Wagub DKI Jakarta Pastikan JIS Diresmikan 24 Juli 2022

Oleh Muhammad Ali pada 18 Jul 2022, 06:24 WIB
Diperbarui 18 Jul 2022, 06:24 WIB
Jakarta International Stadium
Perbesar
Jakarta International Stadium (JIS). (Shutterstock/bangoland)

Liputan6.com, Jakarta - Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria memastikan peresmian perdana Jakarta International Stadium (JIS) dilaksanakan pada Minggu (24/7/2022).

"Kegiatannya bermacam-macam saat diresmikan 24 Juli," kata Riza Patria di Kemayoran, Jakarta, Minggu 17 Juli 2022, yang dilansir dari Antara.

Selain itu, Riza juga mengungkapkan akan ada pertandingan sepak bola dari Persija Jakarta pada peresmian JIS. Ia juga belum memberikan detail apakah nama stadion itu tetap menggunakan Jakarta International Stadium (JIS) atau menggunakan nama lain.

Beberapa waktu lalu sejarawan JJ Rizal mengusulkan agar nama JIS diganti menggunakan nama tokoh pahlawan nasional, MH Thamrin. Ia bahkan menginisiasi usulan nama itu melalui petisi daring dan hasil petisi tersebut sudah diserahkan kepada Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan yang menyatakan menampung aspirasi tersebut.

Sebelumnya, Pelaksana Harian Sekretaris Daerah DKI Jakarta Sigit Wijatmoko menjelaskan pada peresmian JIS juga akan dimeriahkan hiburan musik.

Namun, ia belum membeberkan detail kegiatan peresmian termasuk musisi yang akan mengisi acara peresmian itu karena masih dimatangkan BUMD DKI yang membangun JIS yakni Jakarta Propertindo (Jakpro).

Sebelumnya, JIS sudah melalui peresmian awal (soft launching) pada 19 April 2022 yang ditandai turnamen International Youth Championship (IYC) 2021.

Awalnya, Pemprov DKI menjadwalkan peresmian stadion berkapasitas 82 ribu tempat duduk itu pada Sabtu, 25 Juni 2022 saat puncak HUT ke-495 DKI. Namun, peresmian itu batal dilakukan oleh Pemprov DKI Jakarta.

Meski belum diresmikan secara perdana, namun JIS sudah digunakan untuk beberapa kegiatan di antaranya hiburan berupa konser musik dan kegiatan keagamaan. Konser musik pada perayaan HUT ke-495 DKI diadakan di JIS dan kegiatan Shalat Idul Fitri dan Shalat Idul Adha diadakan di luar kawasan stadion JIS.

 

** #IngatPesanIbu 

Pakai Masker, Cuci Tangan Pakai Sabun, Jaga Jarak dan Hindari Kerumunan.

Selalu Jaga Kesehatan, Jangan Sampai Tertular dan Jaga Keluarga Kita.

#sudahdivaksintetap 3m #vaksinmelindungikitasemua

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.


Anies Soal Usulan Perubahan Nama

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan memastikan peresmian atau grand launching Jakarta Internasional Stadium (JIS) bakal dilakukan pada akhir Juli 2022 ini.

Namun, dia enggan menyebut tanggal pasti kapan grand launching JIS yang sempat tertunda itu akan dilangsungkan.

"Nanti diumumkan, yang jelas akhir bulan ini," ujar Anies di Lebak Bulus, Jakarta Selatan, Minggu, 10 Juli 2022.

Mantan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) ini juga menolak merespons soal usulan perubahan nama JIS menjadi Stadion MH Thamrin. 

Pasalnya, sejarawan JJ Rizal diketahui menyerahkan petisi ganti nama JIS kepada Anies usai Upacara Perayaan Jakarta Hajatan di Monas pada Rabu, 22 Juni 2022 lalu.

JIS awalnya dijadwalkan bakal grand launching bersamaan dengan perayaan malam puncak HUT DKI atau Jakarta Hajatan ke-495. Namun, peresmian atau grand launching stadion yang menjadi kandang klub sepak bola Persija itu batal digelar.

 


Biaya Perawatan JIS

Direktur Utama PT Jakarta Propertindo (Jakpro) Widi Amanasto juga mengatakan hal yang sama. Sayangnya, Widi juga tidak menjelaskan alasan mengapa peresmian JIS tersebut dibatalkan.

"Enggak. Puncaknya (Jakarta Hajatan) kan tanggal 25 ya," kata Widi di DPRD DKI Jakarta, Jakarta Pusat, Kamis 21 Juni 2022.

Widi sebelumnya mengungkapkan biaya perawatan dan operasional JIS per tahun mencapai kisaran Rp 50 hingga Rp 60 miliar. Angka ini juga mencakup biaya asuransi bangunan JIS.

"Per tahunnya sekitar Rp 50-60 (miliar) itu biaya untuk house keeping, security, mechanical plumbing, ada lampu itu per tahun termasuk utilitas juga asuransi bangunan, itu masuk biaya operasional rutin," ucap Widi, Selasa (28/6/2022).

 

Lanjutkan Membaca ↓

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya