Sukses

Momen Prabowo Kembali Dampingi Jokowi Kala Melantik Perwira TNI-Polri

Sebelumnya, Prabowo diketahui tampak mendampingi Jokowi saat Salat Idul Adha 1443 H di Masjid Istiqlal Jakarta.

Liputan6.com, Jakarta - Menteri Pertahanan (Menhan) Prabowo Subianto kembali mendampingi Presiden Joko Widodo atau Jokowi dalam pelantikan dan pengambilan sumpah para calon perwira remaja (capaja) TNI dan Polri yang berjumlah 754 orang dalam Prasetya Perwira (Praspa) TNI-Polri tahun 2022 di Istana Negara Jakarta.

Sebelumnya, Prabowo juga tampak mendampingi Jokowi saat Salat Ied di Masjid Istiqlal Jakarta pada momentum Hari Raya Idul Adha 1443 H.

Melalui foto yang beredar, Menhan Prabowo tampak melekat di sisi Presiden Jokowi. Prabowo mengenakan setelan jas berwarna abu-abu serta peci hitam dan berdasi biru.

Prabowo juga terlihat melakukan obrolan dengan Jokowi di sela-sela momen pelantikan tersebut. Dalam momen itu, turut hadir Kapolri Jenderal Listyo Sigit dan Panglima TNI Jenderal TNI Andika Perkasa.

Seperti diketahui, lewat pidatonya, Jokowi mengingatkan para perwira muda agar senantiasa menjaga kehormatan diri sebagai Perwira TNI-Polri, dan senantiasa berdiri di garda terdepan untuk mengawal Pancasila serta NKRI.

"Jadilah pemimpin yang berkarakter, menjadi sumber inspirasi dan teladan, mengedepankan integritas serta kepentingan negara di atas segala-galanya, mengasah kualitas dan profesionalisme diri," kata kepala negara saat pelantikan, seperti dikutip dari kanal daring Sekretariat Presiden, Kamis (14/7/2022).

Selain itu, pada momen tersebut Jokowi juga mendorong perwira TNI-Polri dapat menjadi pemimpin yang berkarakter, menjadi sumber inspirasi dan teladan, mengedepankan integritas dan kepentingan negara di atas segala-galanya.

"Asah kualitas dan profesionalisme diri, jaga nilai-nilai sapta marga, sumpah prajurit, delapan wajib TNI, Tri Brata dan Catur Prasetya Polri, mengabdi untuk pancasila UUD 1945, NKRI dan Bhineka Tunggal Ika," Jokowi menandasi.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Keppres RI Nomor 44/TNI/2022

Dari 754 capaja TNI dan Polri yang dilantik, sebanyak 292 perwira remaja dari TNI AD, 107 TNI AL, 109 TNI AU dan 246 perwira remaja Polri.

Sebagai informasi, pelantikan para perwira TNI berdasarkan Keputusan Presiden (Keppres) RI Nomor 44/TNI/2022 tentang Pengangkatan Taruna-Taruni Akademi Tentara Nasional Indonesia. Sedangkan, bagi para perwira Polri berdasarkan Keppres Nomor 45/Polri/2022 tentang Pengangkatan Taruna-Taruni Akademi Kepolisian.

Melalui amanatnya, Jokowi mengingatkan adanya peran orangtua di balik kesuksesan para perwira yang terus mendoakan dengan ketulusan.

"Kehormatan yang saudara raih hari ini bukan lah hasil jerih payah saudara sendiri. Tanpa pengorbanan dari para orang tua saudara tanpa dukungan negara, saudara bukanlah siapa-siapa," kata Jokowi seperti dikutip Liputan6.com dari Youtube Sekretariat Presiden, Kamis (14/7/2022).

Jokowi meminta, kepada perwira TNI-Polri untuk bisa berjanji untuk terus dapat berdarma bakti kepada orang tua masing-masing atas nama bangsa dan negara.

"Saudara kesatria yang perkasa berjanjilah kepada ibu pertiwi untuk memberikan yang terbaik untuknya. Berbaktilah kepada orang tua untuk memohon restunya," tegas kepala negara.

Terakhir, Jokowi menutup amanatnya dengan ucapan selamat bertugas kepada para perwira TNI-Polri dan senantiasa menjaga kehormatan mereka dalam mengawal Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

 

3 dari 3 halaman

Cerita Dua Perwira TNI Kembar yang Dilantik Bareng oleh Jokowi

Sementara itu, dari 754 perwira remaja TNI dan Polri yang dilantik hari ini di Istana Kepresidenan, Kamis (14/7/2022),  da dua saudara kembar yang ikut dilantik sebagai perwira TNI, dia adalah Afla Adhar Hendartyo dan Aufa Azhar Hendartyo. 

Afla Adhar Hendartyo merupakan perwira Angkatan Udara, sementara saudaranya Aufa Azhar Hendartyo, perwira Akademi Angkatan Darat.

Dua saudara kembar ini terlihat kompak, mereka menghabiskan masa pra sekolah, SD, SMP dan SMA selalu bersama di sekolah yang sama. Selama 18 tahun awal hidup mereka selalu bersama.

Ibunda si kembar, Heni Hariyanto bercerita, lulus SMA, mereka berdua mendaftar ke akademi militer, dan mulailah mereka berpisah. Karena yang satu masuk ke Akademi Militer satu lagi ke Akademi Angkatan Udara.

"Lolos seleksi masuk, keduanya memulai pendidikan sebagai calon abdi negara di Akmil, magelang," ucap Heni. 

Selesai masa intergasi di Magelang, barulah Afla dan Aufa dipisahkan jarak dan waktu cukup jauh. Aufa yang taruna Akmil, mendapat tugas belajar di NDA Jepang, sementara Afla di AAU menjalankan pendidikan di Bumi Meguwo, Yogyakarta.

Khusus untuk Aufa yang sekolah di NDA Jepang, Aufa berhasil meraih prestasi yang membanggakan bagi TNI dan juga Indonesia. Aufa menjadi orang pertama di luar Jepang yang menjuarai Kejuaran Shorinji kempo Tingkat Nasional di jepang. Sebuah prestasi yang tidak mudah didapat orang luar non Jepang.

Dua perwira kembar ini bukan berasal dari keluarga militer, seperti lulusan akademi kebanyakan. Ayahnya karyawan swasta, ibunya ibu rumah tangga.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Presiden Jokowi hibur anak-anak dengan atraksi sulap di peringatan Hari Anak Nasional, di Pekanbaru, Riau.
    Joko Widodo merupakan Presiden ke-7 Indonesia yang memenangi Pemilihan Presiden bersama wakilnya Jusuf Kalla pada 2014

    Jokowi

  • H. Prabowo Subianto Djojohadikusumo adalah seorang pengusaha, politisi, dan mantan perwira TNI Angkatan Darat.
    H. Prabowo Subianto Djojohadikusumo adalah seorang pengusaha, politisi, dan mantan perwira TNI Angkatan Darat.

    Prabowo

  • H. Prabowo Subianto Djojohadikusumo adalah seorang pengusaha, politisi, dan mantan perwira TNI Angkatan Darat.
    H. Prabowo Subianto Djojohadikusumo adalah seorang pengusaha, politisi, dan mantan perwira TNI Angkatan Darat.

    Prabowo Subianto

  • Tentara Nasional Indonesia (disingkat menjadi TNI) adalah nama untuk angkatan bersenjata dari negara Indonesia.
    Tentara Nasional Indonesia (disingkat menjadi TNI) adalah nama untuk angkatan bersenjata dari negara Indonesia.

    TNI

  • Polri