Sukses

Kemenag: Angka Kematian Jemaah Haji 2022 dapat Ditekan, Ini Kerja Super Tim

Sekretaris Jenderal (Sekjen) Kementerian Agama yang juga anggota Amirul Hajj, Nizar Ali menyatakan, tim kesehatan telah melakukan tugasnya dengan baik sehingga angka kematian jemaah haji 2022 dapat ditekan.

Liputan6.com, Jakarta - Sekretaris Jenderal (Sekjen) Kementerian Agama yang juga anggota Amirul Hajj, Nizar Ali menilai tim kesehatan telah melakukan tugasnya dengan baik sehingga angka kematian jemaah haji 2022 dapat ditekan.

"Ini luar bisa, ini kerja super tim. Ini kerja tim kesehatan betul betul melakukan tugas sehingga menekan angka kematian. Ini kerja keras tim kesehatan dengan kolaborasi sesuai dengan porsi masing-masing," kata Nizar Ali di Kantor Kesehatan Haji Indonesia (KKHI) Makkah, Selasa (21/7/2022).

Nizar menyambangi KKHI untuk memantau kondisi jemaah yang dirawat pasca puncak ibadah haji di Arafah, Muzdalifah, dan Mina (Armuzna). Dia memberi motivasi serta semangat secara langsung agar jemaah yang sakit diberi kesembuhan.

"Pertama kita butuh data yang konkret terkait kondisi kesehatan jemaah haji dan ingin memberi motivasi ke penderita agar punya optimisme agar segera sembuh," kata dia.

Nizar pun mengapresiasi Kementerian Kesehatan yang sudah melakukan persiapan persiapan haji. Diharapkan kinerja mendatang akan jauh lebih baik lagi dengan konsolidasi dan koordinasi dengan sejumlah pihak.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Jumlah Jemaat Wafat

Sebelumnya, Kepala Satuan Operasional (Kasatop) Arafah, Muzdalif, dan Mina (Armuzna) Nasrullah Jasam mengatakan, 14 jemaah wafat selama fase puncak haji sejak 8 Zulhijah 1443 H atau 7 Juli 2022. Dengan demikian, total jemaah haji Indonesia yang wafat sejak awal keberangkatan pada 4 Juni 2022 hingga hari ini berjumlah 41 orang.

Nasrullah mengatakan, 14 jemaah yang wafat terdiri dari satu jemaah wafat di KKHI Arafah, enam jemaah wafat di KKHI Makkah, dan tujuh jemaah wafat di KKHI Mina.

"Jika disandingkan dengan angka kematian pada hari yang sama untuk lima tahun terakhir, saat ini adalah yang paling sedikit. Angka penurunannya sangat signifikan," kata Nasrullah, Senin 11 Juli 2022.

3 dari 3 halaman

Data Jemaah Wafat

Berdasarkan data Sistem Informasi dan Komputerisasi Haji Terpadu (Siskohat), hingga hari ke-38 operasional haji di tahun 2015 misalnya, ada 380 jemaah wafat. Sementara pada 2016, ada 149 jemaah wafat.

Tiga tahun berikutnya, angka kematian pada 2017 ada 274 jemaah, pada 2018 ada 154 orang dan 2019 ada 151 jemaah.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.