Jemaah Haji Wafat di Tanah Suci, Pemakaman Diurus Pihak Maktab

Oleh Mevi Linawati pada 15 Jul 2022, 15:00 WIB
Diperbarui 15 Jul 2022, 15:00 WIB
terowongan Mina
Perbesar
Jemaah haji saat akan melaksanakan melontar jumrah di jamarat. (Dok MCH)

Liputan6.com, Jakarta Sebanyak 52 jemaah haji Indonesia dilaporkan meninggal dunia hingga Jumat (15/7/2022).

Adapun, pemakaman jemaah yang wafat di Tanah Suci, akan ditangani langsung oleh pihak maktab.

Ketua Panitia Penyelenggaraan Ibadah Haji (PPIH) Arab Saudi Arsad Hidayat menerangkan, untuk pemakaman jemaah yang meninggal di Arab Saudi, dimakamkan berdasarkan lokasi tempat meninggal.

"Ketika di Madinah di Madinah, ketika di Makkah di Makkah. Dan biasanya pengurusannya langsung dari pihak maktab. Jadi kita melaporkan ke pihak maktab nanti pihak maktab langsung akan mengurus mulai dari pemandian, kain kafan, menyolati bahkan sampai penguburan," kata Arsad di Makkah.

Arsad mengatakan, nantinya PPIH akan mengirimkan surat pemberitahuan resmi mengenai kematian tersebut kepada keluarga.

"Karena terkait dengan banyak hal, pengurusan apakah misalnya kalau meninggal sebelum Wukuf kan harus ada badal haji. Nah itu saya kira penting sekali," kata dia.

 

**Gempa Cianjur telah meluluhlantakkan Bumi Pasundan, mari bersama-sama meringankan penderitaan saudara-saudara kita di Cianjur dengan berdonasi melalui: rekening BCA No: 500 557 2000 A.N Yayasan Pundi Amal Peduli Kasih. Bantuan akan disampaikan dalam bentuk sembako, layanan kesehatan, tenda, dll. Kepedulian kita harapan mereka.


Barang Bawaan

Mengenai barang bawaan jemaah yang meninggal, dititipkan kepada petugas kloter yang ada di kloternya.

Barang nanti bisa dibawa petugas kloter untuk disampaikan kepada pihak keluarganya.

"Jadi pastikan mungkin jika ada informasi seperti itu segera melaporkan kepada petugas kloter biar petugas kloter bisa membawa dan menyampaikan kepada keluarganya yang ada di Indonesia," tandas Arsad.

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya