dilihat dari gerak gerik politiknya punya kecenderungan mendukung Anies Baswedan, sementara PDIP hampir dipastikan tidak akan mengusung Anies di Pilpres 2024.  

"Bahkan kemudian juga dengan PKS yang kemudian Rakernas NasDem itu kan mayoritasnya memberikan preferensi kepada pak Anies sebagai calon presiden," katanya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Tugaskan Puan Maharani

Di luar sejumlah pertimbangan tersebut, Hasto menegaskan PDIP mementingkan kepentingan bangsa dan negara di atas segalanya. Semangat gotong royong itu dikedepankan PDIP.

Maka itu, PDIP melalui Ketua DPR RI Puan Maharani akan melakukan komunikasi politik dengan seluruh partai di parlemen.

"Karena itu mbak Puan Maharani itu juga akan terus melakukan komunikasi politik, baik kapasitasnya sebagai ketua DPR, yang membangun komunikasi dengan seluruh fraksi dengan seluruh partai seluruh elemen politik," ujar Hasto.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.