Sukses

Penjelasan Wagub DKI Jakarta soal Pelantikan Pj Sekda Batal: Ada Miskom

Pelantikan Pj Sekda DKI Jakarta pada Senin, 18 Juli 2022 kemarin batal digelar. Sebab, Sekda DKI Marullah Matali sudah pulang dari Tanah Suci.

Liputan6.com, Jakarta - Wakil Gubernur (Wagub) DKI Jakarta Ahmad Riza Patria menanggapi soal batalnya rencana pelantikan Pejabat (Pj) Sekretaris Daerah (Sekda) DKI yang dijadwalkan Senin, 18 Juli 2022 kemarin.

Riza menyebut ada miskomunikasi terkait acara pelantikan tersebut. Pasalnya, Sekda DKI Jakarta Marullah Matali sudah kembali ke Tanah Air usai melaksanakan ibadah haji.

"Itu ada miskom, sudah diluruskan ya," kata Riza di Balai Kota, Jakarta Pusat, Senin malam.

"Tidak ada pelantikan, karena yang bersangkutan sudah pulang rupanya. Sekda sudah aktif hari ini," lanjut dia.

Sebelumnya, beredar undangan pelantikan dan pengambilan sumpah Pj Sekda DKI Jakarta yang dijadwalkan Senin, 18 Juli 2022 siang. Namun kegiatan itu batal dilangsungkan.

Dalam undangan yang beredar, ada nama Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan beserta jajaran Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta lainnya. Pelantikan rencananya diadakan di Balairung, Balai Kota Pemprov DKI Jakarta pukul 13.30 WIB, Senin 18 Juli 2022.

Batalnya pelantikan itu dikonfirmasi oleh Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) DKI Jakarta Prasetyo Edi Marsudi. Dia menyebut sudah menerima undangan pelantikan, namun dibatalkan.

"Saya sudah dapat suratnya (undangan pelantikan Sekda DKI Jakarta), tapi tadi pagi saya konfirmasi ke Pak Sekda 'engga jadi, dibatalin," kata Prasetyo dalam keterangannya, Senin (18/7/2022).

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Sigit Ditunjuk Jadi Plh Sekda DKI

Kendati demikian, Prasetyo tidak tahu pasti alasan pelantikan Pj Sekda DKI Jakarta tersebut dibatalkan. Lebih lanjut, dia menyatakan bahwa Sekretaris Daerah DKI Jakarta Marullah Matali sudah pulang dari Tanah Suci.

"Mungkin diperpanjang karena Pak Marullah dipikir masih ada di Tanah Suci, padahal sudah pulang," kata Prasetyo.

Diketahui Asisten Pemerintahan Provinsi (Pemprov) DKI Sigit Wijatmoko memang ditunjuk menjadi Pelaksana Harian (Plh) Sekda DKI Jakarta. Sigit disebut menggantikan Marullah yang sedang menunaikan ibadah haji di tanah suci, Makkah, Arab Saudi.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.