Sukses

DPRD DKI Sindir Anies Gunakan JIS Bukan untuk Acara Olahraga: Gelanggang Politik 2024

Gembong Warsono menyayangkan sikap Gubernur Jakarta Anies Baswedan yang menggunakan Jakarta International Stadium (JIS) bukan untuk kepentingan olahraga.

Liputan6.com, Jakarta Anggota DPRD DKI, Gembong Warsono menyayangkan sikap Gubernur Jakarta Anies Baswedan yang menggunakan Jakarta International Stadium (JIS) bukan untuk kepentingan olahraga.

Diketahui, terakhir Anies menggunakan JIS untuk keperluan Salat Idul Adha. Yang menarik, di sana pun terlihat sapi kurban Anies bertuliskan 024, dikaitkan dengan Pemilu 2024 mendatang.

JIS dibangun untuk pengembangan keolahragaan khususnya sepak bola, bukan untuk salat Id," kata dia kepada Merdeka.com, Senin (11/7/2022).

Meski menyayangkan sikap Anies, namun Gembong mengaku sudah memprediksi JIS akan menjadi capaian Anies untuk maju dalam kontestasi Pilpres 2024.

"Yang perlu ditegaskan, bukan tidak boleh (JIS) tempat salat namun tidak sesuai dengan peruntukkannya, nampaknya JIS jadi gelanggang politik menyongsong 2024," jelas Politikus PDIP ini.

Sebagaimana diketahui, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan, Wakil Gubernur DKI Ahmad Riza Patria dan sejumlah pejabat di lingkup Pemprov DKI dan anggota DPRD DKI, menggelar salat Iduladha 1443 Hijriah bersama ribuan warga ibu kota di JIS pada Minggu (10/7/2022).

Dia menyampaikan, undangan untuk salat Idul Adha di JIS diperuntukan bagi siapapun, termasuk Presiden Joko Widodo.

"Ini penyelenggaraan mengundang pada siapa saja, dan ini diselenggarakan oleh Pemprov DKI Jakarta untuk siapa saja yang hadir, tidak ada undangan spesifik pada siapapun," jelas Anies usai salat Id bersama di JIS.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Sapi Kurban Anies

Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria menanggapi terkait sapi kurban nomor 024 milik Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan.

Riza mengatakan tidak ada penomoran khusus yang sengaja disiapkan pada hewan kurban yang diserahkan.

"Enggak pakai nomer-nomer," kata Riza di Jakarta Internasional Stadium, Jakarta Utara, Minggu 10 Juli 2022.

Wagub yang akrab disapa Ariza ini menyatakan sapi tersebut diserahkan untuk orang yang berhak menerimanya. Sehingga nomor-nomor yang tercantum di badan sapi tidak ada kaitannya dengan hal apapun.

"Sapi itu sama untuk kepentingan yang berhak, masa pakai nomer-nomer," ujar Riza.

Politikus Partai Gerindra ini meminta nomor 024 yang tertulis di badan sapi Anies itu tak dikaitkan dengan isu politik. Dia pun menampik bahwa penomoran sapi kurban Anies dengan angka 024 itu berkaitan dengan pemilihan presiden (Pilpres) 2024 mendatang.

"Enggak ada hubungannya," kata Riza.

 

3 dari 3 halaman

Teriakan Anies Jadi Presiden 2024 Menggema

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan diteriaki presiden usai melaksanakan Salat Idul Adha di Jakarta Internasional Stadium (JIS) hari ini, Minggu (10/7/2022) pagi. Hal tersebut terjadi tepat saat Anies menyerahkan hewan kurban berupa sapi seberat 1,2 ton kepada panitia.

"Dengan mengucap Bismillahirrahmanirrahim maka hewan kurban ini kami serahkan kepada panitia kurban untuk didistribusikan di Jakarta dan sekitarnya. Insyaallah kurban ini diterima dan dilipatgandakan pahalanya bagi semua," kata Anies di lokasi.

Setelah menyelesaikan sambutannya, masyarakat yang ikut menyaksikan penyerahan sapi kurban oleh Anies saling bersahutan mengaminkan pernyataan Anies. Dilanjutkan dengan mendoakan dia menjadi Presiden 2024.

"Amin. Insyaallah Pak Anies 2024. Pak Anies 2024," ujar salah satu jemaah.

"Amin, amin, lancar. Kita dukung," teriak jemaah lainnya.

 

 

Reporter: Yunita Amalia/Merdeka.com

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.