Sukses

392 Jemaah Haji 2022 Asal Kota Tangerang Tiba di Tanah Air

Sebanyak 392 jemaah haji 2022 kloter 2 Kota Tangerang, Banten tiba di Tanah Air pada Sabtu 16 Juli 2022. Hal itu diungkap oleh Wali Kota Tangerang Arief R Wismansyah.

Liputan6.com, Jakarta Sebanyak 392 jemaah haji 2022 kloter 2 Kota Tangerang, Banten tiba di Tanah Air pada Sabtu 16 Juli 2022. Hal itu diungkap oleh Wali Kota Tangerang Arief R Wismansyah.

Arief menyambut kedatangan rombongan jemaah haji di Asrama Haji Pondok Gede dari Bandara Soekarno-Hatta dan langsung diserahterimakan kepada Pemerintah Kota Tangerang.

"Selamat datang kembali ke Tanah Air," kata Arief seperti yang dilansir Antara, Minggu (17/7/2022).

Dia kemudian menyampaikan rasa syukurnya serta ucapan selamat kepada jemaah yang telah menjalankan ibadah haji kurang lebih 40 hari di Tanah Suci.

"Saya atas nama pemerintah dan seluruh masyarakat Kota Tangerang mengucapkan selamat kepada bapak ibu sekalian, semoga ibadah haji yang bapak ibu tunaikan diterima Allah SWT, menjadi haji yang mabrur dan mabruroh," ujar Arief.

Pemerintah Kota Tangerang juga turut berbelasungkawa atas wafatnya satu jemaah haji asal daerah itu selepas menunaikan haji, insyaallah ibadahnya diterima dan husnul khotimah,” ujar Arief.

Wali Kota juga menyampaikan apresiasi dan terima kasih kepada Kementerian Agama beserta seluruh jajaran Panitia Penyelenggara Ibadah Haji, baik Provinsi Banten maupun Kota Tangerang yang telah memfasilitasi proses keberangkatan hingga kepulangan jemaah haji ke Tanah Air.

“Alhamdulillah, semuanya sampai dengan selamat, sehat tanpa kekurangan suatu apapun, ini semua berkat pelayanan terbaik yang diberikan oleh PPIH beserta seluruh jajarannya,” ujarnya.

Sebelum kembali ke daerah masing-masing, seluruh jemaah haji Indonesia dikumpulkan di embarkasi masing-masing wilayah untuk dilakukan tes kesehatan dan pemeriksaan administrasi akhir.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Jemaah Pulang

Seperti diketahui, sebelum kembali ke daerah asalnya masing-masing, seluruh jemaah haji Indonesia dikumpulkan di Embarkasi masing-masing wilayah untuk dilakukan tes kesehatan dan pemeriksaan administrasi akhir.

Sementara, dari data yang diperoleh, ribuan jemaah haji yang tiba pada akhir pekan ini merupakan para jemaah kloter pertama dari 4 embarkasi Jakarta-Pondok Gede, dengan 2 kloter berjumlah 780 jemaah. Lalu, Jakarta-Bekasi 2 kloter berjumlah 818 jemaah.

Kemudian Solo sebanyak 714 jemaah dengan 2 kloter, dan Padang dengan 1 kloter berjumlah 393 jemaah. Dalam kedatangannya di tanah air, untuk embarkasi Jakarta tiba melalui Terminal 2F, Bandara Soekarno-Hatta, Tangerang.

 

3 dari 3 halaman

52 Jemaah Haji Wafat

Jemaah haji Indonesia telah menyelesaikan seluruh rangkaian puncak haji, Arafah, Muzdalifah, dan Mina. Diberangkatkan pada 7 Juli 2022, secara berurutan, jemaah menjalani prosesi wukuf di Arafah, menginap (mabit) di Muzdalifah, serta mabit di Mina.

Selama di Mina, jemaah juga melakukan lontar jumrah Aqabah pada hari pertama, dilanjutkan dengan lontar jumrah Ula, Wustha, dan Aqabah pada dua atau tiga hari berikutnya, hingga 12 Juli 2022.

Berdasarkan Data Siskohat Kementerian Agama, mayoritas jemaah wafat tahun ini disebabkan oleh Cardiovascular Diseases. Dari 52 jemaah yang wafat, tercatat ada 31 jemaah yang wafat karena penyakit ini (jantung). Di urutan berikutnya ada Respiratory Diseases (6 orang) dan Neoplasms (4 orang).

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.