Sukses

Isak Tangis Iringi Pemakaman Jenazah Pilot Lettu Pnb Allan Safitra

Prosesi pemakaman Jenazah Pilot Lettu Pnb Allan Safitra dilakukan secara militer dan berjalan dengan penuh khidmat.

Liputan6.com, Bekasi - Jenazah pilot pesawat tempur T50i Golden Eagle TT 5009, Kapten Lettu Pnb Allan Safitra Indra Wahyudi, yang gugur saat latihan di Kradenan, Blora, Jawa Tengah, telah dimakamkan di Pemakaman Taman Bahagia TNI AU Jatiasih, Kota Bekasi, Jawa Barat.

Prosesi pemakaman perwira penerbang lulusan AAU tahun 2015 dan Sekolah Penerbang TNI AU tahun 2017 itu dilakukan secara militer dan berjalan dengan penuh khidmat.

Isak tangis keluarga pun tak terbendung selama prosesi pemakaman berlangsung. Sejumlah sanak saudara dan kerabat ak kuasa menahan kesedihan atas kepergian almarhum.

Kapten Lettu Pnb Allan Safitra Indra Wahyudi yang sebelumnya berpangkat letnan satu, dianugerahi kenaikan pangkat satu tingkat menjadi kapten, karena dianggap berjasa dalam menjalankan tugas. Almarhum meninggalkan seorang istri dan satu anak yang masih balita.

Kapten Anumerta Allan Safitra Indra Wahyudi gugur dalam kecelakaan pesawat saat sedang melakukan latihan terbang malam. Pesawat yang diterbangkannya jatuh dan hilang kontak. Kontak terakhir korban dilaporkan sekira pukul 19.25 WIB.

Setelah dilakukan pencarian, puing-puing pesawat Almarhum Lettu Pnb Allan Safitra ditemukan di perbukitan Blora, Jawa Tengah.

Guna mengetahui penyebab kecelakaan jatuhnya Pesawat T-50i Golden Eagle hingga menyebabkan gugurnya Pilot Lettu Pnb Allan Safitri, TNI AU membentuk tim Panitia Penyelidikan Kecelakaan Pesawat Udara (PPKPU).

Kepala Dinas Penerangan TNI AU (Kadispenau) Marsma TNI Indan Gilang Buldansyah, Selasa (19/7/2022) mengatakan, saat ini tim sedang bekerja, sementara evakuasi masih berlangsung.

"Tim TNI AU dari Lanud Iswahjudi, tadi malam telah diberangkatkan ke lokasi jatuhnya pesawat. Hingga pagi ini tim masih melakukan evakuasi dan pengamanan di lokasi pesawat jatuh," ujarnya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Duka TNI

 

TNI AU juga memastikan bahwa Lettu Pnb Allan Safitri yang menjadi awak dalam pesawat nahas tersebut telah gugur dalam tugas latihan terbang malam. Perwira penerbang lulusan AAU tahun 2015 dan Sekolah Penerbang TNI AU tahun 2017.

"Peristiwa ini menyisakan duka mendalam. Tidak saja bagi keluarga, tetapi juga duka bagi seluruh jajaran TNI AU khususnya, TNI, serta masyarakat Indonesia pada umumnya," katanya.

Lettu Pnb Allan Safitra Indra Wahyudi gugur dalam tugas setelah mengalami kecelakaan saat menjalani latihan terbang malam pada hari Senin (18/7/2022) dan jatuh. Pesawat bernomor ekor TT-5009 yang diterbangkannya lakukan kontak radio terakhir pada pukul 19.07 WIB, kemudian dilaporkan jatuh.

Puing badan pesawat yang jatuh dilaporkan aparat kewilayahan berada di Desa Nginggil, Kecamatan Kradenan, Blora, Jawa, Tengah.

TNI AU mengucapkan terima kasih atas peran serta aparat kewilayahan dan masyarakat dalam proses evakuasi dan pengamanan di lokasi kejadian, dan mengharapkan masyarakat jika menemukan bagian pesawat, segera melaporkan kepada petugas di lokasi.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.