Sukses

3 Fakta Jokowi Tegur Mendag Zulhas yang Berkampanye Bagikan Minyak Goreng Gratis

Presiden Joko Widodo atau Jokowi menyoroti sikap Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan (Mendag Zulhas) yang melakukan kampanye untuk putrinya.

Liputan6.com, Jakarta - Presiden Joko Widodo atau Jokowi menyoroti sikap Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan (Mendag Zulhas) yang melakukan kampanye untuk putrinya.

Diketahui dari sebuah video yang viral, momen Mendag Zulhas mengkampanyekan anaknya Futri Zulya Savitri saat membagikan gratis minyak goreng curah bermerek Minyakita terjadi ketika terjun langsung ke Pasar Murah, Teluk Betung, Bandar Lampung pada Sabtu, 9 Juli 2022.

Saat itu kepada warga, Zulhas menjanjikan kegiatan serupa akan digelar dua bulan sekali. Asalkan para warga memilih putri sulungnya itu yang kemungkinan menjadi calon legislatif atau caleg 2024.

Tingkah Zulhas itu tak ayal bahkan disorot Jokowi saat rapat kabinet pada hari ini, Selasa (12/7/2022) di Subang, Jawa Barat. Jokowi meminta para menterinya untuk fokus bekerja.

"Saya minta semua menteri fokus bekerja," ujar Jokowi usai menyerahkan bantuan sosial di Pasar Sukamandi Kabupaten Subang, Selasa (12/7/2022).

Dia menegaskan, tugas utama Mendag Zulhas saat ini yakni menurunkan harga minyak goreng di pasaran. Presiden Jokowi ingin harga minyak goreng curah menjadi Rp 14.000 per liter atau lebih murah.

"Kalau Menteri Perdagangan ya urus yang paling penting seperti yang saya tugaskan kemarin bagaimana menurunkan harga minyak goreng," ucap Jokowi.

Selain itu, Jokowi mengingatkan bahwa tugas Mendag mengunjungi pasar adalah untuk mengecek harga minyak goreng dan pangan lainnya. Sehingga, harga minyak goreng di pasar dapat terjangkau oleh masyarakat.

Berikut sederet fakta terkait teguran Presiden Jokowi untuk Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan (Mendag Zulhas) dihimpun Liputan6.com:

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

1. Momen Zulhas Kampanyekan Anaknya di Lampung

Sikap Ketua Umum Partai Amanat Nasional yang juga Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan mengkampanyekan anaknya Futri Zulya Savitri saat membagikan gratis minyak goreng curah bermerek Minyakita, menuai polemik.

Tingkah Zulhas itu tak ayal bahkan disorot Jokowi saat rapat kabinet pada hari ini, Selasa (12/7/2022) di Subang, Jawa Barat.

Momen Zulhas berkampanye untuk anaknya itu terjadi saat Ketum PAN itu terjun langsung ke Pasar Murah, Teluk Betung, Bandar Lampung pada Sabtu, 9 Juli 2022.

Kepada warga, Zulhas menjanjikan kegiatan serupa akan digelar dua bulan sekali. Asalkan para warga memilih putri sulungnya itu yang kemungkinan menjadi caleg 2024.

"Ibu-ibu di sini diundang katanya ada minyakita murah ya, disuruh beli berapa? Rp10 ribu dapatnya? 2 liter, sudah bawa uang Rp 10 ribu, nah uangnya enggak usah di anu, di kantong saja, dikantongi," kata Zulhas.

"Rp 10 ribu yang nanggung Futri, tuh tetapi nanti milih Futri ya oke. Kalau milih Futri setiap dua bulan ada deh beginian, betul enggak?" ucap Zulhas.

 

3 dari 4 halaman

2. Tingkah Laku Disorot, Jokowi Ingatkan Tugas Utama Mendag Zulhas

Tingkah laku Zulhas itu mendapat sorotan dari Presiden Jokowi. Kepala negara meminta pembantunya tersebut untuk betul-betul fokus bekerja.

"Saya minta semua menteri fokus bekerja. Kalau Menteri Perdagangan ya urus yang paling penting seperti yang saya tugaskan kemarin bagaimana menurunkan harga minyak goreng," ucap Jokowi di Pasar Sukamandi, Kabupaten Subang, Selasa (12/7/2022).

Dia mengatakan tugas utama Menteri Perdagangan (Mendag) Zulkifli Hasan saat ini yakni, menurunkan harga minyak goreng di pasaran. Jokowi ingin harga minyak goreng curah menjadi Rp 14.000 per liter atau lebih murah.

"Kalau Menteri Perdagangan ya urus yang paling penting seperti yang saya tugaskan kemarin bagaimana menurunkan harga minyak goreng," ujarnya.

Selain itu, Jokowi mengingatkan bahwa tugas Mendag mengunjungi pasar adalah untuk mengecek harga minyak goreng dan pangan lainnya. Sehingga, harga minyak goreng di pasar dapat terjangkau oleh masyarakat.

"Tugas dari saya itu, jadi ke pasar-pasar mengecek, karena saya juga sama mengecek minyak goreng utamanya yang kita cek itu minyak curah, jangan sekali-kali lari ke minyak kemasan yang premium," kata Jokowi.

 

4 dari 4 halaman

3. PAN Angkat Bicara, Sebut Zulhas Hadir sebagai Ketua Umum

Lantaran diduga mengkampanyekan putrinya, Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan disorot membagikan minyak goreng kemasan Minyak Kita yang merupakan program Kementerian Perdagangan pada acara pasar murah yang digelar PAN.

Wakil Ketua Umum PAN Viva Yoga Mauladi menjelaskan, acara yang dihadiri Zulkifli Hasan merupakan acara partai. Acara tersebut merupakan pasar murah yang digelar PAN di Bandar Lampung.

"Acara itu hari Sabtu, di mana para pegawai ASN di pemerintahan libur. Acara itu bukan acara pemerintahan atau kementerian, tetapi itu acara partai," ujar Viva kepada wartawan, Selasa (12/7/2022).

Zulkifli Hasan hadir sebagai Ketua Umum PAN, bukan menteri. Putrinya pun hadir selaku pengurus DPP PAN dan calon legislatif PAN Dapil Lampung 1.

Viva menuturkan, minyak goreng yang dibagikan ke masyarakat telah dibeli. Tidak didapatkan secara gratis.

"Minyak curah kemasan itu beli oleh Futri, tidak gratis. Dan dibagikan oleh Futri di daerah pemilihannya," katanya.

Viva menjamin Zulkifli Hasan tidak akan menyalahkan kekuasaannya sebagai menteri perdagangan. Ia mengatakan, Zulkifli merupakan orang yang taat pada rambu-rambu dan peraturan perundangan.

"Selaku ketua umum partai, Bang Zulkifli Hasan tentu mengerti dan memahami rambu dan peraturan perundang-undangan. Tidak akan abuse of power, menyalahgunakan kekuasaan sebagai menteri. Kegiatan partai dilaksanakan pada saat hari libur," jelas Viva.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.