Sukses

Puan Dorong Koperasi Adaptif Ikuti Kemajuan Zaman

Ketua DPR RI Puan Maharani menilai, kehadiran koperasi oleh pendiri bangsa bertujuan untuk mendongkrak perekonomian rakyat.

Liputan6.com, Jakarta - Ketua DPR RI Puan Maharani menilai, kehadiran koperasi oleh pendiri bangsa bertujuan untuk mendongkrak perekonomian rakyat. Dia berharap koperasi bisa terus berkembang di tengah kemajuan zaman.

"Saya berharap agar Koperasi Indonesia tidak boleh tertinggal kereta kemajuan zaman,” kata Puan via daring saat peringatan Hari Koperasi ke-75 yang diselenggarakan oleh Dewan Koperasi Indonesia di Bali, seperti dikutip dari siaran pers tertulis, Kamis (14/7/2022).

Peringatan Hari Koperasi Nasional 2022 mengangkat tema ‘Transformasi Koperasi Untuk Ekonomi Berkelanjutan’. Puan berharap, ada upaya untuk membuat koperasi selalu relevan dengan tantangan zaman terbaru mengingat ekonomi saat ini sudah berkembang begitu cepat dan bentuk-bentuknya pun semakin kompleks.

“Dulu perkembangan ekonomi banyak yang berbasis pada sumber daya alam. Kemudian kita melihat pesatnya perkembangan ekonomi digital seperti berbagai start-up yang menjadi kantung baru pertumbuhan,” sebut Puan. “Lalu sekarang pun ekonomi digital juga sedang mengalami penyesuaian dan dunia seperti sedang menanti bentuk ekonomi yang berikutnya akan seperti apa,” imbuh Puan.

Mantan Menko PMK itu menilai, Koperasi harus menjadi lokomotif kemajuan ekonomi bangsa agar tidak ketinggalan kereta kemajuan zaman. Apalagi, sebut Puan, jumlah koperasi di Indonesia selalu meningkat setiap tahunnya dengan jumlah totalnya per tahun 2021 mencapai 127.846 (data BPS). “Koperasi Indonesia harus bisa cepat beradaptasi, gesit, kreatif, inovatif, dan tidak takut bersaing dengan pelaku ekonomi lainnya,” tegas Cucu Proklamator RI Bung Karno tersebut.

Puan meyakini, koperasi menjadi usaha bersama untuk mewujudkan kemakmuran. Selain itu, koperasi tumbuh dari gerakan kebangsaan sesuai usaha bersama berdasarkan asas kekeluargaan. Puan juga mengamini, hadirnya koperasi turut menjadi medium yang mendidik bangsa untuk dapat percaya pada kekuatan sendiri.

"Koperasi tumbuh di atas kejujuran, kesukarelaan, tolong menolong, dan gotong royong, Koperasi menjadi kekuatan untuk menempa ekonomi rakyat yang lemah menjadi kuat,” pungkas putri Megawati ini.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Hari Koperasi Nasional Ke-75

Diketahui, Dewan Koperasi Indonesia (Dekopin) menyelenggarakan peringatan Hari Koperasi Ke-75 bertempat di Bali

Dalam rangkaiannya, Dekopin secara bersama-sama melakukan ziarah sekaligus doa bersama sebagai bentuk penghormatan kepada Bung Hatta selaku Proklamator Bangsa sekaligus Bapak Koperasi Indonesia.

Bertempat di TPU Tanah Kusir, Bintaro, Jakarta Selatan pada Kamis 7 Juli 2022, kegiatan ini juga turut dihadiri secara langsung oleh Staff Khusus Menteri Koperasi dan UMKM, Agus Santoso bersama dengan jajaran pengurus Dekopin, Dekopinwil, dan Dekopinda.

"Kita juga melakukan tahlil agar arwah beliau diterima oleh Allah Subhana Wa Ta'ala, agar dosanya diampuni dan api perjuangannya dapat kami lanjutkan sebagai gerakan koperasi. Agar gerakan koperasi di Indonesia dapat kembali menjadi mainstream dalam kebijakan pemerintah Indonesia," kata Ketua Umum Dekopin, Sri Untari Bisowarno.

Untari memaparkan, bahwa kegiatan ziarah dan doa bersama kepada almarhum Bung Hatta menjadi rangkaian awal kegiatan peringatan Hari Koperasi Nasional ke-75. Yang selanjutnya pada tanggal 13 hingga 17 Juli 2022, peringatan Harkopnas akan difokuskan di Provinsi Bali.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.