Sukses

Zulkifli Hasan Bagikan Minyak Goreng dan Kampanye, PAN: Mestinya Diapresiasi

Ajakan memilik anak Zulhas menurut Saleh bertujuan agar ada kelanjutan program PAN bagi masyarakat.

Liputan6.com, Jakarta - PAN menyatakan agenda Mendag Zulkifli Hasan pada PANsar Murah di Telukbetung Timur, Bandar Lampung, Sabtu (9/7/2022) adalah murni kegiatan partai.

Ketua Fraksi PAN DPR RI, Saleh Partaonan Daulay mengklaim adanya pembagian minyak goreng di acara tersebut hanyalah kebetulan semata.

“Kebetulan, pada kegiatan tersebut dilaksanakan pembagian minyak goreng murah, Minyakita, besutan Kemendag. Karena ini adalah kegiatan partai, pengadaan minyak goreng tersebut dilakukan secara swadaya. Artinya, pengurus partai dan caleg PAN yang membelinya kepada distributor. Lalu, dibagikan kepada masyarakat secara gratis,” kata dia kepada wartawan, Selasa (12/7/2022).

Saleh justru menilai kegiatan Zulhas bagi-bagi minyak goreng seharusnya diapresiasi karena membantu masyarakat.

“Mestinya, kegiatan seperti ini diapresiasi. Niatnya kan membantu masyarakat. Sekaligus menunjukkan kalau pemerintah mampu menurunkan harga minyak goreng. Sementara kita tahu bahwa persoalan minyak goreng telah banyak menyusahkan masyarakat, terutama ibu-ibu,” kata dia.

Saleh menegaskan kehadiran Zulhas dan kampanye Zulhas saat membagikan minyak goreng sebagai Ketua Umum PAN, bukan Mendag.

“Kehadiran bang Zulhas dalam kegiatan itu adalah dalam kapasitasnya sebagai Ketua Umum Partai. Sebagai Ketua Umum, tentu memiliki tanggung jawab untuk menjelaskan apa yang dikerjakan untuk masyarakat,” ujarnya.

Ajakan memilik anak Zulhas menurut Saleh bertujuan agar ada kelanjutan program PAN bagi masyarakat.

"Ada kesempatan baik bertemu dengan masyarakat. Disampaikanlah soal penurunan harga minyak goreng. Tentu tidak salah, jika pada saat yang sama beliau meminta agar memilih caleg PAN. Dengan begitu, ada kesinambungan program dan perjuangan bagi kepentingan masyarakat,” katanya.

Oleh karena itu, Saleh meminta niat baik Zulhas jangan disalahpahami dan dipelintir. "Di medsos malah ada yang memahaminya dari sudut yang tidak tepat. Tapi kami percaya, bahwa masyarakat luas mengerti betul apa pesan, semangat, dan tujuan kegiatan tersebut dilaksanakan,” kata dia.

Apalagi, pembagian minyak goreng gratis itu menurut Saleh akan mendorong pihak lain untuk membuat kebaikan yang sama.

"Minyak goreng yang dibeli tersebut dibagikan secara gratis kepada masyarakat. Silakan menghubungi distributor. Kalau itu dilakukan, akan ada perlombaan melakukan kebaikan. Semangat yang ditekankan 'Berlomba-lombalah dalam melakukan kebaikan,” pungkas dia.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Ditegur Jokowi

Sikap Ketua Umum Partai Amanat Nasional yang juga Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan mengkampanyekan anaknya Futri Zulya Savitri saat membagikan gratis minyak goreng curah bermerek Minyakita, menuai polemik. 

Tindakan Zulkifli itu bahkan disorot Jokowi saat rapat kabinet, di Subang, Jawa Barat, Selasa (12/7/2022) hari ini.

Momen Zulhas berkampanye untuk anaknya itu terjadi saat Ketum PAN itu terjun langsung ke Pasar Murah, Teluk Betung, Bandar Lampung pada Sabtu, 9 Juli 2022. Kepada warga, Zulhas menjanjikan kegiatan serupa akan digelar dua bulan sekali. Asalkan para warga memilih putri sulungnya itu yang kemungkinan menjadi caleg 2024.

"Ibu-ibu di sini diundang katanya ada minyakita murah ya, disuruh beli berapa? Rp10 ribu dapatnya? 2 liter, sudah bawa uang 10 ribu, nah uangnya enggak usah di anu, di kantong saja, dikantongi," kata Zulhas.

"Ro10 ribu yang nanggung Futri, tuh tetapi nanti milih Futri ya oke. Kalau milih Futri setiap dua bulan ada deh beginian, betul enggak?" ucapnya.

Tingkah laku Zulhas itu mendapat sorotan dari Presiden Jokowi. Kepala negara meminta pembantunya betul-betul fokus bekerja.

"Saya minta semua menteri fokus bekerja. Kalau Menteri Perdagangan ya urus yang paling penting seperti yang saya tugaskan kemarin bagaimana menurunkan harga minyak goreng," ucap Jokowi di Pasar Sukamandi, Kabupaten Subang, Selasa (12/7/2022).

Jokowi sudah memberi tugas kepada Zulhas turun ke pasar untuk mengecek harga minyak goreng. Harapannya harga minyak goreng curah bisa berada di kisaran Rp14 ribu atau di bawahnya.

"Tugas dari saya itu, jadi ke pasar-pasar mengecek, karena saya juga sama mengecek minyak goreng utamanya yang kita cek itu minyak curah, jangan sekali-kali lari ke minyak kemasan yang premium," jelas Jokowi.

"Kalau di luar Jawa masih ada yang di atas Rp14 ribu, satu persatu akan kita selesaikan," ungkapnya.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.