Sukses

Kunjungi Pasar Sukamandi, Jokowi Serahkan Bansos untuk Pacu Pertumbuhan Ekonomi

Jokowi membagikan bantuan langsung kepada para pedagang, ia berharap bantuan tersebut dapat memacu pertumbuhan ekonomi masyarakat pascapandemi.

Liputan6.com, Jakarta - Presiden Joko Widodo atau Jokowi berkunjung ke Pasar Sukamandi, Kabupaten Subang, Jawa Barat, Selasa 12 Juli 2022. Jokowi membagikan bantuan langsung kepada para pedagang, ia berharap bantuan tersebut dapat memacu pertumbuhan ekonomi masyarakat pascapandemi.

"Tadi seperti biasa memberikan tambahan modal kerja untuk usaha-usaha mikro, untuk pedagang-pedagang pasar, untuk pedagang kaki lima (PKL). Penting karena kita ingin men-trigger pertumbuhan ekonomi yang berada di bawah dari recovery pemulihan karena pandemi,” kata Jokowi Pasar Sukamandi, Selasa (12/6/2022).

Selain bantuan sosial bagi para pedagang, kepala negara juga memberikan sejumlah bantuan bagi para penerima manfaat Program Keluarga Harapan (PKH). Terutama bagi yang memiliki usaha di rumah.

“Kemudian juga tambahan untuk program PKH terutama juga untuk ibu-ibu yang memiliki usaha-usaha di rumah, usaha-usaha rumahan jadi tambahan modal Rp1,2 juta,” ucap Jokowi.

Jokowi memastikan agar bansos tersebut dapat memperkuat daya beli masyarakat hingga meningkatkan pertumbuhan ekonomi daerah setempat. Dia tak ingin daya beli masyarakat turun.

“Kita ingin jangan sampai daya beli rakyat itu turun. Sehingga kalau ada kelebihan di APBN, dari pajak, dari PNBP, dari pungutan ekspor akan juga diarahkan untuk masyarakat yang di bawah ini juga diperkuat daya belinya. Sehingga bisa nanti akan ada tambahan-tambahan untuk mereka,” tuturnya.

Turut mendampingi Presiden dalam kegiatan tersebut antara lain Sekretaris Kabinet Pramono Anung, Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo, Menteri BUMN Erick Thohir, Wakil Gubernur Jawa Barat Uu Ruzhanul Ulum, dan Bupati Subang Ruhimat.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Tinjau Pasar Lain

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo atau Jokowi dan Ibu Negara Iriana mengunjungi Pasar Petisah, yang cukup terkenal di Kota Medan, Sumatera Utara, Kamis 7 Juli 2022. Jokowi dan Iriana membeli sate, buah, hingga membagikan bantuan kepada para pedagang di pasar tersebut.

Berdasarkan siaran pers Sekretariat Presiden, Jokowi dan Iriana tiba di Pasar Petisah pada pukul 08.00 WIB. Suasana Pasar Petisah saat itu lebih ramai dari biasanya.

Kedatangan Jokowi dan Iriana langsung disambut hangat oleh para pedagang dan masyarakat yang berada di pasar tersebut. Jokowi pun langsung membagikan sejumlah bantuan sosial kepada masyarakat penerima manfaat dan pedagang.

Adapun bantuan yang diberikan berupa Bantuan Modal Kerja (BMK) dan Bantuan Langsung Tunai (BLT) Minyak Goreng. Sebelum masuk ke dalam pasar, Jokowi dan Iriana menyempatkan membeli dagangan dari penjual asongan dan penjual sate.

Salah satu pedagang bernama Yunita, mengaku sangat senang bisa berjumpa dengan Jokowi yang juga membeli sate dagangannya. Dia berharap suatu saat bisa diundang ke Istana Negara.

"Alhamdulillah kami keliling-keliling, kami tegur Bapak Jokowi, dia panggil, dia beli, alhamdulillah dikasih lagi sembako. Sangat senang, jarang-jarang bisa berjumpa Kepala Negara Republik Indonesia. Cuma saya kepengin Pak Jokowi undang saya ke Istana Negara," kata Yunita dikutip dari siaran pers, Kamis 7 Juli 2022.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.