Sukses

Jokowi Dianggap Berhasil Tingkatkan Pertumbuhan Ekonomi Syariah

Sejumlah kebijakan ekonomi syariah yang dikeluarkan Presiden Jokowi dinilai mendorong hadirnya sebuah kemajuan.

Liputan6.com, Jakarta - Sejumlah kebijakan ekonomi syariah yang dikeluarkan Presiden Joko Widodo atau Jokowi dinilai mendorong hadirnya sebuah kemajuan. Kondisi ini semakin menegaskan komitmen pemerintah menjadikan Indonesia sebagai pusat ekonomi syariah dunia.

Dekan Fakultas Syariah dan Hukum Universitas Islam Negeri (UIN) Jakarta, Ahmad Tholabi Kharlie menyampaikan, perkembangan ekonomi syariah di Indonesia terus mengalami peningkatan. Hal ini terjadi terutama di era kepemimpinan Presiden Jokowi.

Dia mengatakan, berbagai kebijakan pemerintahan Jokowi yang diluncurkan telah berhasil menaikkan pertumbuhan di sektor tersebut. Sehingga dampak positif yang dihadirkan begitu terasa bagi kemajuan perekonomian bangsa.

“Ekonomi syariah di Indonesia saya kira sangat berpeluang untuk posisinya terus membaik,” ujar Tholabi dalam keterangan tertulisnya, Kamis (14/7/2022).

Apalagi, dia menambahkan, Indonesia memiliki banyak modal besar untuk membuat sektor ekonomi syariah menjadi lebih maju lagi. Hal itu dikarenakan mayoritas penduduk Indonesia beragama Islam.

Menurut Tholabi, faktor itu bisa yang harus dimanfaatkan dengan maksimal potensinya. Terlebih sektor ini turut didukung oleh Wakil Presiden (Wapres) Ma’ruf Amin yang juga sebagai Ketua Harian Komite Nasional Ekonomi dan Keuangan Syariah.

“Potensi yang ada ini seperti potensi penduduk muslim terbesar di dunia dan kepemimpinan yang dipegang Kiai Ma’ruf yang notabene jadi ikon ekonomi syariah,” kata Tholabi membeberkan.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Ekonomi Syariah Indonesia Diharap Jadi Top Dunia

Lebih jauh, dia berharap dengan hadirnya beragam potensi besar yang telah ada saat ini, Presiden Jokowi dapat menjadikan sektor ekonomi syariah Indonesia berada di posisi teratas dunia.

“Sangat potensial Indonesia maju dalam pengembangan ekonomi syariah. Bahkan kita harapkan ke depan Indonesia menjadi top dunia dalam konteks ekonomi syariah ini,” ucap Tholabi memungkasi.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.