Dikritik PDIP soal Banjir, Wagub DKI: Tak Hanya di Jakarta

Oleh Liputan6.com pada 20 Jul 2022, 10:46 WIB
Diperbarui 20 Jul 2022, 10:46 WIB
wakil gubernur dki jakarta
Perbesar
Wakil Gubernur DKI Jakarta Riza Patria. (Liputan6.com/Winda Nelfira)

Liputan6.com, Jakarta Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria merespon kritik keras yang dilontarkan PDIP terkait banjir yang melanda ibu kota beberapa hari lalu. Riza menegaskan bahwa banjir terjadi tak hanya di Jakarta saja.

"Banjir Jakarta itu tidak hanya di Jakarta tapi di seluruh Indonesia kita lihat," kata Riza di Kantor Balai Kota DKI Jakarta, Selasa (19/7/2022) malam.

Namun, Riza mengatakan kritik yang disampaikan PDIP akan menjadi masukan bagi pemerintah provinsi DKI Jakarta. Sehingga penanganan banjir di Jakarta bisa lebih baik lagi kedepannya.

"Kita lihat upaya pemprov melakukan pencegahan, program banjir banyak sekali programnya. Tentu masukan saran dari PDIP dan partai lainnya kita apresiasi. Kita akan tingkatkan terus pengendalian banjir ke depan supaya lebih baik," ucapnya.

Sebelumnya, PDIP DKI mengkritik Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan soal banjir yang terjadi di Ibu Kota. Dia menilai Anies hanya hebat dalam berkata-kata, namun lemah dalam pelaksanaan.

"Kami melihat yang dilakukan oleh Pak Gubernur ini gagah di kata-kata, lemah di pelaksana," jelas Ketua Fraksi PDIP DPRD DKI Jakarta, Gembong Warsono dalam keterangannya, Senin, (18/7/2022).

Menurut Gembong banjir yang kembali terjadi di Jakarta mengindikasikan Anies tidak fokus dalam melaksanakan program penanggulangan banjir.

"Kami mendesak Gubernur dan Pemprov DKI Jakarta fokus melanjutkan penanggulangan banjir di Jakarta, normalisasi, pengerukan kali menjadi hal wajib harus segera dikerjakan," lanjutnya.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.


Wagub DKI Klaim Penanggulangan Banjir di 92 RT di Jakarta Sudah Cepat

Wakil Gubernur atau Wagub DKI Jakarta Ahmad Riza Patria mengapresiasi Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) dalam responsnya terhadap penanggulangan genangan banjir baru-baru ini. Sebab ada 92 RT yang mengalami banjir, dan itu semua sudah teratasi dengan cepat.

Hal ini dikatakan Riza, saat menghadiri Rapat Kordinasi Daerah (Rakorda) Penanggulangan Bencana Provinsi DKI Jakarta 2022. Kegiatan ini sebagai respons menghadapi bencana di Jakarta.

"Saya menyampaikan apresiasi atas cepatnya penanggulangan genangan yang terjadi baru-baru ini dengan ketinggian air lebih dari 40 cm di 92 RT di Jakarta (Jakarta Selatan, Jakarta Timur, dan Jakarta Barat) atau sekitar 0,3% dari 30.470 RT yang ada di DKI Jakarta," kata Riza dikutip melalui akun resmi @arizapatria, Selasa (19/7/2022).

Terima kasih atas kerja keras, keikhlasan dan komitmen saudara-saudara kita dalam menanggulangi bencana di DKI Jakarta," tambahnya.

Riza menjelaskan butuh manajemen yang efektif dan komitmen, serta keseriusan yang tinggi antarlembaga penanggulangan bencana di Jakarta. Mengingat kata dia, Jakarta memiliki kerentanan terhadap berbagai jenis bencana.

"Apalagi kawasan Jakarta juga dekat dengan jalur gempa Selat Sunda dan Sesar Baribis, serta dilalui oleh 13 aliran sungai yang membelah Jakarta. Ancaman bahaya dan risikonya tidak kecil," katanya.

Reporter: Alma Fikhasari/Merdeka

Lanjutkan Membaca ↓

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya