Sukses

Top 3 News: Ganjil Genap di 26 Titik Jakarta, Selasa 12 Juli 2022

Kembali berlakunya aturan ganjil genap (GaGe) pada Selasa 12 Juli 2022 di sejumlah ruas jalan Jakarta.

Liputan6.com, Jakarta - Top 3 news hari ini terkait kembali berlakunya aturan ganjil genap (GaGe) pada Selasa 12 Juli 2022 di sejumlah ruas jalan Jakarta.

Tidak seluruh ruas jalan, kini ada total 26 titik ganjil genap Jakarta, sebelumnya hanya ada 13 wilayah. Penerapan aturan ganjil juga sejalan dengan perpanjangan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat atau PPKM Jawa Bali mulai 5 Juli sampai 1 Agustus 2022.

Sanksi tilang pun kini juga telah diterapkan di keseluruhan 26 wilayah titik ganjil genap Jakarta sejak Senin 13 Juni 2022 lalu, usai sosialisasi pada Senin 6 Juni hingga Minggu 12 Juni 2022.

Kemudian, insiden adu tembak antaranggota polisi terjadi pada Jumat 8 Juli 2022 di rumah dinas pejabat Polri kawasan Duren Tiga, Pancoran, Jakarta Selatan (Jaksel). Kejadian berlangsung di rumah dinas Kadiv Propam Polri Irjen Ferdy Sambo.

Akibat insiden berdarah tersebut, salah satu anggota polisi yang bertikai yakni Brigadir J tewas. Kabar ini telah dibenarkan Karo Penmas Divisi Humas Polri Brigjen Ahmad Ramadhan.

Menurut Ahmad, kedua anggota polisi Brigadir J dan Bharada E beradu tembakan di dalam rumah dinas. Ahmad menyebut, bidikan Bharada E lantas mengenai Brigadir J hingga mengakibatkan meninggal dunia. Kasus tersebut kini ditangani oleh Divisi Propam Polri dan Polres Jakarta Selatan.

Berita terpopuler lainnya di kanal News Liputan6.com adalah soal sikap Ketua Umum Partai Amanat Nasional yang juga Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan disorot publik, tak terkecuali Presiden Joko Widodo atau Jokowi.

Sikap tersebut ketika Mendag Zulhas mengkampanyekan anaknya Futri Zulya Savitri saat membagikan gratis minyak goreng curah bermerek Minyakita.

Momen Zulhas berkampanye untuk anaknya itu terjadi saat Ketum PAN itu terjun langsung ke Pasar Murah, Teluk Betung, Bandar Lampung pada Sabtu, 9 Juli 2022.

Kepada warga, Zulhas menjanjikan kegiatan serupa akan digelar dua bulan sekali. Asalkan para warga memilih putri sulungnya itu yang kemungkinan menjadi caleg 2024.

Berikut deretan berita terpopuler di kanal News Liputan6.com sepanjang Selasa 12 Juli 2022:

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

1. Catat 26 Titik Ganjil Genap Jakarta Berlaku Hari Ini Selasa 12 Juli 2022

Skema peraturan ganjil genap di DKI Jakarta. Tak seluruh ruas jalan, hanya sejumlah wilayah yang menerapkan aturan tersebut, termasuk pada hari ini, Selasa 12 Juli 2022.

Semula, hanya ada 13 titik ganjil genap Jakarta. Namun usai perluasan 13 wilayah terjadi, kini total ada 26 titik ganjil genap di Ibu Kota Jakarta.

Selain itu, penerapan aturan ganjil ini juga seiring dengan perpanjangan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat atau PPKM Jawa Bali mulai 5 Juli sampai 1 Agustus 2022.

Perpanjangan PPKM Jawa Bali ini melalui Inmendagri Nomor 33 Tahun 2022 dan perpanjangan PPKM Luar Jawa Bali melalui Inmendagri Nomor 34 Tahun 2022.

Sanksi tilang pun kini juga telah diterapkan di keseluruhan 26 wilayah titik ganjil genap Jakarta sejak Senin 13 Juni 2022 lalu, usai sosialisasi pada Senin 6 Juni hingga Minggu 12 Juni 2022.

Sama seperti hari-hari sebelumnya, jadwal aturan penerapan gage di jalanan Jakarta terbagi dalam dua sesi. Pada pagi hari dimulai pada pukul 06.00 WIB-10.00 WIB. Sementara sore hari berlaku pada pukul 16.00 WIB-21.00 WIB.

 

Selengkapnya...

3 dari 4 halaman

2. Enam Fakta Adu Tembak Polisi di Rumah Dinas Kadiv Propam Polri

Insiden adu tembak antaranggota polisi terjadi pada Jumat 8 Juli 2022 di rumah dinas pejabat Polri kawasan Duren Tiga, Pancoran, Jakarta Selatan (Jaksel). Insiden ini terjadi di rumah dinas Kadiv Propam Polri Irjen Ferdy Sambo.

Akibat insiden berdarah tersebut, salah satu anggota polisi yang bertikai yakni Brigadir J tewas. Kabar ini telah dibenarkan Karo Penmas Divisi Humas Polri Brigjen Ahmad Ramadhan.

Menurut Ahmad, kedua anggota polisi Brigadir J dan Bharada E beradu tembakan di dalam rumah dinas. Ahmad pun lantas menceritakan kronologi dugaan terjadinya adu tembak.

"Peristiwa singkatnya saat itu saudara Brigadir J berada atau memasuki rumah pejabat Mabes Polri di Perumahan Dinas Duren Tiga, kemudian ada anggota lain atas nama Bharada E menegur, dan saat itu yang bersangkutan mengacungkan senjata, kemudian melakukan penembakan," tutur Ahmad di Mabes Polri, Jakarta Selatan, Senin 11 Juli 2022.

"Bharada E itu menghindar dan membalas tembakan terhadap Brigadir J. Akibat penembakan yang dilakukan mengakibatkan Brigadir J meninggal dunia," sambungnya.

 

Selengkapnya...

4 dari 4 halaman

3. Ditegur Jokowi, Ini Momen Zulkifli Hasan Bagikan Minyak Goreng Sambil Kampanye untuk Anaknya

Sikap Ketua Umum Partai Amanat Nasional yang juga Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan mengkampanyekan anaknya Futri Zulya Savitri saat membagikan gratis minyak goreng curah bermerek Minyakita, menuai polemik. 

Tindakan Zulkifli itu bahkan disorot Jokowi saat rapat kabinet, di Subang, Jawa Barat, Selasa 12 Juli 2022.

Momen Zulhas berkampanye untuk anaknya itu terjadi saat Ketum PAN itu terjun langsung ke Pasar Murah, Teluk Betung, Bandar Lampung pada Sabtu, 9 Juli 2022. Kepada warga, Zulhas menjanjikan kegiatan serupa akan digelar dua bulan sekali. Asalkan para warga memilih putri sulungnya itu yang kemungkinan menjadi caleg 2024.

"Ibu-ibu di sini diundang katanya ada minyakita murah ya, disuruh beli berapa? Rp10 ribu dapatnya? 2 liter, sudah bawa uang 10 ribu, nah uangnya enggak usah di anu, di kantong saja, dikantongi," kata Zulhas.

"Ro10 ribu yang nanggung Futri, tuh tetapi nanti milih Futri ya oke. Kalau milih Futri setiap dua bulan ada deh beginian, betul enggak?" ucapnya.

Tingkah laku Zulhas itu mendapat sorotan dari Presiden Jokowi. Kepala negara meminta pembantunya betul-betul fokus bekerja.

 

Selengkapnya...

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.