Sukses

Saat Jokowi Ingatkan Warga Kembali Pakai Masker di Dalam dan Luar Ruangan

Jokowi meminta pemerintah daerah serta TNI-Polri untuk meningkatkan capaian vaksinasi dosis ketiga atau booster. Khususnya, di derah-daerah dengan tingkat interaksi masyarakat yang tinggi.

Liputan6.com, Jakarta - Presiden Joko Widodo atau Jokowi meminta masyarakat untuk kembali memakai masker baik di dalam maupun luar ruangan. Dia mengingatkan masyarakat bahwa hingga kini, penyebaran Covid-19 di Indonesia belum hilang.

"Saya juga ingin mengingatkan kepada kita semua, Covid-19 masih ada. Oleh sebab itu baik di dalam ruangan maupun di luar ruangan, memakai masker adalah masih sebuah keharusan," jelas Jokowi kepada wartawan di Masjid Istiqlal Jakarta Pusat, Minggu 10 Juli 2022.

Dia juga meminta pemerintah daerah serta TNI-Polri untuk meningkatkan capaian vaksinasi dosis ketiga atau booster. Khususnya, di derah-daerah dengan tingkat interaksi masyarakat yang tinggi.

"Juga utamanya untuk kota-kota yang interaksi masyarakatnya tinggi, saya masih mengingat lagi pemerintah daerah, pemerintah kota, kabupaten dan provinsi serta TNI-Polri untuk terus melakukan vaksinasi booster karena memang ini diperlukan," tutur Jokowi.

Sebagai informasi, Tim Satuan Tugas (Satgas) Penananganan Covid-19 kembali melaporkan masih adanya penambahan kasus positif, sembuh, dan meninggal dunia akibat virus Corona di Indonesia. Per data hari ini, Minggu (10/7/2022), bertambah 2.576 orang positif Covid-19.

Sehingga sampai saat ini, total akumulatifnya terdapat 6.111.305 orang di Indonesia terkonfirmasi terinfeksi virus Corona yang menyebabkan Covid-19.

Untuk kasus sembuh ada penambahan 1.890 orang pada hari ini. Sampai kini total akumulatif di Indonesia ada 5.933.979 pasien berhasil sembuh dan dinyatakan negatif Covid-19.

Sementara itu, kasus meninggal dunia pada hari ini bertambah 6 orang. Total akumulatifnya sebanyak 156.791 orang di Indonesia meninggal dunia akibat virus Corona yang menyebabkan Covid-19

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Penyebaran Covid-19 Varian Baru

Sebelumnya, Menteri Kesehatan (Menkes) Budi Gunadi Sadikin mengatakan kasus varian Omicron BA.4 dan BA.5 sudah mulai mendominasi di Indonesia. Berdasarkan hasil pemeriksaan genome sequencing, hampir seluruh Covid-19 di DKI Jakarta adalah varian BA.4 dan BA.5.

Menurut dia, puncak varian BA.4 dan BA.5 umumnya terjadi dalam 30 sampai 40 hari sejak kasus ditemukan. Adapun varian BA.4 dan BA.5 pertama kali ditemukan di Indonesia pada 30 hari lalu.

"Jadi kita mungkin masih ada waktu satu atau dua minggu ke depan. Kalau kita bandingkan dengan negara-negara lain seharusnya puncaknya sudah tercapai," tutur Budi di Kantor Presiden, Senin 4 Juli 2022.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Penyebaran Covid-19 ke seluruh penjuru dunia diawali dengan dilaporkannya virus itu pada 31 Desember 2019 di Wuhan, China

    COVID-19

  • Presiden Jokowi hibur anak-anak dengan atraksi sulap di peringatan Hari Anak Nasional, di Pekanbaru, Riau.
    Joko Widodo merupakan Presiden ke-7 Indonesia yang memenangi Pemilihan Presiden bersama wakilnya Jusuf Kalla pada 2014

    Jokowi

  • pakai masker