Sukses

Masih Suasana Berduka, Jokowi Belum Putuskan Siapa Pengganti Tjahjo Kumolo

Menurut Jokowi, saat ini masih dalam suasana berduka. Sehingga, dia masih belum memutuskan siapa sosok yang akan menjadi Menpan-RB pengganti Tjahjo Kumolo.

Liputan6.com, Jakarta - Presiden Jokowi belum menentukan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara Reformasi dan Birokrasi (Menpan-RB) pengganti almarhum Tjahjo Kumolo. Dia mengatakan saat ini pengganti Tjahjo masih dalam proses.

"Belum, masih dalam proses semuanya," kata Jokowi kepada wartawan di Pasar Sukamandi, Kabupaten Subang, Selasa (12/7/2022).

Menurut dia, saat ini masih dalam suasana berduka. Sehingga, Jokowi pun masih belum memutuskan siapa sosok yang akan menjadi Menpan-RB pengganti Tjahjo Kumolo.

"Kita juga menunggu, masih berduka," ucap Jokowi.

Sebelumnya, Ketua Badan Pemenangan Pemilu (Bappilu) PDI Perjuangan Bambang Wuryanto atau Bambang Pacul, mengatakan bahwa kewenangan menunjuk pengganti Tjahjo Kumolo sebagai Menteri Pendayagunaan Aparatur Sipil Negara dan Reformasi Birokrasi (MenPAN-RB) ada di tangan Presiden Joko Widodo alias Jokowi.

Karena itu, Bambang menegaskan bahwa pengganti Tjahjo Kumolo bukan ditentukan oleh partai berlogo kepala banteng ini.

"Ini otoritas sebagai presiden, berarti kewenangan mengganti ada (di) Pak Jokowi presiden," kata Pacul, di kompleks Parlemen Senayan, Kamis (7/7/2022). 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Libatkan Megawati Sebelum Ambil Keputusan

Pacul meyakini Presiden Jokowi akan terlebih dahulu berdiskusi dengan Ketua Umum PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri untuk mencari pengganti Tjahjo Kumolo. Pasalnya, Tjahjo adalah kader PDI Perjuangan

"Nanti dia akan bicara dengan ibu ketum, dugaan saya hampir pasti. Karena ini adalah kader PDI Perjuangan," kata dia.

Namun demikian, Pacul belum bisa memastikan apakah nantinya pengganti Tjahjo Kumolo adalah kader dari PDI Perjuangan. Sehingga, pihaknya menyerahkan sepenuhnya terhadap Presiden Jokowi yang memiliki hak prerogatif mutlak.

Adapun saat ini Jokowi menunjuk Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian sebagai Menpan-RB Ad Interim. Tito ditunjuk sebagai Menpan-RB Ad Interim hingga 15 Juli 2022.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.