Sukses

Survei Capres 2024 Poligov: Ganjar Tertinggi, Disusul Prabowo dan Ridwan Kamil

Elektabilitas Ganjar Pranowo sebagai capres 2024 tertinggi versi Poligov Startegic Consulting, disusul Prabowo, RK, Anies, dan Sandiaga Uno.

Liputan6.com, Jakarta - Poligov Startegic Consulting menyampaikan hasil surveinya terkait calon presiden (Capres) 2024. Hasilnya, Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo menempati posisi tertinggi dengan elektabilitas mencapai 28,58 persen.

Posisi di bawahnya ada Menteri Pertahanan (Menhan) Prabowo Subianto dan Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil (RK).

“Eletabilitas tokoh tertinggi ditempati oleh Ganjar Pranowo (28,58 persen), Prabowo Subianto (14,5 persen), Ridwan Kamil (11,5 persen),” kata Direktur Eksekutif Poligov, Muhammad Tri Andika dalam keterangannya, Jakarta, Sabtu (16/7/2022).

Sementara itu, Anies Baswedan harus puas di posisi keempat disusul Sandiaga Uno di posisi kelima. “Anies Baswedan (8,42 persen), dan Sandiaga Uno (7,83 persen),” kata Tri.

Poligov juga menyampaikan simulasi 3 pasangan capres-cawapres 2024. Dalam simulasi ini juga melibatkan sejumlah tokoh seperti Ketua DPR Puan Maharani, Menteri BUMN Erick Thohir, Panglima TNI Jenderal Andika Perkasa, dan Ketum PKB Muhaimin Iskandar.

Simulasi pertama untuk 3 pasangan, Ganjar-Erick Thohir memperoleh 39,8 persen diikuti pasangan Anies Baswedan-Andika Perkasa 19,5 persen, dan Prabowo-Muhaimin 14,58 persen.

“Pendukung Ganjar-Erick didominasi pemilih yang menilai ke-Islaman itu netral, sementara Anies- Andika dan Prabowo-Muhaimin didominasi oleh pemilih yang menilai ke-Islaman dengan pandangan sangat penting," kata Tri.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Puan-Ganjar Kalah Telak dari Prabowo-Anies

Sementara simulasi paslon Prabowo-Anies Baswedan apabila head to head dengan Puan Maharani-Ganjar Pranowo, berhasil unggul dengan perolehan 47,92 persen. Sementara Puan-Ganjar kalah telak dengan perolehan 14,17 persen.

“Pada simulasi lain, Pendukung Prabowo-Anies didominasi pemilih yang menilai ke-Islaman itu penting dan sangat penting, sementara Puan-Ganjar didominasi oleh pemilih yang menilai ke-Islaman dengan pandangan netral,” pungkas Tri.

Adapun survei dilakukan terhadap 1200 responden. Pengambilan sample dilakukan dengan teknik multistage random sampling yang dikontrol oleh 30 Koordinator Lapangan pada kurun waktu 3-11 Juli 2022. Margin of error (MoE) sekitar ±3 persen pada tingkat kepercayaan 95 persen.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.