Sukses

Respons Wagub DKI soal Viral Pernikahan Anak Anggota DPRD di Setu Babakan

Wagub DKI Jakarta Ahmad Riza ikut berkomentar mengenai viralnya pesta pernikahan anak dari anggota DPRD DKI Jakarta dari Fraksi Gerindra, Purwanto yang diggelar di mewah Zona A Setu Babakan.

Liputan6.com, Jakarta - Wakil Gubernur (Wagub) DKI Jakarta Ahmad Riza Patria turut berkomentar mengenai viral pesta pernikahan mewah anak anggota DPRD DKI Jakarta dari Fraksi Gerindra, Purwanto yang digelar di Zona A Setu Babakan, Jakarta Selatan.

Respons Riza terkait adanya imbauan pengendara lalu lintas menuju Jalan RM Kahfi II, Srengseng Sawah, Jakarta Selatan agar mencari jalur alternatif, pada Sabtu, 16 Juli 2022 mendatang. Imbauan ini sebagai antisipasi kepadatan lalu lintas yang berpotensi terjadi akibat adanya pesta pernikahan anak anggota DPRD DKI Jakarta Purwanto di Setu Babakan.

Menurut Riza, imbauan tersebut bukan sebagai penutupan jalan. Hanya saja sebagai informasi bagi pengendara yang sedang terburu-buru agar tidak terjebak kepadatan kendaraan para tamu undangan.

"Jadi resepsinya bukan di jalan, tapi di Setu Babakan," ujar Riza saat ditemui di Mal Sarinah, Jakarta Pusat, Kamis (14/7/2022).

Riza Patria yang juga politikus Partai Gerindra ini menambahkan, dengan mempertimbangkan jumlah undangan yang cukup banyak, maka perlu ada koordinasi dengan otoritas setempat agar pesta pernikahan tidak mengganggu kondisi sekitar.

"Untuk itu perlu dikoordinasikan dengan kelurahan setempat agar acara tersebut bisa terlaksana dengan baik, tidak mengganggu lingkungan setempat," katanya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Penjelasan Anggota DPRD DKI Purwanto

Anggota DPRD DKI Jakarta Purwanto mengatakan tidak akan ada penutupan jalan saat resepsi pernikahan anaknya pada Sabtu, 16 Juli 2022 mendatang. Hal itu disampaikan menyusul viral surat edaran berisi pernyataan yang mengimbau warga untuk tidak melintas di Jalan Moch Kahfi II, Jagakarsa, atau di depan Setu Babakan, Jakarta Selatan.

"Jadi saya tegaskan tidak ada penutupan jalan. Narasi yang disampaikan camat kepada para lurah dan RT sifatnya imbauan, pemberitahuan bahwa akan ada acara dan kemungkinan akan mengalami potensi hambatan di perjalanan," kata Purwanto kepada wartawan, Rabu, 13 Juli 2022.

Purwanto menjelaskan surat edaran tersebut disampaikan oleh Camat sebagai informasi kepada masyarakat sekitar. Dengan tujuan agar masyarakat tidak mengalami hambatan perjalanan saat melintas di lokasi acara.

"Untuk menghindari potensi hambatan tersebut, warga bisa mengambil alternatif lain, dikhawatirkan mereka harus terburu-buru ke lokasi tujuan," kata dia.

"Dalam pelaksanaan acara nanti kami sudah koordinasi dengan Dishub, lantas kita sepakat dan saya juga tidak mau ada penutupan jalan," lanjut Purwanto.

3 dari 3 halaman

Purwanto Koordinasi dengan Dishub DKI

Politisi Gerindra ini mengatakan selain telah berkoordinasi dengan Dinas Perhubungan (Dishub) untuk tidak melakukan penutupan jalan, pihaknya juga akan menggelar aksi simpatik dengan mengarahkan pengguna jalan yang melintas.

"Kami akan melakukan aksi simpatik dengan mengarahkan pengguna jalan yang tetap melintas di sana untuk berhati-hati dan sedikit bersabar. Kemudian kami berikan aksi simpatik berupa pemberian bunga mawar kepada pengguna jalan," jelas dia.

Selain itu, Purwanto menyebut pihaknya juga melakukan langkah preventif dengan memasang banner yang disebar ke sejumlah titik.

"Kami sudah melakukan preventif dengan melakukan imbauan kepada warga melalui banner yang kami sebar di 20 titik, supaya diantisipasi oleh warga bahwa kegiatan tersebut akan menimbulkan potensi macet dan gangguan aktivitas," katanya.

Purwanto mengungkapkan hajatan anaknya akan diadakan sekampung dengan budaya Betawi. Hajatan ini mengundang lebih kurang 6.000 orang. 

 

Reporter: Yunita Amalia

Sumber: Merdeka.com

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.