Sukses

Legislator PKS Ingatkan Momen Iduladha Jadi Ajang Saling Berbagi kepada Sesama

Iduladha merupakan momen untuk saling berbagi kepada sesama, khususnya mereka yang membutuhkan.

Liputan6.com, Jakarta Selain mengingatkan kepada umat Islam tentang bagaimana pengorbanan Nabi Ibrahim dan Nabi Ismail untuk membuktikan ketaqwaan kepada Allah SWT. Momen Iduladha merupakan pengingat untuk saling berbagi kepada sesama, khususnya mereka yang membutuhkan. Anggota Komisi IX DPR RI Netty Prasetiyani Aher pun mengingatkan bahwa momen ini mengajarkan masyarakat untuk peduli pada masyarakat yang lain.

"Iduladha mengajarkan kita untuk saling berbagi dan peduli pada masyarakat sekitar yang membutuhkan. Apalagi di masa pandemi Covid-19 ini ada banyak masyarakat yang pendapatannya berkurang atau hilang sehingga sulit membeli daging sebagai sumber asupan bergizi," kata Netty dalam keterangan media, Minggu (10/07/2022).

"Mendapatkan daging kurban yang sehat, tinggi protein dan diberikan dengan keikhlasan dan rasa cinta tentu membahagiakan bagi para penerimanya," lanjut Netty.

Ketua DPP PKS Bidang Kesos mengatakan bahwa prosesi kurban sebagai ajaran agama terbukti memiliki dampak ekonomi dan sosial yang nyata.

"Para pedagang hewan kurban terbantu karena dagangannya terjual dan masyarakat pun mendapatkan makanan tinggi protein secara gratis," ujarnya.

"Pemenuhan makanan tinggi protein sangat dibutuhkan masyarakat, khususnya calon ibu dan balita. Jika gizi terpenuhi tentunya akan berkorelasi dengan penurunan angka stunting yang masih bermasalah," tambahnya.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Pemerintah Harus Mitigasi

Pada Iduladha 1433 H ini, Netty membagikan hewan kurban berupa 7 ekor sapi dan 38 kambing atau domba yang didistribusikan ke beberapa titik di wilayah Cirebon, Indramayu, Bandung Barat, Bogor, dan Bali.

Wakil Ketua FPKS DPR RI ini juga meminta pemerintah agar mengawasi hewan kurban dan penyembelihannya selama 3 hari tasyrik.

"Pemerintah harus memitigasi dampak buruk yang mungkin terjadi. Pastikan hewan kurban sehat dan layak untuk dikonsumsi masyarakat. Lakukan pemeriksaan agar hewan kurban yang disembelih bebas dari wabah Penyakit Mulut Kaki (PMK). Satgas PMK harus sering-sering mengecek langsung ke lapangan, seperti masjid, RPH, dan lain-lain," ujar Netty.

Terakhir, Netty meminta masyarakat agar berpartisipasi dalam pencegahan wabah PMK maupun penyakit-penyakit lainnya.

"Masyarakat harus terbuka dan melaporkan ke Satgas jika ada hewan yang kondisinya tidak sehat. Fatwa MUI hanya membolehkan untuk hewan dengan gejala ringan. Jangan paksakan untuk menyembelih hewan kurban dengan gejala berat. Kita tidak boleh mempertaruhkan kesehatan masyarakat akibat mengonsumsi hewan berpenyakit," tutupnya.

 

(*)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini