Sukses

Festival Literasi Ruang Tengah 2022 Digelar, Kumpulkan Pembaca hingga Penulis

Festival Literasi Ruang Tengah kembali digelar oleh penerbit Gramedia Pustaka Utama (GPU).

Liputan6.com, Jakarta - Festival Literasi Ruang Tengah kembali digelar oleh penerbit Gramedia Pustaka Utama (GPU). Ajang tahunan ini merupakan tempat berkumpulnya para pembaca, penulis, dan penerbit.

Festival Literasi Ruang Tengah 2022 ini dijadwalkan berlangsung mulai Sabtu 23 Juli hingga Minggu pekan depan 31 Juli 2022 dengan format acara hybrid.

Selama dua minggu, peserta bisa memilih untuk mengikuti acara dengan hadir langsung di Toko Gramedia Matraman, Jakarta Timur atau bergabung secara daring melalui aplikasi Zoom Cloud Meeting.

"Pada pelaksanaan kedua ini, Ruang Tengah mengambil tema ‘Membaca Asia’ untuk merayakan dunia literasi Asia yang semakin berkembang dan mendapat tempat di hati pembaca, bukan hanya di Indonesia, tapi juga di seluruh dunia," ujar Vice General Manager Gramedia Pustaka Utama Andi Tarigan, Selasa (19/7/2022).

"Di Indonesia sendiri, minat terhadap literatur Asia mengalami peningkatan dalam tiga tahun terakhir. Dari data kami, terdapat sekitar 100 judul buku terbitan negara-negara Asia selain Indonesia yang sudah kami terbitkan sejak 2019, dan banyak di antaranya menjadi bestseller dalam berbagai genre. Jenisnya pun beragam, mulai dari novel, buku-buku nonfiksi, hingga hobi atau keterampilan," sambung dia.

Dijadwalkan akan ada 23 penulis dan tokoh yang mengisi berbagai sesi di Ruang Tengah 2022 ini.

Di deretan penulis internasiona akan hadir Fumio Sasaki, penulis Jepang penggerak gaya hidup minimalisme,yang terkenal dengan bukunya Goodbye Things, Chang Kang-Myoung,penulis novel best seller Pasukan Buzzer asal Korea Selatan, hingga penulis thriller kenamaan Hong Kong Chan Ho-Kei.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Dihadiri Tokoh Indonesia

Seluruh sesi penulis internasional di Festival Literasi Ruang Tengah 2022 akan dipandu oleh tokoh-tokoh Indonesia yang memiliki kaitan dengan buku atau topik yang dibahas.

Mulai dari Pangeran Siahaan hingga Gustika Jusuf-Hatta telah mengkonfirmasi kehadirannya sebagai moderator acara. Pengaturan ini diharapkan dapat memberikan wawasan lebih dalam mengenai literasi Asia dengan tinjauan dari pembaca dalam negeri.

Selain itu, sejumlah penulis dan pegiat literasi Indonesia juga akan membagi wawasan di festival Ruang Tengah tahun ini. Mulai dari Desi Anwar, Najelaa Shihab, Kevindra Soemantri, Santhi H. Serad, Kang Maman, penerjemah karya-karya Asia Gitta Lestari, editor Juliana Tan dan Raya Fitrah, hingga ilustrator Martin Dima akan bergabung untuk membagikan pengalaman mereka terkait karya dan pengalamannya sebagai bagian dari kekayaan literatur Asia.

"Agenda istimewa yang juga menjadi sorotan dari festival Ruang Tengah tahun ini adalah Puisi Konser 100 Tahun Chairil Anwar. Lewat acara puisi konser ini kami ingin mengajak para penikmat puisi dan sastra di Tanah Air untuk mengungkapkan rasa hormatnya kepada pelopor puisi modern Indonesia," ucap Andi.

"Setelah sukses terselenggara di Yogyakarta dan Bali, jadwal berikutnya adalah di Jakarta, pada Selasa 26 Juli 2022 mendatang. Bersama Evawani Chairil Anwar, Gratiagusti Chananya Rompas, Yoshi Fe, Ratih Kumala, Cyntha Hariadi dan Patricia Wulandari, kami mengundang para pembaca untuk hadir di acara ini," jelas dia.

 

3 dari 3 halaman

Tiket yang Dapat Dibeli

Ada dua jenis tiket yang bisa didapatkan pembaca untuk mengikuti festival Ruang Tengah tahun ini, yaitu tiket online dan tiket offline.

Tiket untuk seluruh sesi dijual secara bundling seharga Rp 300.000 dan hanya dibuka sampai Jumat mendatang 22 Juli 2022.

Sementara, tiket satuan per sesi masih akan dijual sampai dengan satu hari sebelum pelaksanaan seharga Rp 150.000.

Seluruh aktivitas pembelian tiket dapat dilakukan di tiga platform: Loket.com https://www.loket.com/event/festival-literasi-ruang-tengah-2022_bUdb, GoTix https://go-tix.id/events/festival-literasi-ruang-tengah-2022-18494, dan MyValue https://www.myvalue.id/event/.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.