Sukses

Ribuan Jamaah Haji Tiba di Tanah Air, Menko PMK Pastikan Tak Ada Karantina

Sebanyak 2.705 jamaah haji tiba di Tanah Air mulai Jumat (15/7/2022) malam hingga Sabtu (16/7/2022).

Liputan6.com, Jakarta - Sebanyak 2.705 jamaah haji tiba di Tanah Air mulai Jumat (15/7/2022) malam hingga Sabtu (16/7/2022).

Dari data yang diperoleh, para jemaah merupakan kloter pertama dari 4 embarkasi Jakarta-Pondok Gede, dengan 2 kloter berjumlah 780 jamaah. Lalu, Jakarta-Bekasi 2 kloter berjumlah 818 jamaah.

Kemudian Solo sebanyak 714 jamaah dengan 2 kloter, dan Padang dengan 1 kloter berjumlah 393 jamaah. Dalam kedatangannya di tanah air, untuk embarkasi Jakarta tiba melalui Terminal 2F, Bandara Soekarno-Hatta, Tangerang.

Pada kesempatan itu, sejumlah menteri pun turut hadir menyambut para tamu Allah, di Bandara Soetta. Di antaranya yakni Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, dan Menko PMK Muhadjir Effendy.

Menko PMK Muhadjir Effendy mengatakan, saat tiba di Indonesia, para jamaah haji tidak lagi melakukan karantina Covid-19.

"Pemerintah memastikan tidak ada karantina setelah kedatangan, jadi sekali lagi tidak ada karantina," katanya, Sabtu (16/7/2022).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Jaga Prokes

Kendati demikian, kondisi kesehatan para jemaah haji yang baru tiba di Tanah Air pun, menjadi perhatian pemerintah. Makanya, para jemaah wajib untuk tetap menjaga protokol kesehatan dan beristirahat yang cukup.

"Kesehatan mereka jadi perhatian kami, dan nanti kalau jamaah terdeteksi demam di atas 37 derajat, langsung berkoordinasi dengan satgas Covid-19 untuk penanganan," ujar Muhandjir.

Sementara itu sebelumnya, Pelaksanaan harian (Plh) Senior Manager of Branch Communication & Legal Bandara Soetta, Candra Ananda mengatakan, seluruh penjemput di arahkan ke Asrama Haji Pondok Gede.

Yang mana, pada alur kepulangan, para jemaah pun akam diarahkan untuk langsung menuju bus yang akan membawa mereka ke asrama haji.

"Jamaah landing (mendarat) di Bandara Soetta, Terminal 2F, lalu masuk ke terminal untuk proses Imigrasi. Setelah selesai, jamaah kembali ke bus di sisi udara (Apron) dan langsung ke luar melalu pintu apron timur dan bus menuju ke asrama haji," ujarnya.

3 dari 3 halaman

Pemeriksaan

Para jemaah pun nantinya akan melakukan sejumlah pemeriksaan di terminal, seperti proses administrasi imigrasi, serta cek kesehatan oleh Kantor Kesehatan Bandara Soetta.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.