Sukses

Bagikan Migor Sambil Kampanye, Moeldoko Beri Pesan Penting ke Zulhas

KSP Moeldoko memberikan pesan penting terhadap Menteri Perdagangan Zulkifli Zulhas yang mengkampanyekan anaknya, Futri Zulya Savitri saat membagikan minyak goreng alias migor di Lampung.

Liputan6.com, Jakarta Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko memberikan pesan penting terhadap Menteri Perdagangan (Mendag) Zulkifli Hasan (Zulhas) yang beberapa waktu lalu kedapatan mengkampanyekan anaknya, Futri Zulya Savitri saat membagikan minyak goreng alias migor di Lampung.

Moeldoko pun mengingatkan bahwa Presiden Joko Widodo atau Jokowi telah meminta semua menteri di kabinet untuk fokus memberikan pelayanan kepada masyarakat.

"Presiden selalu menekankan para menteri harus concern untuk memberikan pelayanan kepada publik," jelas Moeldoko kepada wartawan di Gedung Krida Bhakti Jalan Veteran III Jakarta, Kamis (14/7/2022).

Mantan Panglima TNI ini juga menyampaikan Presiden Jokowi selalu mengingatkan para menteri bahwa dunia saat ini dihadapi oleh situasi yang luar biasa atau extraordinary. Sehingga, para menteri pun diminta bekerja dengan cara yang extraordinary.

"Instruksi presiden sudah sangat jelas. Bukan hanya kemarin, tapi jauh sebelumnya presiden selalu menegaskan bahwa situasi sekarang adalah situasi yang tidak biasa, situasi yang harus disikapi lebih dari extraordinary karena memang situasi global seperti itu mempengaruhi kondisi dalam negeri," jelas dia.

Kendati demikian, Moeldoko enggan menjawab pertanyaan awak media, terkait apakah Presiden Jokowi sudah memberikan menegur dan memberi peringatan langsung kepada Ketua Umum Partai Amaanat Nasional (PAN) terkait kejadian tersebut.

"Saya tidak berbicara perorangannya tapi lebih pada penekanan presiden kepada seluruh menteri," tutur Moeldoko.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Presiden Jokowi Tegur Zulhas

Presiden Joko Widodo atau Jokowi meminta Menteri Perdagangan (Mendag) Zulkifli Hasan (Zulhas) untuk fokus bekerja. Hal ini disampaikan Jokowi menanggapi sikap Zulhas yang meminta warga memilih anaknya saat membagikan minyak goreng gratis di Lampung beberapa waktu lalu.

Jokowi mengingatkan Zulhas untuk fokus menjalankan tugas yang diperintahkannya. Salah satunya, menurunkan harga minyak goreng menjadi Rp 14.000 per liter.

"Ya saya minta semua menteri fokus bekerja. Kalau Menteri Perdagangan yang paling penting urus seperti yang saya tugaskan kemarin, bagaimana menurunkan harga minyak goreng menjadi 14.000 atau di bawah 14.000. Paling penting itu, tugas dari saya itu," jelas Jokowi kepada wartawan di Pasar Sukamandi, Kabupaten Subang, Selasa 12 Juli 2022.

Dia mengingatkan bahwa tugas Mendag mengunjungi pasar-pasar adalah untuk mengecek harga minyak goreng dan bahan pangan lainnya. Jokowi pun menyampaikan harga minyak goreng harus dipastikan berada di angka Rp 14.000 atau lebih murah.

"Jadi ke pasar-pasar adalah dalam rangka mengecek, saya pun sama mengecek minyak goreng utamanya ini yang kita cek itu minyak curah lho ya," jelasnya.

3 dari 3 halaman

PAN Klaim Acara Partai

PAN Klaim Acara PartaiAnggota Komisi VI DPR RI Fraksi PAN Intan Fauzi menyebut, Zulkifli Hasan ke Lampung sebagai ketua umum PAN. Acara tersebut juga merupakan acara partai.

"Mendag ke lampung murni kapasitas partai, sebagai ketua umum PAN, dan acaranya dilakukan Sabtu di hari libur, bukan sebagai Mendag," katanya.

Menurut Intan, minyak goreng yang dibeli juga dari distributor. Anak Zulhas, Futri Zulya Savitri merogoh kocek pribadi untuk dibagikan ke ibu-ibu untuk bentuk dukungan kepada perempuan.

"Jadi, minyak goreng memang dari distributor dan dibagikan gratis kepada ibu-ibu sebagai bentuk kepedulian di tengah melonjaknya harga-harga barang," ujar Intan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.